Rancunya Tarif Parkir di jogja

Standar

Biasanya kalo perjalanan dari rumah ortu, gue suka mampir di titik Nol Yogyakarta, duduk santai sambil melepas lelah di taman depan Monumen Serangan Umum 1 Maret.
Lumayan enak tempatnya dan banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat itu sambil mengabadikan momen. Sayangnya beberapa hari yang lalu saya pas lewat daerah situ dan iseng – iseng mampir,
ada yang lain dari biasanya, apa itu??? Tukang parkir.
Tidak seperti biasanya diarea itu bebas parkir untuk sekedar nongkrong dan santai-santai sejenak tapi malem itu begitu gue lepas helm ternyata sudah ada cowok (tidak pakai baju parkir) di deket gue.
Dia cuma bilang “langsung bayar mas” sambil ngasih karcis. Waduh… sejak kapan area ini pake bayar parkir, dah gitu yang bikin terkejut, waduh.. dikarcis tertulis RP.2000. Malah amir…
Cuman ya dah terlanjur parkir ya terpaksa gue bayar. Setahu gue tarif parkir di jogja masih Rp 500, tapi biasanya mereka minta Rp 1000, tapi ini dikarcis aja dah ditulis Rp 2000, buseeet…
Di area parkir malioboro biasanya karcis masih tertulis Rp.500 tapi biasa diminta Rp 1000, walo ada juga kadang maksa Rp 2000. Pernah gue mau ribut ama tukang parkir depan pasar bringharjo, tapi karena nyonya melarang ya gue urungkan niat protesnya.
Waktu duduk nyantai iseng iseng gue perhatiin karcisnya, ALAMAK… ada yang bikin gue kecewa lagi, apa itu??
“Segala Kehilangan/Kerusakan Atas kendaraan yang dparkir berikut barang didalamnya adalah resiko Pemarkir Sendiri”
Dalam hati gue: Terus Rp.2000 cuman pajak tempat aja? Alangkah serakahnya…
Tapi ya udahlah, mungkin mereka begitu juga karena tidak tahu kalo tu tidak baik.
Segini dulu Share dari gue, sebagai ungkapan hati gue, h.h.h.h..


Itu motor gue, lagi berduaan gak mau kalah ama tuannya, xi.xi….

4 responses »

  1. tukang parkir di jogja emang makin ngeselin!! pas kita dateng sepi2 aja gak ada yg bantuin markirin motor/mobil, tp giliran kita mo pergi langsung dateng “tukang palak” berkedok tukang parkir itu. Udah gt mintanya 1000 lagi buat motor, 2000 buat mobil, padahal bukan zona parkir 1 (jalan protokol). Begitu dikasih duit, langsung aja nyelonong pergi, mbok ya bantuin sampe kita “aman” masuk jalan raya atau nyeberangin kek!

    bukannya pelit atau apa2 ya, duit seribu-dua ribu di jogja itu masih sangat berharga. Dua kali parkir mobil bertarif 2ribu, bisa buat sekali makan loh! Beda sama di jakarta, duit 4ribu mah mana dapet beli makan!

    meski begitu, ada jg tukang parkir yg “profesional”. bantuin cariin tempat parkir, bantuin ngiketin helm, jok motor ditutupin biar ga kepanasan, begitu mau pergi langsung bantuin ngeluarin motor, ambilin helm, bahkan ada juga yg bantuin nyeberangin dan ngucapin “ngatos-atos nggih mas..”. Kalo tukang parkir model gini, bener2 ikhlas ngeluarin duit 1000 rupiah sekalipun (motor)! Meski makin jarang tukang parkir model gini, tp masih ada aja kok diantara makin banyaknya “tukang palak” berseragam tukang parkir.

Tinggalkan Balasan

