Yamaha Soul GT Lawan Berat Buat Honda Vario CW

Standar

Tahun ini menjadi moment penting bagi pabrikan motor di Tanah Air, persaingan keras terjadi pada segmen skutik. Hingga 3 bulan pertama 2012 Honda berhasil mendominasi penjualan skutik dengan penguasaan pasar sekitar 60%. Penjualan skutik Honda masih didominasi oleh Honda Beat diikuti Vario series, Spacy series ditambah Skutik retro Honda Scoopy serta dukungan skutik premiumnya Honda PCX.
Khusus Vario series tahun ini telah mendapat perhatian khusus dengan meluncurnya seri injeksi dan penambahan kubikasi mesinnya menjadi 125 cc untuk menggantikan Vario Techno dan Vario CBS sedangkan untuk Vario generasi pertama alias Vario CW masih dipertahankan. Dengan spesifikasi lama, skutik ini kini mendapat perlawanan berat dari kompetitor yaitu Yamaha Soul GT. Kelahiran Yamaha Soul GT yang secara bertahap diproyeksikan untuk menggantikan Mio Soul hadir dengan beberapa upgrade, terutama di sistem penyuplai bahan bakarnya. Sitem Injeksi Yamaha yang dinamakan Yamaha Mixture Jet Fuel Injection (YMJET-FI) menjadi nilai lebih yang sangat memberatkan bagi kompetitor yang mengandalkan Vario CW.
Dengan harga 14,4 juta Honda memberikan Vario CW dengan kelebihan Liquid Cooler (sistem radiator), Tuas pengunci rem dan sidestand switch (saklar standart samping), selain hal tersebut relatif sama dengan Yamaha Soul. Yamaha Soul GT dihadirkan Yamaha dengan kelebihan YMJET-FI, Sistem kunci SKS dilengkapi pembuka jog, mesin baru yang disempurnakan serta Diasil Cylinder + Forged Piston dan semua itu dapat ditebus dengan harga yang lebih murah yaitu 13,9 juta OTR Jakarta dan sekitarnya. Dengan perpaduan mesin baru beserta sistem injeksi terbaru, kelebihan lain diperoleh yaitu motor lebih responsif namun lebih irit BBM bahkan didukung dengan tangki BBM yang lebih besar yaitu 4,8 liter, dimana hal konsumsi BBM ini sangat menjadi perhatian konsumen semenjak polemik harga BBM belum lama ini . Satu hal yang juga pantas diperhatikan adalah masalah desainnya, mungkin hal ini masih debatable karena tergantung selera namun yang jelas desain Soul GT lebih fresh sedangkan Vario CW sudah tidak bisa dibilang baru lagi, padahal kebanyakan konsumen tentunya akan lebih suka sesuatu yang fresh dan baru karena manusia memang memiliki sifat bosan.
Jika Honda tidak segera memberi perhatian pada Vario CW maka akan sangat beratbagi Honda untuk bisa mempertahankan posisi di atas Yamaha Soul.


Monggo silahkan disempurnakan….

About these ads

19 responses »

  1. melihat honda unggul di MS sebenernya dari kacamata awam ga aneh, wong produksi bulanan sama jenis motor hampir 2 kali lipat. justru yg aneh kl sampe kesalip.

  2. YAMAHA selalu didepan bro…………… HONDA bakal ditinggal …… rame-rame gerudug YAMAHA Soul GT yg designe lebih futuristik dan hasil Cloning Moto GP otomatis larinya lebih atraktif…..

  3. Ada sebagian kalangan yang masih suka dengan desain vario CW dikarenakan desainnya yang ilegan, namun buat kawula yang berjiwa muda tentunya akan cenderung melirik soul GT dikarenakan desain yang atraktif dan menampilkan kesan gagah buat si pengendara
    (Sumber: Tidak jelas)

  4. Tenang j yang punya Vario cw masih banyak yang mau. kebanyakan emang desain Honda lebih elegan jadi bapak bapk banyak yang suka. klo YAMAHA desain ya pareatif tapi kebanyakan yang suka YAMAHA anak2 muda. baik Cewe/Cowo. jdi lo emang masih ngerasa muda pasti Nyerbu y Soul GT.

  5. hhhh norak nda nyadar ya bahwa vario pertama aja itu masi ada di jual bahkan uda sampai vario ke 3 tambah mantap yg 2012, sedangkan yamaho mio pertama dan mio sol uda ga ada lgi bahkan uda ambruk tersingkir dari penjualan akibat kuat nyedot bensin, orang-orangsi cuman doyan mereknya yamaha bukan motornya, masa mio sol kuat nyedot bensin tp berat lari hhhh pantasan sekarang yamaha metik di injecsiin F semua supaya irit, mio terakir maksa capedeh, yamaha semakin di depan tp kapan unggulnya, yang jelas biar bagaimanapun HONDA tetap UNGGUL

  6. itulah uggulnya vario cw pertama karna masi banyak yang suka , nah mio pertama kok hilang bahkan mio ke 2 juga hilang di telan bumi

  7. motor2 yamaha boros semua apalagi type matic,penjualanya ancur2 an…………………….
    jangan mimpi motor2 yamaha mau ngalahin motor honda…………………………………..
    bentar lagi vixion segera nyusul……………………………………………………………………………….

  8. Supra 125 D aja kuat banget, irit lagi…tunggangan sehari2 dulu mio karbu, pindah supra 125 D…sumpah irt,…ini kenyataan..sekarang beli soul GT cuz bentuknya aku bgt…tapi ya gitu ada suata aneh di mesin, sudah dicek katanya gak apa2….saya kecewa….sangat disayangkan….keburu sudah beli soul Gt, versa muncul…tambah galau ane……Yamaha harus tembak pasar motor cowok,..kalau jaman dulu GL-pro ato GL max……ini thread….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s