Semoga Balap Nasional tidak seperti Sepak Bola

Standar

Selamat untuk tim sepak bola nasional saat ini karena berhasil maju ke babak final piala AFF. Prestasi yang bisadikatakan fantastis karena sejak babak penyisihan tim Indonesia selalu memperoleh kemenangan. Dimulai dari kemenangan besar 5-1 dari Malaysia, kemudian 6-0 dari Laos, 2-1 unggul dari Thailand dan akhirnya masuk ke babak semi final menghadapi Filipina dan 2x TimNas Indonesia menang dengan skor tipis 1-0.
Namun sayang bagi gue yang nonton bola hanya karena Nasionalisme terasa sedikit mengganjal, kebanggaan yang tidak sempurna, kenapa ya? ternyata bagi gue NASIONALISME  lebih penting dari prestasi. Pertandingan apapun jika itu mengatasnamakan Negara maka prestasi jadi no 2, yang utama adalah NASIONALISME. TimNas Bola saat ini dimata gue telah “terkontaminasi” oleh senyawa yang seharusnya tidak dicampurkan.
Mohon maaf bagi penggemar mereka tapi ini hanya menurut gue bahwa tidak selayaknya sekali lagi maaf, gonzales dan irfan badhim membawa panji merah putih karena sekali lagi menurut gue mereka tidak layak.
Di dunia balap nasional semoga hal itu tidak terjadi, gue tidak berharap bendera Merah Putih berkibar di arena balap dunia karena Jamses Toseland menang, atau Willairot naik podium. Akan sangat lucu tiba tiba saat memenangkan race Nicky Hayden mengibarkan bendera Merah Putih saat victory lap, sangat tidak membanggakan bangsa Indonesia justru menurut gue kadang jadi semacam penghinaan karena kita dianggap tidak mampu. sampai sampai manusia aja harus import.
Kebanggaan sesungguhnya jika Doni Tata berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di balap WSS atao MotoGP, atau cukup dengan menjadi peserta saja seperti yang telah diraihnya selama ini terasa lebih layak dipuji daripada bendera Merah Putih dibawa Alex Debon.
Ibaratnya juga Pabrikan seperti Yamaha yang kurang sukses di beberapa negara tapi karena di indonesia sangat sukses bahkan sebagian besar bahan juga diproduksi lokal terus diANGGAP sebagai produk Nasional, gimana coba, gak bisa to??? h.h..h..

Bayangin kalo bendera itu jadi Merah Putih, apa gak janggal? h.h….

Demikian ungkapan hati gue yang ingin gue share ke para pembaca. Yang lain bebas berpendapat dan boleh juga berbeda, monggo…..

6 responses »

  1. diskriminatif bget ,,rasa nasionalisme menurut ane bkan melulu dari ras suku bangsa ,,jaman penjajahan voc malah bnyak pribumi yg jd antek2 belanda ,,trus menurut ane gonzales n bachdim hati mereka kukuh membela tim garuda ,,klo ada yg harus di pertanyakan knapa ada ras indo yg gk nasionalis ,,

    • kok saya meragukan hal itu, ingat, mereka ke indonesia karena ingin berkarir di sepak bola bukan karena emang ingin tinggal di indonesia. jadi motivasi mereka dimata saya bukan karena nasionalisme tapi karena karir.

  2. yah orang2 ky lu kn cm bs komentar doang tp g bs ngasih apa2 buat bangsa ini.
    Cm bacot doank g ada kontribusinya di dunia nyata.
    Gw msh lbih respek sm gonzales, kim maupun irfan krn walaupun mereka tdnya orang asing tp mereka mau ngebela bangsa ini.
    Walaupun gw g bs ky mrka tp gw ttp suport mereka demi nama baik bangsa ini g ky lw.

    • Ya tiap orang bebas berpendapat, saya juga tidak memaksa siapapun, anda juga boleh berpendapat. Terima kasih masukkannya.
      mohon maaf kalau komentar anda sedikit berkurang, karena di sini tidak diperkenankan pakai kata kotor. Saran juga buat anda: akan lebih baik jika menggunakan nick name yang lain.
      Terimakasih.

  3. koq gw beda pendapat ya gan, semestinya cari tau dulu alasannya baru di share bachdim itu dah menentukan dia menjadi WNI sejak usia 18 tahun lho, gini gan kalo seumpanya agan kawin ama orang bule terus anak agan pengen bela timnas gimana? apakah begitu kita kawin sama bule lantas haknya sebagai wni hilang?, trus untuk gonzales gw rasa dia dah melakukan pengorbanan yang cukup untuk membuktikan kecintaannya sama Indonesia bahkan dia kawin sama orang ina dan mengorbankan untuk tidak balik kenegaranya selama 7 tahun dan itu dia sendiri yang mengajukan kewarganegaraan lho…terus anak2nya gonzales juga gak boleh donk bela timnas kalo dia mau….. lagian kalo Indonesia berperang gw yakin gonzales juga gak akan balik kenegaranya untuk menghindar….

  4. betul gan ..Kemenangan yg ga membanggakan karna ga murni anak bangsa..tapi saya senang lo gan, setidaknya mereka berdua Islam..xixi ga nyambung

Tinggalkan Balasan

