Strategi Harga CBR 250R AHM, Tunggu CBR 150R Pasti Lebih Mak Nyusss…

Standar

25 Februari 2011 jadi hari paling heboh di dunia otomotif nasional karena meluncurnya CBR 250R di Indonesia. Sejak kemunculannya di Thailand akhir 2010 lalu, CBR terbaru produk Honda ini selalu jadi bahan perbincangan kalangan otomotif terutama di negara yang akan jadi daerah pemasaran motor ini. Di Indonesia hari ini CBR 250R resmi diluncurkan dengan harga OTR Jakarta Rp.39.900.000 (non ABS), dan Rp.46.500.000 (with ABS). Melihat strategi harga yang dilakukan AHM sudah pasti banyak orang yang memberikan signal positif akan sukses di pasar nasional, banyak kalangan juga menilai CBR 250R khususnya non ABS akan merusak pasar Ninja 250R yang telah lebih dulu bermain di segmen ini.
Di kacamata saya hal itu mungkin saja tapi sangat kecil, segmen kedua motor ini adalah kalangan atas dan kebanyakan mereka tidak terlalu memperhatikan harga melainkan spesifikasi. Bukan tidak mungkin dan bahkan saya sangat yakin penjualan CBR 250 bakal mengalahkan Ninja 250R namun menurut saya pasar Ninja tidak akan berkurang. Saya ibaratkan seperti Honda Jazz di roda 4, walau Toyota dengan nama besarnya mengeluarkan Yaris yang lebih murah ternyata tidak serta merta merusak pasar Honda Jazz, bahkan nama dan penjualan Honda Jazz semakin besar karena keunggulannya. Mungkin akan sedikit berbeda dengan motor karena brand Honda dan Kawasaki di Indonesia yang sangat berbeda sehingga penjualan CBR akan mampu melampaui Ninja.
Strategi AHM selain untuk bersaing dengan Ninja menurut saya ada kaitannya dengan rencana peluncuran adiknya sendiri, CBR 150R. Seperti kita ketahui kedua motor ini sangat mirip dari segi tampilannya, jika dilihat sekilas di jalan mungkin orang tidak bisa membedakannya. Jika mengingat pernyataan AHM yang lalu dimana akan mendatangkan CBR 150R di tahun ini juga, dan dalam pertimbangan akan di CKD, maka penempatan harga CBR 250R memang tidak boleh terlalu tinggi. Taruh saja CBR 150R dipatok harga 30 juta, maka akan sangat sulit bagi CBR 250 untuk bertahan dengan harga 42-45 juta. Saya pribadi jika ada pilihan seperti itu, tanpa ragu akan memilih CBR 150R, tampilan sama dengan harga jaauuhh lebih ekonomis.
Harga CBR 250R di Thailand dihargai 115.000 baht dan 130.000 baht atau setara dengan Rp.33,5 juta dan Rp.37,8 juta sedangkan CBR 150 R di sana dibanderol 75.900 Baht, setara Rp.22 juta. Bisa dikira-kira jika di Import AHM mungkin 22 juta + 20% kurang lebih 26,5 juta.
CBR 250R non ABS = 33,5 juta + 20% = 39,9 juta
CBR 250R with ABS =37,8 juta + 23% = 46,5 juta
J
A
D
I
CBR 150R = 22 juta + 20 % = 26,4 juta
atau
CBR 150R = 22 juta + 23% = 27 juta
atau
kalau AHM mau ambil untung lebih banyak ya
CBR 150R = 22 juta + 30% = 28,6 juta
GIMANA???? menarik to???? jadi kalau dirimu bisa bersabar, saran saya, tunggu CBR 150R pasti lebih Mak Nyusss…..

Iklan

28 responses »

  1. ckckckkkk……….
    harganya bikin ngiler bro, cuma 39.9 jt gitu lho….!!
    kalau udah begini siapa yg gak ngiler coba?

    ane jd mikir kalau CBR250R yg masih CBU aja cuma dibanderol segitu gmn nanti CBR150R kalau CKD ya?
    bisa abis tuh kompetitor

  2. kalo di CKD memang bisa bikin harga murah,,cuman ya itu,, mesti sabar broo, menyiapkan line motor yg bener2 baru kan butuh waktu, apalagi motornya termasuk mid end, kualitassnya nggak bisa sembarangan

    CBR150R, motornya orang sabar.. (minjem semboyan Byson)

  3. walah makin gila pasar motor
    kemaren cbr 150 q lhat 38 jeti
    sekarang 28 jeti

    kalo di banding krr se yang 32,7
    cbr 28,6

    mantap yg mana ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s