Bajaj di Jogja Kok Bikin Kesalahan Fatal Ya??

Standar

Setiap pagi sekitar jam 8:30 WIB saya lewat jalan Laksda Adi Sucipto dan tepatnya berseberangan dengan Hotel Quality terdapat Dealer Bajaj yang sepengatuhan saya baru buka disitu pertengahan 2010. Dengan dibukanya dealer tersebut membuat saya senang karena itu berarti tidak terlalu jauh dari rumah, terutama jika dibanding dealer pertama yang ada di jalan Magelang. Dealer ini sepertinya biasa buka jam 9 pagi karena saat saya lewat situ tampak para karyawan baru datang atau kadang baru membuka pintu gerbangnya. Beberapa kali saya juga memergoki adanya beberapa Bajaj owner sudah berjejer di depan gerbang yang masih terkunci, yah,.. seperti kabar selama ini bahwa pemilik Motor bajaj harus datang pagi-pagi untuk service tunggangannya.
Sejak 1 minggu yang lalu ada yang berbeda dari biasanya, setiap saya lewat sekitar pukul 8:30 tampak dealer belum buka, pada awalnya saya berfikir: oh..mungkin sekarang bukanya agak siang. Sampai di hari sabtu 19 Februari, secara sekilas terlihat ada tempelan di tembok dan ada tulisan TUTUP, waduh…ada apa ini? Dealer Bajaj bukannya nambah malah tutup? Untuk mengobati rasa penasaran, sore hari pulang kerja berniat mampir namun sayang, hujan melarangku mampir, h.h.h.h…
Minggu siang lagi jalan ama nyonya, saya sempetin mampir, dealer tutup, pagar terkunci, saya pelototin tempelan di tembok ternyata… yah…sudah luntur dan tidak terbaca, karena tulisan hanya menggunakan spidol sedangkan malem minggu hujan deras. Saat itu terlihat ada 3 lembar kertas yang di tempel dan ternyata 2 lembar masih jelas, sepertinya foto copy surat keterangannya. Tengak-tengok, mondar-mandir, pintu gerbang digembok, lagi bingung tiba-tiba terdengar suara merdu: mlumpat pager wae mas… he.he.he.., ternyata nyonya nyuruh suaminya lompat pagar, kayak maling nih, h.h.h.h..
Karena sudah kepalang nanggung ya saya lompat aja, lihat dari dekat masih tampak samar-samar tulisan TUTUP. Dua lembar yang lain ternyata pemberitahuan bahwa ada pembagian area pemasaran motor BAJAJ di DIY dan Jateng. Lembar pertama merupakan surat dari Bajaj Auto Indonesia (BAI) yang berisikan bahwa PT Bajaj Santoso Abadi (BSA) mulai tanggal 18 Januari 2011 tidak lagi memasarkan Bajaj di Jogja dan akan bekerja di beberapa kota di Jawa Tengah (Semarang, Salatiga, Boyolali, Klaten, Surakarta, Sukoharjo). Lembar kedua merupakan surat dari BSA untuk konsumen yang menerangkan bahwa untu selanjutnya semua yang berhubungan dengan penjualan, Service, dan Spare Part menjadi tanggung jawab BAI.
Melihat hal ini saya berpendapat bahwa BAI sudah membuat kesalahan besar khususnya bagi konsumen di Jogja.
1. Dealer belum ada 1 tahun kok tutup, pikiran pertama masyarakat pasti karena tidak laku.
2. Buat pengumuman hanya pake spidol?? gak bonafit dan tampak tidak serius. Dealer sudah tutup 1 minggu tapi tidak jelas pindah kemana karena tulisan keburu luntur.
3. Pemindahan tanpa koordinasi yang matang, saat saya foto-foto ada 1 orang pengendara supra namun berhelm Bajaj dan tanya ama saya: “tutup ya mas, pindah mana ya?” (penunggang Bajaj aja ada yang belom tahu)
4. Jogja banyak biker dan memiliki prospek yang bagus tapi dealer bukannya nambah tapi cuma pindah sana pindah sini, pertanyaan bapak yang tadi saya jawab: “mungkin yang di jl Magelang pak” eehh.. dia jawab: “sudah tutup juga mas”
5. BAI tampaknya meremehkan Aftersales, padahal itu salah satu pertimbangan utama konsumen lho….
Orang jogja (termasuk saya) akan berpikir 2x untuk ngambil produk Bajaj setelah kejadian ini. he.he.he….
Semoga segera ada perbaikan pelayanan dari Bajaj sehingga konsumen terpuaskan. iya to???

