Dibanding Januari Hanya Bajaj dan Mahindra Yang Menurun

Standar

Data produksi sepeda motor di india baik untuk pasar lokal maupun import secara total di bulan kedua di 2011 ini mencapai angka 1.152.197, lebih banyak dari bulan januari 2011 degan selisih 5 ribu unit. Jika menilik jumlah hari yang hanya 28, maka sudah sewajanya jika produksi juga menurun dibanding Januari yang sampai 31 hari, ternyata tidak demikian yang diperoleh oleh Hero Honda, TVS, HMSI, Yamaha dan Suzuki di India sedangkan pabrikan Bajaj sebagai pesaing utama kekuasaan Hero Honda tidak bisa menorehkan prestasi yang sama.
Pada bulan Februari 2011 ini Bajaj hanya membukukan angka 286.657, menurun 8,5% dari Januari 2011 yang mencapai 313.583. Bajaj sebenarnya jika dibanding bulan yang sama di tahun lalu masih menunjukkan peningkatan dimana tahun 2010 Bajaj hanya mampu mencapai angka 234.623. Selain Bajaj masih ada satu pabrikan yang mengalami penurunan yaitu Mahindra, bulan Februari ini menurun menjadi 12.682 unit dari perolehan bulan januari sebanyak 15.623 unit.
Peta penjualan di India untuk bulan Februari ini tidak ada perubahan posisi, penurunan produksi yang dialami Bajaj tidak cukup membantu pesaing tersedekatnya, TVS, untuk merebut posisi. TVS hanya mampu memperoleh pangsa pasar sebesar 15%, meningkat 0,6% dari januari 2011. Produsen motor di india yang meningkat cukup tinggi adalah HMSI, sebagai wakil Honda Jepang di India HMSI tampak serius menjelang berakhirnya kerja sama dengan Hero maka praktis Honda bertumpu pada HMSI saja. Bulan Januari 2011 HMSI hanya memperoleh 11,3% pasar kemudian meningkat di bulan Februari 2011 menjadi 12,7% atau tepatnya 145.819, dan hanya terpaut 27 ribuan unit dari TVS.
Diurutan ke lima ada Yamaha yang bulan lalu sempat dikalahkan oleh Suzuki dengan perbedaan 1 unit saja, kini Yamaha mampu kembali merebut posisi dengan perolehan angka 33.046 atau setara 2,9% dari total pasar. Suzuki sendiri menguasai 2,5% dari total pasar, sama dengan bulan Januari yang lalu. Mahindra sampai saat ini masih berada pada posisi paling buncit  dengan perolehan pasar 1,1%.

PENJUALAN FEBRUARI 2011
Hero Honda     (472.055 = 41,0%)
Bajaj         (286.657 = 24,9%)
TVS        (173.200 = 15,0%)
HMSI        (145.819 = 12,7%)
Yamaha        (33.046 = 2,9%)
Suzuki        (28.738 = 2,5%)
Mahindra        (12.682 = 1,1%)

2 responses »

  1. lho jd bener tho klo Yamaha itu gak laku di India?
    mungkin bener jg kata dyon kalau kualitas yamaha india itu rendah, makanya gak laku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s