Akhirnya Pilihan Jatuh pada Vega ZR DB

Standar

Di rumah gue ada 4 motor (3 bebek, 1 matic) yang tiap hari digunakan untuk kegiatan kerja gue dan anggota keluarga yang lain (untung di jogja gak diberlakukan pajak progresif, bisa pusing tujuh keliling,h.h.h..). Satu anggota keluarga lagi baru saja pindah kerja yang berjarak kurang lebih 15 km, berarti setiap hari PP 30 Km. Selain tempat yang jauh juga karena sering pulang tengah malam sehingga kami memerlukan 1 motor tambahan. Rumah kami lumayan jauh dari jalan raya, jika mau naik kendaraan umum harus jalan hampir 1km itupun maksimal jam 5 sore serta hanya 1 jalur bus yang lewat, Jalur TransJogja atau luar kota masih berjarak 3 km. Untuk tambahan tersebut kami cari type bebek yang harganya terjangkau. Berdasar pengalaman maka pilihan mengerucut pada merk sayap tunggal atau garpu tala, pilihan ada Absolute Revo SW dan Vega ZR DB.
Setelah mengerucut menjadi 2 pilihan maka gue yang dipercaya keluarga untuk cari jalan kemudian hunting info dan membandingkannya. Kebetulan gue masih punya brosur kedua pabrikan per januari 2011, dilihat, dibaca, bunga kredit Honda Revo sedikit lebih murah dari Vega ZR. Jika di brosur DP yang tertera cuma 1 jutaan maka gue mulai hunting info di sales motor yang kebetulan sudah kenal lama.

Pertama, gue hubungin seorang manager marketing sebuah dealer honda di jogja, tanya info harga, kredit, hadiah, diskon dan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Di jogja sedang ada program potongan harga 500.000 atau hadiah TV 14″ khusus pembelian Revo, selidik punya selidik ternyata itu hanya berlaku untuk Revo produksi 2010 (Oo… ternyata sudah bulan februari masih banyak stok 2010 to..). Karena gue pilih produksi 2011 maka potongan hanya 200 ribu yang di subsidikan sebagai DP sehingga DP 3juta dianggap sebagai 3,2juta. Nego lagi, dari cicilan yang normalnya FIF 420.000 x 35 bulan menjadi 400.000. Selisih sehari gue ditelpon jadi 390.000 tapi dengan leasing berbeda.
Kedua, gue hubungin seorang marketing di sebuah BPR dimana gue jadi salah satu nasabahnya, melalui BPR ini pula beberapa teman sudah mendapatkan harga miring dibanding leasing pada umumnya, rata-rata lebih murah 50.000-100.000 tergantung tipe motor dan tenornya. Singkat cerita gue dikasih brosur yang sudah fix dan tidak bisa nego lagi, memperoleh harga 360.000 x 36 bulan namun proses sedikit lebih rumit dari leasing pada umumnya.
Ketiga, gue hubungin seorang sales dealer Yamaha, setelah terima telepon siang hari dari gue kemudian sore harinya dia dateng ke rumah, ngobrol sambil nunjukin brosur Vega ZR dan Jupiter Z. Dengan DP 3 juta ternyata di daftar harga kredit yang dia bawa tertera 423.000 x 35 bulan, kami minta diberi potongan harga, dia langsung telepon ke pihak leasing dan diberikan subsidi DP 1 juta, dilihat di daftar ternyata biaya jadi 380.000 x 35 bulan. Kami ngobrol ngalor-ngidul, ujung-ujungnya kami minta nego lagi, h.h.h.. Sales yang juga temen gue kemudian telepon lagi ke Leasingnya, bla..bla..bla… Horee… bisa turun lagi jadi 350.000 atau setara dengan DP 4,8 juta.
Setelah 1 hari berlalu setelahnya akhirnya dengan pertimbangan harga, fitur, desain, dan kemudahan proses kredit maka gue telepon temen sekaligus sales Yamaha dan setuju dilakukan proses kredit Vega ZR 2011.
Waktu 2 hari (sabtu-minggu) kami gunakan untuk mengumpulkan persyaratan sambil koordinasi via HP, hari berikutnya atau tanggal 7 Februari 2011 siang pihak leasing datang ke rumah untuk proses penandatanganan namun karena adik gue yang namanya akan digunakan pada surat kendaraan lagi gak di rumah maka formnya di tinggal. Usai itu bokap ama my big brother menuju dealer untuk milih motor, akhirnya jam 17:30 WIB pas gue pulang kantor ternyata Vega ZR warna hitam baru diturunin dari mobil Pickup yang kini sudah tidak bergambar Valentino Rossi lagi. Cek kelengkapan, tanda tangan, serah terima barang selesai….
Karena gue tidak seberuntung bro Taufik yang diberi pinjaman dari YMKI untuk tesride harian jadi gue akan coba kupas mengenai motor yang ada saja, tungu artikel selanjutnya ya…