51 responses »

  1. kemaren sabtu tggl 19 februari saya habis main ke dealer. mainnya sore sekitar jam 3. suruh masuk pintu samping. disana saya bertemu salah satu mekaniknya…beliau mulai bercerita :
    “dealer ini tiba2 dapat pemberitahuan mas, untuk ga ngurusi penjualan dan 3S Bajaj di yogya. saya kemaren sudah ketemu calon pemilik dealer yang baru, sudah lihat showroom yang baru pula, rencananya akan beroperasi sekitar 2 bulan lagi. untuk sementara ini masalah servis bisa ke bengkel joker (anggajaya depok sleman), disitu dah jadi bengkel resmi Bajaj kok mas. saya juga sudah training cara ngisi buku servisnya. atau bisa juga ke dealer bajaj yang baru di bantul (beda dealer ma dealernya calon pemilik dealer tadi). jadi intinya dealer ini baru ganti pemilik. urusan STNK ma BPKB semua dipegang BAI semarang”

    haduuuh! saya bingung nih, kapan STNK saya keluar..padahal saya baru aja ambil P200 (generasi terakhir lho…bos BAI jogja yg nyariin sampai solo)…
    umur motor baru 1 bulan (datang tggal 20 Januari)…
    kapan STNK bisa keluar????
    pengen touring!!!

  2. india india,,(motor produk india maksud gw)….!?
    manajemenx ga sehebat jepun,,kl dbontang malah dealer tvs yang tutup,kl bajaj cuma ada bengkel kemitraan doank…!
    tp motor tvs malah masih bnyk yg meng_aspal dijalanan,,,motor bajaj dulu pernah liat,tp palingan cuma brp buah doank,skrng ga ada lg tuh…!????

  3. Madiun udah tutup sejak 1 tahun yang lalu, padahal lokasinya cukup strategis berrdampingan dengan diler2 lain dan toko modifikasi … ehhh sekarang jadi servis centernya Sharp 😕

  4. memang beberapa bulan yang lalu dah ada iklan penawaran jadi main dealer Bajaj area jogja dan jawa timur, termasuk juga area jawa tengah, mungkin ada masalah manajemen antara PT.BSA dengan BAI. Nah sekarang dah mulain pada tutup jaringan bajaj yang dikelola oleh PT. BSA, kemungkinan akan diganti manajemen lain dibawah BAI. Moga aja bener adanya. kasihan yang dah beli motor pulsar baru ttg pengurusan STNK dan BPKBnya, pasti kebingungan ngurusnya. Baca disini http://hadiyanta.com/2011/01/22/tanda-tanda-berkembangnya-bajaj-di-jateng-diy/

  5. kemaren saya baru aja sms-an dengan Managernya BSA jogja, emang baru ada masalah dengan dealer ini…jadi semua pengurusan dalihkan ke BSA semarang. namun beliau bilang, selanjutnya dealer bajaj jogja akan dipegang SBM (SUMBER BARU MOTOR) dengan beliau masih sebagai manajernya. kita doakan saja semoga delaer yang baru JAUUUUUUUUUUUUUUUUUUH lebih REPRESENTATIF dan NYAMAN..hehe

  6. Saya di jakarta mas. Jadi saya kurang paham rrg apa ygnterjadi sih. Tapi menurut teman2 prides di yogya BSA pastinya tidak support sparepart. Dan itu terjadi beberapa tahun terakhir. Teman2 di jakarra sendiri beberapa kali mengirimkan parts ke teman2 di yogya biar motornya bisa segera beroperasional.

    Yuk kita harapkan dealer yg baru bisa bagus operasionalnya. Harga motor bajaj second hancur gara2 hal semacam ini.

  7. satu kata buat manajemen Bajaj Santoso Abadi : BOSOK. kalo boleh nambahin : PAYAH. motor bagus masa servicenya acakadut. Untungnya masih ada bengkel rekanan BAI om joker di daerah condongcatur, dan hamdalah supply sparepart disana ga mengecewakan. Denger denger sih beres jogja bakal diambil alih dengan Sumber baru motor (SBM) yang dah lama jualan yamaha, tempatnya kurang tahu (sepertinya di jalan magelang). semoga aja kabar itu benar

  8. Untung ada penggantinya, aku udah pusing mikir soal sparepart Pulsar 200 milikku… aku tinggal di klaten dan kalo servis ke Jogja lebih dekat dari solo….

