Peningkatan Layanan Samsat

Standar

Berhubung tunggangan gue sudah hampir habis masa berlaku ijin jalannya, maka kemaren SAMSAT menjadi tempat tujuan gue pagi pagi. Walau tempat tinggal gue di pinggir timur jogja tapi surat surat masih beralamat jogja sebelah barat sesuai daerah asal yaitu West Progo.
Setahun yang lalu saya bisa menyelesaikan proses perpanjangan ijin dengan waktu kurang lebih 45 menit karena harus antri kira kira 20 orang. Tahun 2010 ini gue kembali masuk SAMSAT dan saya ingin menyelesaikan lebih cepat dari tahun 2009 dengan cara datang lebih pagi.
SAMSAT mulai melayani masyarakat pukul 8:00 WIB jadi saya jam 7:45 sudah sampai, tapi begitu masuk area parkir, Lhoo kok parkiran penuh ya? Akhirnya gue masuk aja ke gedung, waduh… kok penuh nih…. Gue langsung menuju Loket 3B yaitu loket untuk urusan perpanjang STNK dan ternyata harus ambil nomor antrian, lagi lagi Waduh… dapet nomer 77 bro..
Tidak seperti tahun lalu dimana tanpa nomor antrian tapi langsung tumpuk aja dokumennya di loket 3B. Terpaksa sms manajer minta ijin terlambat kerja deh.
Setelah tunggu 15 menit akhirnya petugas mulai melaksanakan tugasnya melayani masyarakat tertib pajak. Nomor 1, nomor 2 dan seterusnya mulai dipanggil di Loket 3B. Dalam waktu tidak sampai 5 menit kemudian ternya di loket selanjutnya yaitu Loket Penetapan sudah mulai memanggil para Tertib Pajak yang sudah mengumpulkan dokumen persyaratan di Loket 3B.
Dalam hati gue komen, Cepet juga ya… Lagi-lagi tidak sampai 5 menit kemudian ada suara merdu yang ikut meramaikan suasana ruangan, secara reflek gue menoleh ke arah sumber suara ternyata dari mbak cantik bernama Siti yang bersebelahan dengan mbak Dian yang tampak maniz, mereka adalah petugas dari BPD sebagai tempat pelunasan pajak yang harus dibayarkan. Mereka berdua tampak bekerjasama dengan baik.
Jika mbak Siti bertugas sebagai kasir, maka mbak Dian dengan cekatan input data ke database di komputer.
Dalam waktu 20 menit ternyata Loket 3b sudah memanggil nomor antrian 40an, ternyata pelayanannya cepet banget nih jadi bisa cepet selesai. Tapi sampai menit ke 30 gue perhatikan telah berjubel para Tertib pajak di loket 5 yaitu tempat pengambilan STNK baru. Dari jam 8 belum ada satu orangpun yang sudah dipanggil, dalam hati gue “Gak imbang dengan loket yang lainnya nih..” Namun gue maklum saja karena di loket 5 banyak yang harus dikerjakan yaitu Cetak lembar Surat Keterangan pajak baru di Cap, Paraf & cap Lembar STNK.
Tiba tiba di menit ke 35 Loket 5 pake pengeras bilang: Pindah Jalur dulu Pak Kumis, Antrian Mengular di Loket 5, h.h.h.h… siapa tuh pak kumis, mungkin petugas di loket lain. Dengan cepatnya dipanggil belasan nama yang bisa mengambl STNK baru mereka. Wah, ada yang tancap gas nih.. he.he.he….
2 Menit setelah itu ada suara Loket 3B, Nomor 75,76,77. Nomor gue tuh…. Seperti yang lain tidak sampai 5 menit sudah dipanggil d Loket Penetapan, kemudian Mbak Siti juga menyebut Nama Gue. Mbak mbak cantik minta duit gue, Rp 159.500, tapi karena gue baik ya gue kasih lebih, Rp 200.000. Ternyata Mbak Siti selain cantik juga baik bro.. duit gue dibalikin 40.500  h.h.h……
Habis itu Ngantri lagi….Ngantri lagi…. Loket 5 masih berjubel…
Kal ini antrinya agak lama, setiap 7 menit loket 5 tancap gas panggil belasan Tertib Pajak. Akhirnya pukul 09:10 Nama gue dah dsebut lagi, dan SELESAI…..
Salut juga, ternyata dalam waktu 70 menit sudah selesai 77 antrian, ini berarti Proses perpanjangan 1 STNK membutuhkan waktu kurang dari 1 menit. HEBAT, BAGUS, 4 Tahap selesai kurang dar 1 menit.
Hal ini menurut Gue sudah jadi catatan positif untuk lembaga ini dalam memberi pelayanan Tertib Pajak Kedaraan Bermotor.

Segini dulu share dan ungkapan dari gue, silahkan share juga pengalamannya…..

6 responses »

  1. waaa…
    Kok masih masuk ruangan???
    Di tempat saya, Malang Raya ada 5 SAMSAT
    Online plus DriveThru. Jadi ya kita nggak jauh²
    sama motor, cepet selesei. Bahkan yg setahun
    lebih ini jadi ramé adalah SAMSAT Corner, yg
    letaknya di Mall.
    Jadi orang ke Mall nggak hanya belanja atau
    window shopping, kadang malah mbayar pajak.
    🙂
    Makin sip…makin salut…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s