Penjualan Motor di India tiap Merk 2010

Standar

Sebagai pasar motor terbesar kedua di dunia, India tahun 2010 kembali menunjukkan angka yang luar biasa karena secara total mencapai 12,6 juta motor telah terjual, itu berarti India memiliki pasar 75% lebih besar dari Indonesia yang menorehkan rekor 7,3 juta motor. Di India terdapat 7 pemain di dalamnya yaitu: Hero Honda, Bajaj, TVS, HMSI, Yamaha, Suzuki, dan Mahindra. Dari ketujuh pemain tersebut ada 4 Merk yang mendominasi pasar dengan menguasai 94% dari total penjualan di 2010 dengan rincian: Hero Honda 41%, Bajaj 26%, TVS 15% dan HMSI 13%. Sedangkan ketiga merk lain memperebutkan 6% total pasar, Yamaha 3%, Suzuki 2% dan Mahindra 1%.
Tiap Produsen di India mengaku mengalami peningkatan penjualan yang signifikan namun tidak merubah posisi masing masing di banding tahun 2009. Tahun 2010 yang lalu terlihat Hero Honda sangat kuat dan jauh meninggalkan kompetitornya, bahkan Hero Honda sendiri mengaku pencapaian ini diluar ekpektasi mereka. Selama tahun 2010 Hero Honda 2x Mencatatkan penjualan bulanan melebihi 500 ribu yaitu Bulan Oktober (505.553) dan Desember (501.111) dan total setahun mencapai 5.134.453 motor. Merk lokal Bajaj dan TVS walau memiliki pasar yang cukup besar namun keduanya baru bisa mengimbangi Hero Honda jika perolehan keduanya digabung, Bajaj (3.271.801) + TVS (1.897.960) = 5.169.61 unit. Walaupun demikian India patut berbangga karena Motor Nasional lebih berkuasa daripada Merk pendatang seperti HMSI (ATPM resmi Honda Jepang), Yamaha, maupun Suzuki.
Penguasaan Motor Nasional India akan lebih afdol lagi jika Hero yang akan berpisah dengan Honda bisa mempertahankan pasarnya setelahnya. Honda berikutnya hanya memiliki satu ATPM yaitu HMSI.
Bicara Motor Nasional, kalo Indonesia gimana ya? kanzen yang pernah memberikan harapan besar saja tahun 2010 seolah hilang tanpa kabar, hidup segan matipun tak mau. Semoga mulai tahun kelinci ini MotNas bisa bangkit dan kedepannya makin maju.

Iklan

4 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s