AHM dan YMKI Optimis di 2011 tapi Target Beda jauuuhh..

Standar

Mengakhiri tahun 2010 dengan senyum kemenangan masing masing, AHM dna YMKI sama sama optimis menghadapi tantangan 2011. Setelah mampu menorehkan angka 3,4 juta unit di tahun lalu kini AHM memasang target yang saya bilang Sangat sangat optimis karena berani memasang target 4,1 juta unit. Melalui Sigit Kumala, Senior General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor (AHM), AHM memprediksi pasar nasional 2011 mencapai 8,2 juta sampai 8,3 juta unit dan AHM menargetkan market share 50%. Sungguh target yang di pandangan saya sangat berani jika melihat perkembangan di 2010 dimana AHM hanya mengalami pertumbuhan tidak sampai 1% dari total pasar 7,3 juta.
Sama Optimisnya YMKI menaikkan target tahunan dari 3,1 juta menjadi 3,6 juta di 2011. Sebagai catatan tahun lalu Yamaha berhasil melampaui target tahunan lebih dari 200.000 unit dan tahun 2011 ini YMKI optimis bisa meningkat 300.000 unit lebih tinggi lagi. Jika prediksi AHM bener kalau pasar mampu menyerap 8,3 juta maka YMKI tentu akan mengalami penurunan market share yang cukup banyak karena 3,6 juta berarti hanya sekitar 43,5%. Mungkinkah YMKI tidak menargetkan untuk menjadi no 1 di Indonesia? Ataukah YMKI menyerah sebelum berperang? Atau ini hanya strategi YMKI agar AHM tidak terlalu tinggi meningkatkan produksinya? Kita lihat saja beberapa bulan kedepan apakah keduanya berselisih cukup jauh atau 11-12 seperti biasanya.
Namun demikian prediksi gue target masing-masing ATPM telah ditentukan dengan kemampuan produksi pabrik, bagi YMKI tentu menaikkan kapasitas produksi merupakan pekerjaan berat makanya YMKI memasang target OPTIMIS REALISTIS. Bagi AHM yang bermodal kekayaan dan pengalaman yang sangat berlimpah tentu menaikkan kapasitas produksi sangat mudah dilakukan. Produksi yang tinggi tentu harus dibarengi dengan kerja keras agar barang mampu diserap pasar. Berkaca dari tahun 2010 memang kemampuan penyerapan pasar memang meningkat, ambil contoh saja di skutik, walau lineup bertambah tapi ternyata tidak saling memakan produk lain. Hal serupa juga terlihat dari segmen sport, disaat muncul Byson dan NMP ternyata pasar Vixi,Tiger,Scorpio ternyata tidak berkurang tapi justru jumlah pasar segmen sport bertambah. Vixi laku, NMP laku, Byson juga laku jadi terlihat ada peningkatan kemampuan penyerapan pasar.

Bagaimana pendapat atau prediksi kalian mengenai target kedua ATPM tersebut di 2011, silahkan share disini, monggo….

Iklan

4 responses »

  1. AHM target segitu coz pabrik line skutik dperluas, palagi bakal banyak produk anyarnya brojol. Akankah skutik air blade brojol? Ane pesan satu. Yakin da bakal booming

  2. SUDAH TERBUKTI DITAHUN 2011 AHM JADI NO.1 DENGAN PRODUK HONDANYA
    KEDEPAN AHM BAKAL BERKEMBANG LAGI BRO
    APALAGI BAKAL ADA AHM KERAWANG
    TH 2011 AJA DI M 2100 UDAH ADA 2 PLANT PRODUKSI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s