  9. halo sodara sekalian, skedar numpang bagi2 info, kl d slh dgr d iklan radio, bahwa sdh dibuka dealer bajaj (jual, sparepart, servis) di jl Mgl Muntilan, tepatnya di daerah palbapang pabelan, jd 1 lokasi dgn Hyundai Truck, monggo ditindaklanjuti, sy sendiri blm cek lgsg

  10. Beli BAJAJnya ke Kebumen saja gan….. Ke Muncul Group, pengalaman lebih dari 20 tahun untuk penjualan sepeda motor dan melayani pembelian motor bekas…..
    Kabar baiknya, sebentar lagi mau jadi Main Dealer BAJAJ wilayah BARLINGMASCAKEB……
    So buat Pulsar Mania…. kita tunggu kedatanganya di Muncul Group.
    Giro
    gpranyono@yahoo.com
    085740119288

  11. Mau saya laporin polisi, sejak januari mpe agustus belum keluar jg stnk,sudah dluar batas ini keterlaluan,,saya bayar cash on dilaporinnya cash off stelah tutup,,faktur ga pernah digarap,,orang yg ngurusi sudah resign masuk TVS tp surat2 sy blm jg dgarap, faktur revisi terus,,Ga profesional blas,, TUNGGu Tanggal Mainnya,

  12. wah,,,nyesel ane jauh-jauh bawa bajaj 135 dari lampung ke jogja,,giliran mw service kok jd rumit gini urusannya…hufffftttt
    jd yg paling baru sekarang yg masih beroprasi utk servixce dmn ya???sarya dah cari ke jl. magelang ra ono ki….????? lha ke piye to???bajaaajjjjjj…bjaajjjjjjj…huffftttthhhtt btbtbtbtbtbtbtbtbt

  13. Saya kebelet pengen punya bajaj. Seminggu -an lalu saya sengaja mampir ke dealer solo di jln slamet riyadi 217… Dari kejauhan masih ada tulisan BAJAJ…. Ternyata setelah dekat itu bekas tempelan tulisan yang dulu. sudah berganti jadi kantor property finance …(lupa). Browsing2… ternyata banyak keluhan dari customer di bbrp tempat, terakhir baca yang di blog ini.. Wah nggak jadi minat bajaj…..

  14. sharing dikit masbro
    awalnya sya juga minat sama bajaj ane domisili di semarang
    mau ke dealer tpi ga tau alamatnya
    googling deh pke google maps ketemu ada dua dealer di jl majapahit sma jl dr cipto
    ane samperin yg di majapahit tpi sempet aneh juga kok masuk gang perumahan coba aja deh
    eng ing eng trnyta almat yg dituju ga ada adanya malah kantor kelurahan sma koramil
    piyee iki?
    trus ane ke jl dr cipto liat dari maps lokasi di pinggir jln raya wah pasti ini neh
    hrs kecewa lagi deh ternyata udh berubah jadi yahama harpindo jaya
    ane coba telepon ga diangkat
    jadi ga selera lagi mau meminang bajaj

  15. dealer bajaj di jl godean juga tampaknya tutup mulai hari ini, karena tadi mau main ke sana mau liat p220 produksi 2011 yang katanya potongannya banyak, eh.. tutup.

    sebenarnya sudah curiga sejak kemarin karena kemarin siang kebetulan jalan bersama keluarga lewat sana, tampak mobil pick-up mengangkut stock motor. pdhal kemarin kan hari minggu.. jadi mungkin saja motor-motor itu diangkut ke dealer yang masih buka. (menebak saja..)

  16. hehehe.. barusan ini saya service di dealer Bajaj yang Jombor malah lucu banget. Setelah motor dipreteli semua setangki-tangkinya, semua spare part yang harusnya di ganti:
    1. Kampas rem depan
    2. Kampas rem belakang
    3. kabel gas
    4. minyak dan per shock depan
    5. Laker
    stocknya kosong!!
    Rasanya kaya tokoh kartun pingin bikin skenario ngawut-awut bengkel itu! Brarti saya antri 2 jam lebih itu cuma buat service karburator doank. Yaaachhh,,, mas, itu mah bengkel Pak Paino depan rumah saya juga bisa,

Tinggalkan Balasan

