Program Bantu Undian

Standar

Survey berhadiah, pembagian dorprize atau undian berhadiah sering dilakukan banyak pihak untuk mencapai sebuah tujuan dengan lebih mudah. Survey, dorprize atau undian bagi member loyal akan lebih menarik banyak peserta dengan iming-iming hadiah, semakin besar hadiah maka semakin besar minat calon peserta untuk mengikuti kuis tersebut.
Kolom survey berhadiah yang terakhir adalah survey yang dilakukan oleh bro Taufik mengenai kepuasan pelanggan sepeda motor, bro Taufik menyediakan beberapa hadiah berupa Helm, Jaket dan Sarung tangan. Hadiah tersebut cukup menarik banyak peserta sehingga tujuan mas taufik untuk memperoleh responden semakin mudah. Mengenai cara pegundian sepertinya beberapa waktu yang lalu mas Taufik masih memikirkannya dan kali ini saya coba menawarkan sedikit bantuan yang mungkin bisa bermanfaat.
Hari ini saya coba buatkan aplikasi kecil untuk membantu siapa saja yang ingin mengadakan undian berhadiah. Aplikas ini hanya membantu kita untuk menentukan sebuah angka secara acak dengan batasan yang bisa ditentukan penggunanya. Misalkan anda memiliki daftar peserta sebanyak 1000 peserta maka tinggal isikan kolom batas dengan angka 1000 maka program akan melakukan acak angka dari 0-1000.
Aplikasi ini juga bisa dihubungkan dengan database berbasis MySQL, anda tinggal mengisikan letak, nama database dan table, username dan password maka program ini bisa melakukan pengacakan angka sesuai jumlah record pada table ang anda tentukan.
Program ini berupa file exe dan bisa berjalan di sistem operasi windows. Namun demikian aplikasi ini mungkin sangat sederhana karena belum saya beri fasilitas untuk cetak pemenang atau export data pemenang ke excel. Program Bantu Undian ini tidak merubah database, jika program ditutup maka data pemenang yang telah diundi sebelumnya tidak akan tercatat jadi pastikan anda mencatat sendiri secara manual nomor-nomor yang keluar sebagai pemenang.
Jika ada yang ingin mencobanya akan saya kirimkan via email.

*Hostname= isi localhost jika database ada di lokal komputer, jika komputer di jaringan bisa disi dengan IP Address

Petunjuk:
A. Undi record database
– isi kolom hostname, nama database, username, password dan nama table
– tekan tombol conect
– tekan tombol “Start Random Record”
– setelah dianggap cukup tekan tombol “Stop”
– tekan tombol “Add to Winner List” maka nomor dan isi field pertama akan masuk ke kolom pemenang
– jika sudah terlanjur masuk daftar namun ingin dibatalkan maka bisa klik nomor dalam daftar dan tekan tombol “Removed from List”
– Jika anda klik salah satu nomor dalam List maka otomatis data table yang diatas akan menunjuk record yang sesuai.


B.Undi Nomor dengan Batasan Tertentu
– pastikan disconect dengan database
– isikan kolom batas
– tekan tombol “Start Random Number”
– setelah dianggap cukup bisa tekan tombol “Stop”
– tekan tombol “Add to Winner List” maka nomor dan isi field pertama akan masuk ke kolom pemenang
– jika sudah terlanjur masuk daftar namun ingin dibatalkan maka bisa klik nomor dalam daftar dan tekan tombol “Removed from List”

Iklan

80 responses »

  1. Saya Butuh Program Bantu Undiannya Om, Kebetulan sebelum tahun baru saya ada rencana mau ngundi program Undian Berhadiah untuk setiap pembelian Pulsa

  2. Pak yo…trims dah kirim programnya…bagus buanget. kalo gk pak yo…klo di beri record axcelnya…biar gk capek tangan q pak yo…he he….Tanya jg…klo di kosongin hostname dll….apa bisa jalan programnya…trims bunget pal yo ….q tunggu program revisi yang Ada record axcel nya….lg butuh banget….wqktunya jg kurang seminggu undiannya….
    Matur nuwun

  3. Mas kalau program seperti ini bisa ga diprogram ketika dikocok akan keluar sesuai dengan yang diinginkan siprogramer, karna dalam bidang saya sekarang selalu berurusan dengn pengundian seperti ini, saya ingin tahu saja apakah bisa.makasih mas

  4. terima kasih sebelumnya.
    Tetapi bisa saya menanyakan beberapa hal :
    1. Data yang diinput adalah Nomor saya pakai 10 digit, nama, telp, Alamat, Jenis hadiah dan foto hadiah.
    2. Jumlah point : point terbagi menjadi 3 yaitu point A, B dan C tetapi tidak nampak waktu pengundian. contoh point A antara 1-30, B antara 31-60 dan C antara 61 sampai tak terbatas.
    Nomor yang mempunyai point A hanya bisa di undi di point A (secara sistem tetapi tidak nampak), Point B bisa mengikuti undian Point A dan B, dan Point C : bisa mengikuti undian Point A,B dan C.
    3. Apabila sudah dapat hadiah maka tidak dapat kesempatan di hadiah yang sama. Contoh Point C mendapatkan hadiah di undian A maka dia tidak bisa mendapatkan lagi di hadiah A tetapi masih bisa mendapatkan hadiah di B dan C
    Terima kasih mohon bantuannya.
    Email : ynnrny@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s