Seputar Kolong New Jupiter MX

Standar

Mumpung hari minggu gue sempetin waktu tuk manjakan jupiter Z kesayangan. Jika pada hari biasa bagian service Yamaha jam 9 pagi sudah mulai mengerjakan motor pelanggan ternyata pada hari minggu jam 9 baru terima pelanggan namun jam 9:30 baru mulai dikerjakan. Berhubung gue jam 8:45 dah sampai dealer Yamaha jadi masih punya waktu 45 menit nganggur.
Sambil nunggu mekanik datang gue lihat lihat motor yang dipajang di dealer dan disitu ternyata telah ada 2 unit motor New Jupiter MX tipe A/T dan M/T. Begitu mata gue lihat tuh motor secara reflek kaki gue melangkah mendekat supaya mata gue bisa lebih jelas melototin motor yang masuk favorit gue. Beberapa saat terdengar suara: “Jupiter MX baru mas…” ternyata ada sales mendekat sambil bawa brosur walau New Jupiter MX belom ada dibrosur itu….
Gue tanya: Berapa harganya nih? ternyata walo dah tanggal 8 9 januari harga resmi Jogja belom ditentukan, jadi ya gue minta ijin ama salesnya tuk foto foto beberapa detail motornya aja.
Pertama gue foto adalah fitur terbaru Yamaha, apa lagi kalo bukan cakram belakang h.h.h…. dan ternyata sama dengan yang digunakan pada produk AHM, piranti cakram menggunakan produk Nissin. Terlihat menggunakan rem cakram Nissin single piston tapi sayang gue cari-cari, gue puter-puter tidak ada tulisan lebar piringannya. Berikutnya gue lihat velg lebarnya dan ukuran ban belakang, disini ada perbedaan antara MX A/T dan M/T. Versi kopling manual menggunakan velg lebar keluaran Enkei dan Ban IRC NR-82 170 100/70 – 17″, sedangkan yang AT menggunakakan ukuran velg lebih kecil dan Ban DUNLOP 70/90 – 17″.
Rem cakram roda depan tidak tampak merk dan lebar piringannya baik pada MX A/T maupun M/T. New MX kini ada spatbor kolong yang menyatu dengan pelindung rantai sebagai pelindung piranti suspensi bagian belakang. Setelah itu gue foto pengatur jarak roda belakang untuk menyetel kekencangan rantai dengan akurat dan cepat seperti halnya yang diterapkan pada vixion. Merasa ada satu hal lagi yang belum gue ketahui maka gue tanya ama salesnya: ada kuncinya mas, mau lihat bawah jog bisa gak? dan dijawabnya: gak dikunci kok mas, sambil dibukanya jog jupiter MX versi AT. Ruang di bawah jog terdapat accu yang sudah bebas perawatan dan tempat penyimpanan peralatan, tapi sayang hanya kecil dan gue rasa untuk menyimpan jas hujan aja agak sulit.
Berikut beberapa bagian New MX yang sempat gue abadikan.

27 responses »

  1. Masak sih yamaha pake perangkat ciet nissin? Perasaan dari dulu yamaha pake merk sunstar makana rem2nya jauh lebih pakem dari yg lainnya, tp muahal

  2. Versi kopling manual menggunakan velg lebar dan Ban IRC NR-82 170/70 – 17

    ==============================================================

    ralat mas bro..yg belakang pakenya ukuran 100/70..salah ketik kali 😀
    rear huggernya (spakbor kolong) mirip yg dijual di toko variasi yah..

  3. Wah bener tuh, rem cakram depan yamaha pakem bgt. Biasanya ak rem depan mendadak sambil ngangkat ban belakang. Terkadang sampai hampir spakbor depan motor dibelakangku.Orang sekitar pada kaget. Ak bilang mirip valentino rossi ga?

  4. Ping-balik: Mungkinkah Ada Iklan Byson di 2011 | PakYo Blog

    • Seputar ttg jupiter mx gan..mx saya baru beli baru dan sekarang kilometernya baru jalan 150km an..masi reyen sih 😀 tapi satu yang saya kecewa dari jupiter mx baru adalah memang bannya besar membuat kelihatan mx lebih kekar..tapi sayangnya ban blakang mx tidak pakem..kalu rem mendadak selalu ngunci ban blakangnya..kayak ngepot gitu deh kalo rem mendadak..sama bensinnya agak boros..tapi performanya manttaaappp

      • selamat bro untuk motor barunya, jangan lupa dirawat baik-baik biar tunggangan tetap tokcer…
        Kalau ban lebar harusnya lebih merekat di aspal, mungkin karena aspal yang kotor sehingga motor jadi ngepot? itu juga menandakan rem cakram belakang yang pakem. Yah… tinggal sesuaikan tekanan saat nginjak rem aja bro…

      • Bener bro, gue juga ngalamin hal yg sama pas ngerem mendadak tapi itu kalo sendirian, kalo plus boncenger di-rem mendadakpun aman-aman aja sih. Satu lagi saya mau tanya bro Hosea, diameter piringan cakram belakang new MX itu berapa sih. koq di buku manual gak tercantum, gue cari di internet juga gak nemuin jawabnya. Masalahnya gue pengin ganti tuh piringan…udah kemakan gara-gara kampas rem cepet abis bro, gue beli tuh MX bulan April 2011, bulan September 2011 udah ganti kampas rem cakram belakang – pake yg non-ori karena mekaniknya bilang kalo yg ori terlalu keras, eh 2 hari yang lalu (14 November 2011) udah ganti kampas lagi. Gak nyangka segitu cepat, kena gores lagi deh.

  5. ane mau tanya mas bro.. klo ban belakang new jupiter mx di aplikasikan ke jupiter z gmn ya.?? pas gag.?? apa yg perlu di rombak.??
    email ya broo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s