37 responses »

    • Saya coba jawab pakdhe Maskur (sebagai sesama pengguna Vega ZR) :
      Saya pilih Vega ZR soalnya desainnya overall lebih bagus dibanding Abs Revo (hehehe….pilihan ngga jauh2 dari desain). Seandainya Abs Revo masih pake body Revo 100, mungkin saya bakal pilih Abs Revo. Kalo performa 11-12 lah. Pengguna bebek entry level umumnya ngga rewel masalah performa. Yang penting enak dipake, irit, biaya perawatan murah.

      • mau pake kata saya, terasa terlalu formal
        mau pake kata aku, terasa kaku
        jadinya pake kata gue, lebih akrab dan nyantai
        kalo tiap hari sih pake bahasa jawa, h.h.h..

        betul, dengan terpaksa review nunggu 1000 km dulu ya…he.he.he…

  1. Oowh dari tabel kredit masih bisa dinego yak, maklum belum pernah beli motor baru, bisa jadi referensi neh kalo mau ambil kredit.
    Milihnya dasarnya cicilan aja ato ada yg laen mas?

    • Secara Fitur Revo lebih baik (SKS n Rotari), secara desain Vega lebih disuka, harga cash 12.050.000 VS 12.030.000 tapi dengan DP 3 juta cicilan 390.000×35 VS 350.000×35. (selisihnya: 40.000 x 35 = 1.400.000)
      Perlu diketahui, saya kasih semua perbandingan kepada keluarga dan semua anggota keluarga boleh berpendapat, keputusan akhir di tangan ortu.
      Soal material, keluarga kami sudah percaya dengan 2 merk ini, dari pengalaman (saat ini ada 3 merk motor di rumah dan 2 merk ini memuaskan)
      Soal irit, kami kira sama saja.

      • sepertinya bonus potongan buat dealer sama salesnya dihabisin nich…..mentok 1.8jt….mantaf….!! biasanya rata2 bonus buat konsumen aja (khusus ymh) maksimal 750rb. jadi kalo bisa sampe 1.8jt maka bonus dealer sm bonus sales jd hilang dech….(begitu kira2 menurut bocoran alus).

    • fitur lebih baik tapi bukan berarti harus mengesampingkan harga kan bro??
      lihat kelebihan fitur, apakah sebanding dengan selisih harga atau tidak? fitur lebih dengan harga lebih itu biasa, kalau fitur lebih dengan harga sama, itu baru luar biasa. h.h.h…
      tiap orang punya pertimbangan tersendiri dan faktor paling penting tiap orang bisa berbeda.
      Mungkin anda punya banyak duit sehingga tidak perlu mikirin harga, kalau saya berbeda bro.

      • setuju pakyo…..
        teknologi nyaris sama, performa 11-12, fitur cuma di kunci doank….berapa harga kunci magnetik? bandingkan dgn selisih harga, maka ane pilih yg paling realistis……

  2. Vega Zr memang Pilihan yg tepat pakYo….
    Soal fitur?Ngapain pilih abs revo, mendingan New jupi z aja sekalian. Tampang keren, fitur juga lebih lengkap…

  3. Nego lagi, dari cicilan yang normalnya FIF 420.000 x 35 bulan menjadi 400.000.
    =====================
    bener, saya juga baru tahu kalau cicilan itu masih bisa ditawar, ah kalau saja dari dulu tahu hehehe….

  4. salam kenal pak saya mantan pengguna ZR juga pak yo skrng xeon, ZR q jual januari kmrn. kesan 2 thn pake ZR : lumayan irit 1lt/50km, ga pernah rewel meski sering q ajak keluar kota dg jarak 200km-an, handling ringan tidak terlalu nekuk kedalam sehingga tdk cpt pegal meski jarak jauh(motor vega sebelumnya terlalu nekuk kedalam stangnya yg sekarang abs revo juga nekuk kedalam setangnya, model stang nekuk cocok untuk bermanuver jarak dekat namun tdk cocok untuk perjalanan jarak jauh), kesan lainnya putaran bawah alias tarikan mmng tdk sedasyat revo namun nafas akselerasi ZR lebih panjang gigi 1 bisa tembus 40kpj(kalah diawal menang diakhir), mesinya tergolong long stroke krn panjang stroke nya lbh panjang dari vega dan jupiter lama yang menggunakan stroke pendek justru skrng justru mesin abs revo, blade malah menganut stroke pendek. kelemahan ZR ini klo menurut saya adalah design lampu belakang dan fitur kunci yang kurang OK

Tinggalkan Balasan

