Auto Turn On Headlamp, AHM atau YMKI duluan hayo….

Standar

Sudah sejak pertengahan tahun 2010 pabrikan motor sudah berkomitmen akan mulai menerapkan fitur Auto Turn On pada lampu utama sebagai bentuk dukungan terhadap peraturan pemerintah yang berlaku. Sesuai dengan UU no 22 tahun 2009, bahwa sepeda motor wajib menyalakan lampu utama di siang maupun malam hari untuk menunjang safety riding bagi pengguna jalan, namun demikian ternyata banyak menuai pro kontra sehingga banyak juga yang tidak mengindahkan peraturan tersebut. Nah,.. untuk membuat masyarakat lebih mematuhi aturan nyala lampu siang hari maka pemerintah menghimbau produsen sepeda motor untuk menghilangkan saklar lampu utama di setiap produknya.
Walau yang menanggapi di media bahwa “kami siap mendukung pemerintah jika memang dianjurkan seperti itu” adalah 2 produsen terbesar di Indonesia tapi ternyata Suzuki yang pertama di Indonesia. Tanpa basa basi Suzuki menerapkan fitur lampu nyala otomatis dan terhitung kini sudah ada 2 produk yaitu Titan dan Axelo. Jika dilihat gelagat Suzuki tampaknya mereka akan menerapkannya pada setiap produk baru mereka sedangkan kabarnya tahun ini Suzuki masih mempunyai peluru baru di kelas matic dan juga kelas sport.
Kini siapa yang kira kira merebut podium kedua untuk kategori ini? apakah Honda atau Yamaha? Beberapa waktu yang lalu YMKI baru saja meluncurkan New jupiter MX dan Lexam tapi ternyata kedua produk tersebut masih ada saklar lampu depan, dan masih belum jelas lagi kapan YMKI akan meluncurkan produk baru lagi. Dalam pernyataan YMKI yang lalu akan meluncurkan bebek dan matic dengan teknologi injeksi, apakah fitur Auto Turn On juga muncul di saat yang sama? kita tunggu saja nanti…
Untuk AHM sendiri sebenernya sudah ada namun itu untuk type motor yang masih Import secara utuh dari negara tetangga, jadi bagi gue AHM juga belum punya line up yang dimaksud. Kemungkinan paling dekat AHM meluncurkan CBR 250 tapi juga Import jadi belom masuk hitungan, selain itu facelift revo yang belum lama keluar ijin produksinya. Dalam artikel sebelumnya, gue sempet usul ke AHM supaya fitur Auto Turn On ini jadi salah satu facelift revo tapi apakah AHM sependapat atau tidak kita belum tahu. Kira-kira fitur ini akan pertama diterapkan AHM pada produk apa? Revo, CS1, Blade, Supra, atau pada matic baru yang kabarnya ada yang baru di 2011 ini?
Kedua pabrikan terbesar di tanah air diatas sudah pernah berkomitmen mendukung program pemerintah, tapi ternyata didahului oleh Suzuki bahkan sudah 2 produk, apakah Kawasaki akan mengikuti jejak Suzuki? Kawasaki sendiri sampai saat ini juga belum mempuyai produk dengan fitur itu tapi jika facelift biasanya Kawasaki juga tidak pernah sebar kabar terlebih dahulu jadi mungkin saja jika mereka akan bakal mengikuti jejak Suzuki. ya gak bro??…

Iklan

6 responses »

  1. Ping-balik: New Jupiter Z Facelift, Lampu Nyala Otomatis | PakYo Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s