Yamaha Sponsor Jangka Panjang

Standar

Sponsor, dalam dunia olahraga sponsor adalah bagian yang sangat vital untuk menjamin berlangsungnya sebuah kompetisi. Demikian pula sebagai salah satu cabang olah raga, MotoGP tidak bisa lepas dari yang namanya Sponsor. Penyelenggara perlu sponsor, pesertapun selalu membutuhkan pihak kedua sebagai partner. Pemilihan partner yang tepat akan ikut menentukan hasil yang diperoleh kedua belah pihak karena sifat sponsorship harus saling menguntungkan.
Nama nama besar sebagai pihak kedua dalam ajang MotoGP saat ini diantaranya Repsol, Marllboro, FIAT, Redbull, Monster dll. Diantara tim pabrikan MotoGP dalam pengamatan saya ada partnership yang paling awet yaitu Honda + Repsol, mereka telah bersama lebih dari 10 tahun kemudian disusul Ducati+Marllboro baru disusul Yamaha+FIAT. Karena yang berkaitan erat dengan indonesia adalah Honda dan Yamaha maka kali ini gue lebih menyoroti kedua pebrikan tersebut.
Baik ATPM Yamaha maupun ATPM Honda indonesia keduanya telah menggunakan seru dan ketatnya persaingan MotoGP sebagai sarana pengembangan pasar maka apapun hasil di MotoGP akan sangat mempengaruhi permotoran nasional. YMKI yang pertama memanfaatkan MotoGP sebagai ajang promosi telah meinkmati hasil yang sangat besar. Hal itu tidak lepas dari suksesnya tim Yamaha sendiri d ajang balap paling bergensi tersebut. Berkaca dari suksesnya YMKI maka AHM juga ikut memanfaatkan serunya MotoGP sebagai ajang promosi.
Jika YMKI memiliki keuntungan sebagai first mover sehingga sudah lebih dikenal dengan slogan “Semakin Didepan”nya maka AHM juga memiliki keuntungan yang tidak dimiliki YMKI, apa itu?? jawabnya Sponsor tim. Mengapa ini merupakan keuntungan? karena dengan adanya sponsor jangka panjang maka AHM bisa lebih leluasa berkreasi terhadap produknya berkaitan memanfaatkan tenarnya MotoGP. Lihat saja, AHM dengan pedenya bikin produk berlivery repsol sedangka YMKI beraninya cuma di pameran doang, gimana coba???
Jika Yamaha Global memperhatikan kepentingan dan kelangsungan semua ATPM di seluruh dunia maka sebaiknya Yamaha usahakan membina kerja sama dengan jangka waktu yang lebih lama bersama satu partner besar. Memang tidak gampang tapi hal itu menurut gue sangat vital.

Iklan

3 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s