Tes Ride Suzuki Axelo, Lumayan Tapi Tidak Ada Yang Spesial

Standar

Hari sabtu 12 maret 2011, Suzuki mengadakan acara Lounching Axelo di beberapa kota secara berbarengan dan salah satunya di Yogyakarta. Di jogja sendiri acaranya diadakan di area parkir stadion mandala krida, tempat paling favorit bagi Event Organizer ngadain acara otomotif roda 2. Suzuki membuka acara khusus untuk Axelo ini pukul 9:00 WIB (Berdasar Iklan di KR), berhubung tempat kerja saya masih menganut “aliran” 6 hari kerja jadi saya baru bisa dateng ke TKP pukul 15:20 WIB.
Sebelum masuk ke area Suzuki saya lihat situasi dulu melalui luar pagar dan ternyata suasana lumayan ramai dan terlihat beberapa orang sedang tes ride di sirkuit kecil yang dipersiapkan pihak Suzuki. Setelah beberapa saat saya stater motor saya lagi untuk meluncur ke area parkir pengunjung namun sekitar beberapa puluh meter didepan saya ada pengendara motor dengan santainya masuk tanpa berhenti “menyapa” tukang parkir yang menawarkan tempat, Secara reflek saya ikutin aja tuh motor dan pura-pura gak dengar suara penjaga parkir bertanya:”mau kemana mas?” saya terus aja dan parkir di dekat booth suzuki bersama banyak motor orang suzuki kayaknya (curang.com), saya lihat kemudian para penjaga parkir menutup pintu gerbang supaya gak kecolongan lagi kali h.h.h.h…
Begitu masuk area lounching Axelo, area tes ride jadi tempat tujuan pertama saya, terlihat 4 motor yang disediakan Suzuki sedang di jajal para pengunjung. Berbeda dengan waktu YMKI ngadain tes ride New Jupiter MX yang lalu, Suzuki mempersiapkan sirkuit kecil yang terlihat lebih menarik untuk tes ride Axelo yang memang berlabel bebek balap dari Suzuki. Nilai plus yang ada ini sayangnya tidak diimbangi dengan keseriusan Suzuki mengkampanyekan Safety Riding, panitia hanya menyediakan motor dan helm (ada yang half face) dan jaket Suzuki yang seperti buat bonus kalo beli motor (kurang tebal). Lihat aja foto yang saya dapet: helm half face, celana pendek, sendal jepit, Waahh…. Suzuki ini gimana to??? Lebih di perparah para tes rider berbarengan dan balap mengitari sirkuit.
Tidak ingin ketinggalan, saya menuju tempat pendaftaran di sisi kanan (sisi kiri ngantri banyak) dan saya dapet urutan no 5. Sesaat sebelum giliran saya tanya sama panitia; boleh pake helm sendiri mas? boleh , katanya. Saya segera ambil helm di motor, tiba di area tes riding langsung dapet giliran. Jujur saja, ini jadi yang pertama bagi saya ikut tes riding motor baru sehingga hal itu bikin saya sedikit grogi sampai saya lupa minta tolong orang tuk fotoin saya pas tes ride. Prinsip No Picture = Hoax dilupakan ya!! he.he.he….
Saya pencet tombol starter, lampu depan langsung nyala, suara mesin cukup halus. Putaran 1 jalan pelan sambil mengenali sirkuit, putaran 2 geber habis ternyata masih grogi dan sering kena efek engine brake karena hanya main gigi 1 dan 2, putaran 3 dan 4 mulai lancar dengan kombinasi gigi 1-2-3. Karena terbatasnya sirkuit saya hanya bisa geber Axelo max 60 km/jam di titik sebelum tikungan pertama. Kesan yang saya dapatkan dari Axelo: soal tampang sudah saya bahas di artikel sebelumnya, power lumayan tapi gak begitu spesial, lebih bertenaga dari jupiter z gue tapi gak banyak, sepertinya Axelo menang putaran menengah-atas. Handling bagi saya tidak begitu enak, saat nikung tajam masih terasa kurang lincah, mungkin lebih enak untuk jalan lurus dan perjalanan luar kota. Soal BBM, tentu saya tidak tahu, jadi tunggu review dari pihak lain aja deh…
Over All, motor yang dijogja dibanderol Rp.14.250.000 s/d 15.475.000 (paling murah dikelasnya) ini masih seperti bebek pada umumnya, bagi yang suka perjalanan luar kota dengan bebek, Axelo bisa jadi pilihan, namun demikian setelah tes ride ini nothing special for me lah…h.h.h.h…
Begitu selesai tes ride, saya menuju area depan panggung ternyata rombongan Axelo dan klub motor suzuki sperti Satria, Shogun, Thunder dan Matic sudah bersiap memulai perjalanan keliling kota dengan pengawalan polisi. Urutan paling depan ada mobil pickup membawa Axelo diikuti rombongan Axelo dengan pengendara berbaju balap dan diikuti para umbrella girl yang kali ini dipaksa ikut mengendarai motor, he.he.he.he…. dan dibelakangnya baru diikuti bikers dari berbagai klub motor Suzuki.
Tidak lama setelah itu saya cabut, jalan agak macet, selap-selip, ternyata yang bikin macet adalah rombongan suzuki tadi hh..h.h.h. Saya berada dibelakangnya sampai Janti Fly over dan setelah itu saya belok kanan, time to go home.

6 responses »

  1. Ping-balik: FUN RACE SUZUKI AXELO di MANDALA KRIDA Jogja « hadiyanta.com (blogger, biker, father, engineer)

Tinggalkan Balasan

