Ternyata sampai November Xeon mengungguli Scoopy

Standar

Baca Tabloid otomotif edisi minggu ini terdapat pembahasan mengenai market share skutik dan bebek dimana kedua segmen ini mengalami pergeseran market share yang berbanding terbalik. Pasar Skutik yang sepertinya tak terbendung kini telah menguasai pasar sampai 45%, sangat mendekati segmen bebek yang tercatat 48 %.
Ada yang menarik di tabel detail pasar skutik tiap tipe dari bulan Januari hingga November 2010, disitu tertera bahwa honda Scoopy secara total telah mencapai 90.613 unit bersaing ketat dengan Yamaha Xeon yang mencapai angka 103.310 unit. Mengapa angka ini menarik bagi saya? karena selama ini begitu banyak artikel berkaitan keunggulan Scoopy di pasar.
Kedua motor ini walau berbeda aliran namun banyak yang membandingkan keduanya karena keduanya diluncurkan hampir berbarengan karena hanya berselisih 20 hari. Akhirnya gue tahu deh mengapa Xeon bisa unggul secara total ternyata Xeon punya 20 hari lebih banyak. Dari tabel terlihat perbedaan angka yang sangat tipis dan bulan terakhir di tahun 2010 ini tentu akan sangat menentukan siapa yang bakal unggul. Masing – masing ATPM begitu optimis dengan pasar produk mereka ini.
YMKI sendiri pada awalnya sangat optimis hingga menargetkan 25.000 unit tip bulannya dan melihat angka di tabel maka target itu tidak tercapai di tahun 2010 ini karena rata-rata Xeon menorehkan angka 14.000an. Lain halnya dengan AHM yang tidak mematok angka tinggi sebagai target Scoopy yang dipatok 10.000 perbulan aja namun kini telah memperoleh 15.000an tiap bulannya. Bagaimana di tahun 2011, apakah masing masing ATPM akan merevisi target Xeon maupun Scoopy? Kita lihat saja nanti….
Berikut tabel secara lengkap yang saya peroleh dari tabloid otomotif:

Iklan

5 responses »

  1. suzuki parah banget ya…jualan 3 line up sama dengan jualan xeon+mio….
    katanya line produksinya honda sudah nambah…jauh lebih besar dari Yamaha..inden skutiknya juga panjang sampai 2 bulanan..tapi kenapa jualannya masih dibawah yamaha ya?berarti ada line yang ga optimal tuh…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s