Musim 2011 Dimulai Free Practice 1-3 Top Speed Masih Ducati VS Honda, Yamaha VS Suzuki

Standar

MotoGP musim 2011 yang begitu dinantikan kini telah dimulai, Seri perdana masih sama dengan tahun sebelumnya yang diselenggarakan di Qatar. Seri Qatar yang diselenggarakan di malam hari menjadikannya sangat spesial bagi para pembalap, team dan penyelenggara motoGP, di Indonesia sendiri akan disiarkan secara langsung di stasiun TV Trans7 jan 1:00 WIB hari senin 21 Maret 2011.
Setelah masa Free Practice (FP) I, II dan ke III, memberikan gambaran hasil kerja keras tiap tim dan pabrikan. Secara lap time terlihat pengguna motor honda memperoleh kemajuan paling pesat dibanding tahun lalu, tim pabrikan honda begitu superior dan tim satelit honda bisa bersaing di barisan depan. Kali ini saya ingin menyoroti tentang raihan top speed dari 4 pabrikan yang ikut di ajang balap motor paling bergengsi ini yaitu Honda, Yamaha, Ducati dan Suzuki. Sejak era 800cc dimulai tahun 2007, Ducati menjadi motor paling ditakuti di trek lurus, baik tim pabrikan maupun satelit Ducati dengan mudahnya mendahului motor lain di trek lurus. Tahun 2010 lalu Honda telah berhasil mengembangkan performa mesin hingga bisa bersaing dengan Ducati bahkan dengan pengendara paling enteng di motogp, Pedrosa mampu membawa RCV211 mengungguli Ducati.
Di awal musim 2011 ini terlihat terjadi persaingan ketat antara Ducati VS Honda sedangkan Yamaha bersaing ketat denan Suzuki. Selama FP di sirkuit Qatar tercatat Hector Barbera bersama Mapfre Aspar Team dengan Ducatinya mampu menorehkan angka 327.7 km/jam, tim pabrikan Ducati sendiri melalui Valentino Rossi dan Nicky Hayden secara konsisten di angka 319 – 321 km/jam. Tim Repsol Honda melalui 3 pembalapnya menorehkan top speed 320 – 323 km/jam sedangkan tim satelitnya seperti simonceli berkutat dibawah 320 km/jam. Kedua produsen motor ini tampak asik bersaing dengan meninggalkan cukup jauh dari 2 pesaing lainnya, Yamaha dan Suzuki. Yamaha dan Suzuki juga bersaing dengan ketat, motor – motor dari kedua pabrikan ini hanya mampu mencatatkan top speed 316 – 319 km/jam. Sebenarnya Colin Edward pernah bisa mencapai 321 km/jam tapi hal itu cuma bisa dia lakukan di FP I saja, selebihnya selalu dibawah 320 km/jam.
Bandingkan antara Ducati/Honda dan Yamaha/Suzuki, top speed mereka rata – rata berbeda 5 km/jam sedangkan jika dibanding dengan Hector Barbera yang menjadi tercepat bisa berselisih 10 km/jam. Diantara Yamaha dan Suzuki, terlihat Yamaha masih bisa meminimalkan kekurangan power mesin dengan kelebihan di hal lainnya, hal ini bisa dilihat dari lap time yang diperoleh pembalap Yamaha mampu mengungguli para pembalap Ducati dan menempel para punggawa Honda. Suzuki tampaknya selain kekurangan power mesin juga kekurangan dalam pengendalian motor, dimana Alvaro Bautista karena berusaha lebih cepat namun justru jatuh dan sangat disayangkan karena harus absen di seri perdana ini.
Kita tunggu saja apakah di balapan nanti masing – masing tim mampu memaksimalkan keunggulan yang dimiliki atau malah terlena dengan keunggulan sehingga mampu dikalahkan lawan.

One response »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s