Bukan FZ Series bin Byson Tapi SZ Series Yang Menang Award

Standar

Jika lihat ketenaran dari produk Yamaha di India, tidak sedikit yang memilih FZ series atau kalo di Indonesia pakai nama Byson untuk jadi nominasi motor terbaik. Bermodal tampang dan Style yang gagah bin macho membuat banyak orang jatuh cinta dan mengesampingkan kekurangan di power mesin yang sedikit dibawah pesaingnya. Dalam berbagai perbandngan yang dilakukan beberapa pihak di 2010 lalu poinnya selalu tidak jauh dari pemenangnya, Uicorn Dazzler, namun demikian tidak bisa dipungkiri jika FZ Series memang layak diperhitungkan.Di India Yamaha memiliki produk motor sport 150 cc lain yang diperuntukkan untuk pasar midle-low segment yaitu SZ series. SZ series tenar melalui SZ-X dan yang terbaru adalah SZ-R, keduanya memiliki desain yang dimata saya “family look” dengan sentuhan sporty. Bagi penggemar motor kenceng tidak cocok menggunakan motor ini namun yang ingin menggunakannya sebagai operasional harian dengan memperhatikan konsumsi BBM maka akan lebih cocok menggunakan SZ-X atau SZ-R karena lebih irit dar FZ series walau power juga lebih rendah dari FZ series sih.. he.he.he…SZ-X memiliki power max 12,1PS @7500rpm dan torsi 12,8Nm @4500rpm, sedikit dibawah FZ-16 (Byson) dengan power 14PS @7500 rpm dan torsi 14 Nm @6000 rpm. Namun demikian di segmen midle-low dimana sebagian dari mereka tidak begitu memperhatikan power tapi yang penting BBM, tampang dan Harga, ternyata SZ-X patut diperhitungkan terbukti produk Yamaha yang satu ini berhasil memperoleh Award. SZ-X memperoleh gelar Bike of The Years 2010, 150cc Commuter Motorcycle of The Years 2010, Viewers Choice Bike of The Year , Viewers Choice Award by CNBC dan dari NDTV CAR & BIKE AWARD 2011.Selain SZ-X masih ada SZ-R yang hanya berbeda di tampilan dan cakram depan saja, meraih Motorcycle of The Years Above 150cc dari Bike India Award.

Berikut spesifikasi SZ Series
Rs. 52,000 (Ex-Showroom Delhi) for the SZ-X (self startand tank extension)

Rs. 55,500 (Ex-Showroom Delhi) for the SZ-R model (withFront disc + Self start + Tachometer + different tankextensions)

Engine type Air-cooled, 4-stroke, SOHC
Displacement 153 cc
Bore & Stroke 58.0 × 57.9 mm
Compression ratio 9.5:1
Maximum power 12.1PS / 7,500 rpm
Maximum torque 12.8N.m / 4500 rpm
Starting system Electric Start
Lubrication wet sump
Cylinder layout Single cylinder
Clutch type wet, multiple disc
Ignition system C.D.I
Fuel supply Carburettor
Battery 12 V, 5 AH (10 AH)
Headlight Halogen bulb (12 V, 35/35 W)

Tranmission type 5 gear constant mesh
Caster/Trail 26 degree/99 mm
Gear ratios 1st=2.714, 2nd =1.789, 3rd=1.318, 4th=1.045, 5th=0.916

Frame type Diamond
Front suspension Telescopic
Rear suspension Swingarm
Front brake Drum(150 mm)
Rear brake Drum (130 mm)
Front tyre 2.75-17 41P
Rear tyre 100/90-17 55P

Overall length x width x height 2,050mm x 730mm × 1,100mm
Kerb Weight 132 kg
Wheelbase 1,320mm
ground clearance 165mm
Engine oil volume 1.0 litres
Fuel tank capacity 14 liters
Seat Height 802 mm

6 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s