Penunjuk Waktu di Lampu Merah

Standar

Traffic light di persimpangan jalan? Penting banget tuh…
Setiap persimpangan jalan raya sangat diperlukan pengatur jalan dari masing masing sisi, pada awalnya di beberapa persimpangan jalan yang relatif ramai terdapat petugas yang mengatur para pengguna jalan agar tidak saling berebut. Mengingat pertambahan pengguna jalan maka diciptakan Lampu pengatur lalu lintas atau biasa disebut Traffic light . Kegunaan lampu ini tentunya sudah sangat sering kita rasakan.
Perkembangan terakhir terhadap peralatan ini adalah penambahan layar yang tertera penunjuk waktu menjelang pergantian nyala lampu dari merah hijau kuning. Penunjuk waktu (kalo orang jawa bilang Detikan) bagi gue sangat membantu dalam berkendara. Saat lampu hijau, kita bisa tahu apakah cukup waktu bagi kita untuk melewati lampu hijau tersebut. Kita bisa menentukan apakah harus menambah kecepatan, apakah tetap, apakah harus mengurangi laju karena waktu yang sudah mepet.
Namun sayang saat lampu warna merah sedang menyala saya tidak melihat kegunaan Detikan itu berkaitan dengan kelancaran lalu lintas. Detikan saat lampu warna merah justru sering disalahgunakan pengguna jalan untuk “Mencuri Start”. Waktu masih menunuk angka 2 atau 3 detik, sudah start, lebih parah lagi langsung Tancap Gas. Kalo dalam perlombaan 17an, h.h.h.. cara hitung adalah Tiga-Dua-Satu-Go… kalo ini Lima-Empat-Tiga-Go…. BAHAYA Lho bro….
Setiap pergantian dari lampu hijau di satu sisi dengan lampu hijau di sisi lain hanya berselisih 4-5 detik. Jika dari satu sisi ada yang “Curi Start” 3 detik sedangkan dari sisi lain ada yang nekat nerobos lampu merah 2 detik aja, WAHH…. bisa ketemuan di tengah persimpangan tuh.. he he he….
Memang Detikan saat lampu warna merah tetep berguna tapi berkaitan dengan penghematan bahan bakar karena biasanya ada himbauan matikan kendaraan sampai detik 20. Namun demikian menurut pandangan gue sebaiknya Detikan idak usah ada saat lampu warna merah karena tujuan Traffic light kan untuk keamanan dan kenyamanan pengguna jalan sehingga nanti tidak ada yang namanya “Mencuri Start” lagi, Lampu Hijau baru jalan, Iya to???
Layar di Traffic light jika saat Lampu merah menyala bisa digunakan khusus untuk Sosialisasi UU lalu lintas, Hibauan-himbauan, atau Tips berlalu lintas, dan menurut saya itu akan lebih baik. Mungkin ada yang ingin menanggapinya saya persilahkan, monggo….

Iklan

5 responses »

  1. betul Pak, lampu led pas merah juga ada fungsi lainnya, contohnya: mendapat kesempatan memotret karena tau kalau masih 66 detik. hehehehe

  2. bhuahahahha..semalem emang terjadi..depan ane motor2 4stroke pada curi start di hitungan ke 3…yaudah didiemin dlu…selepas hijau ane salip 1 per 1…berasa Rossi yg startnya santai..xixixiix :mrgreen:
    Intinya ngk usah cepet2 curi start kalo motor ente udah terbukti kenceng :mrgreen:

  3. salam kenal..lagi bw nich

    kayaknya hampir di semua kota dah memakai itu seperti juga di surabaya..kalo ane sich mendingan ndak usah dikasih…lha wong kalo 4-3-2-1….kayak di sirkuit aja tarikan-tarikanya.. hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s