Saran buat YMKI untuk hadapi gempuran Motor Sport AHM

Standar

Tahun 2010 ni YMKI hampir pasti menguasai dua segmen pasar yaitu segmen skutik dan segmen motor sport. Untuk segmen skutik AHM telah melakukan berbagai jurus andalan untuk menghancurkan pasar skutik Yamaha, sedangkan di segmen motor sport AHM baru memulai melancarkan serangan. Hingga saat ini walau sudah ada peningkatan namun belum bisa menggoyahkan kekuasaan Yamaha di kategori motor laki laki ini. Dengan V-ixion yang sangat kuat maka Yamaha bisa tetap kokoh di puncak bahkan dengan selisih yang jauh.
Serangan Honda yang pertama yaitu diluncurkannya New Mega Pro (NMP) di bulan agustus kemarin, peluru ini kini mulai membuahkan hasil karena NMP yang sangat fresh ini sanggup meningkatkan pasar hampir 2x lipat dari sebelumnya dimana megapro lama hanya sanggup terjual sekitar 7-8 ribuan kini bisa mncapai 13.000an. Terbukti dengan motor baru AHM berhasil memikat banyak konsuman maka yang AHM berniat menambah lineup baru yaitu dimasukkannya CBR 250 dan CBR 150 ke pasar indonesia. Melihat Honda yang sangat serius maka Yamaha diharuskan semakin pintar bertindak untuk mempertahankan mahkota juara di segmen motor sport.
Berkaitan dengan rencara AHM untuk menggunakan peluru duo CBR maka gue mau ngasih sedikit saran yang mungkin bisa berguna:
AHM + CBR 250?
–> saran gue, YMKI berbesar hati dulu, jangan paksakan untuk menambah lineup di kelas ini karena sepengamatan gue YMKI belum punya calon senjata tandingan yang pas, sebaiknya biarkan Kawasaki yang bekerja di kelas ini. YMKI sebaiknya meminta Yamaha global untuk mempersiapkan senjata di kelas 250cc yang bisa bersaing juga di tingkat global karena CBR 250 ini juga merupakan produksi global. Target yang pas untuk kelas ini menurut gue semester 2 2012.
AHM + CBR 150?
–> saran gue, YMKI bisa menggunakan senjata yang sudah dipersiapkan Yamaha india, apa lagi kalau bukan New R15. Taruhlah AHM jadi CKD CBR 150 dan bisa mematok harga 28 juta maka R15 masih sangat bisa melawannya jika dipatok harga 26 jutaan. Melihat kekurangan R15 hanya pada SOHCnya maka dengan selisih harga 1,5 atau 2 juta maka dijamin R15 akan bisa mengalahkan pasar CBR 150.
Saat ini YMKI sangat perkasa dengan V-ixion dan banyak yang berpendapat dengan diCKDinnya CBR 150 maka si giant killer akan hancur namun TIDAK menurut gue. V-ixion punya pasar yang berbeda dengan motor full fairing, memang sebagaian penyuka Vixi juga penyuka motor full fairing tapi jangan lupa bahwa dengan selisih harga yang lebih dari 5 juta maka akan sangat banyak konsumen yang tetep memilih Vixi. jadi saran kedua untuk menghadapi CBR 150 adalah Pertahankan V-ixion, cukup facelift aja tapi harga tetap.
Vixi punya sifat yang lebih multi fungsi jika dibanding motor full fairing jadi yang pingin tampil agak sporty namun jika terpaksa masih cocok untuk angkut barang, harga yang relatif lebih terjangkau maka Vixi bisa jadi pilihan. Mungkin pasar Vixi akan berkurang namun tidak akan sampai mati jadi akan sangat disayangkan jika Vixi dimatikan dan di ganti R15 maka jangan harap mahkota motor sport bisa bertahan di Yamaha.
Semoga sedikit saran dari gue ini bisa berguna bagi Yamaha serta kemajuan permotoran indonesia dan tetap ada persaingan yang sehat demi kebaikan para biker semua. Jika punya saran juga yang bisa di share maka silahkan tulis saja agar para ATPM bisa memperhatikannya, monggo……

Iklan

8 responses »

  1. kl blh saran YMKI keluarin varian x-ixion ber-fairing, tinggal tambah fairing semodel R4 jadilah v-ixin supersport yang sporty n terjangkau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s