Review II Vega ZR Paling Enak Kecepatan 60-90 km/jam

Standar

Review I telah saya publish bulan lalu, kini saya akan publish kelanjutannya. Saat Review I keadaan motor masih dalam masa inreyen dengan km di bawah 500. Km motor di bawah 500 berdasar buku petunjuk dianjurkan maksimum 1/2 putaran gas maka di review II ini km motor telah mencapai 700an. Seperti sebelumnya motor saya gunakan untuk berangkat dan pulang kerja, kota-kota bersama pasangan, yang beda kali ini saya coba juga untuk perjalanan luar kota walau tidak terlalu jauh, hanya berjarak sektar 50 km tepatnya dari daerah kalasan menuju kota wates.
Dalam 2 hari saya gunakan untuk dalam kota ternyata tiba waktunya untuk isi bahan bakar. Saat pengisian ini tercatat km motor menunjuk anka 810 dan untuk memenuhi tangki dengan premium dibutuhkan Rp.16.920 atau 3,76 liter. Karena sudah diatas 800 m maka saya berani memutar gas sampai kira-kira 3/4 putaran dengan kecepatan max 85 km/jam dan berkendarasendiri sedangkan saat berboncengan biasanya saya bermain disekitar 60-75 km/jam. Kesan yang saya rasakan pada review II ini Vega ZR ternyata tenaga di putaran menengah terasa lebih nendang, sat putaran gas melewati 1/2nya tarikan mete jadi lebih enteng, terutama di posisi gigi 3.
2 hari kemudian km motor telah mencapai 950 dan karena saya tidak punya waktu ke bengkel maka ortu yang membawa Vega ZR ke bengkel resmi Yamaha untuk service pertama dan ganti oli tentunya. Satu hari berikutnya saya kembali menggunakan Vega ZR untuk sarana mengais rejeki namun saat manasin mesin terlihat indikator BBM sudah menunjuk huruf F, Ooo… ternyata ortu sudah mengisi dengan Rp.10.000 premium. Hal yang membuat saya senang adalah angka km 990an berarti tidak lama lagi sudah bisa geber habis nih, he.he.he…
Vega ZR berhasil saja ajak lari hingga sekitar 105 km/jam , hal yang baru saya sadarai ternyata jalanan di Jogja sudah lumayan padat, baru gas pol sebentar sudah harus lepas gas bahkan harus injak rem, kecepatan 105 km/jam bisa diraih dengan relatif mudah namun sayang sampai sekarang belum juga berkesempatan mengukur top speed yang sesungguhnya, saya perkirakan jika track cukup panjang Vega ZR bisa mencapai 110 km/jam. Saat bermain di rpm tinggi ini terasa tenaga paling nendang terasa di kecepatan 70-90 km/jam dengan gigi 3, sedangkan gigi 4 tenaga keluar di kecepatan 80-100 km jam.
Dalam beberapa hari saya selalu gunakan Vega ZR dengan rpm relatif tinggi dan tiba waktunya untuk kembali isi BBM saya mampir ke SPBU yang sama pada waktu saya terakhir isi premium, kembali saya minta isi penuh tangki BBM dengan premium dan di nota tertulis Rp.15.705, dan km motor menunjuk angka 1113.
1113 – 810 = 303 km
Rp.10.000 + Rp. 15.705 = Rp.25.705
Rp.25.705 / 4500 = 5,7 liter
303 km / 5,7 liter = 53,1 km/lt

Cukup irit, melihat 200 km main rpm menengah, dan 100 km terakhir saya banyak main rpm tinggi.
Dari review I dan II bisa disimpulkan produk Yamaha yang di banderol Rp.12 juta ini:
– Tampilan family look
– untuk dalam kota enak untuk liak-liuk tapi karena motor relatif ringan jadinya untuk luar kota gampang limbung kena angin.
– posisi rider santai, tidak bergaya sporty
– tenaga Vega ZR muncul di rpm menengah atas (paling enak main di kecepatan 60 – 90 km/jam
– Konsumsi BBM 50 – 60 km/lt tergantung cara riding

29 responses »

  1. masak sih mas bisa sampai 105 kpj saya juga pernah punya vega zr 2010 sekarang pemilik xeon. vega zr setau saya max cuma 97 kpj. 100 kpj pokoknya gak kuat. klo bbmnya 1/50 mungkin saya percaya, punya saya dulu klo disetel irit bisa tembus 1/65, namun normalnya 1/50an
    gigi 1 0 – 40 kpj
    gigi 2 40 -80 kpj
    gigi 3 80 – 90 kpj
    gigi 4 90 -97 kpj (mungkin terhalang limiter)
    ini pengalaman riil aku
    BBm rumah saya bojonegoro jatim saya kendarai ke surabaya dengan jarak kurang lebih 100 km hanya butuh bensin Rp10 rb atau 2,2 ltr

    • setahu saya performa motor juga tergantung dari perlakuan motor waktu inreyen, jadi tiap motor bisa berbeda.
      selain itu kalau boleh tahu beban untuk motor berapa tuh? kalau waktu saya uji coba, motor cuma bawa beban sekitar 57kg.

    • skedar tambahan selain perlakuan wktu msih bru.
      ada juga hal yg hrus diketahui klo ingin top speed Yamaha bisa kenceng. yaitu cara bawanya :

      – harus pinter-pinter ngegasny, jangan bejek full langsung, usahakan jangan lebih dri 3/4. karna jarak main gas motor2 yamaha relatif pendek2(” harus di urut”)
      – pindah gigi jangan di sentak/terlalu cepat karna kopling bkal slip sperti ditahan setengah.

      itu sih sdikit pngalamanku, dulu aku jga punya jupiterZ 2003 bawanya asal sentak, hasilnya 95kpj sulit naik, tpi setelah cara bawanya agak nyantai ternyata JupiterZ 2003 ku bisa lari 110Kpj bahkan bisa lebih tpi karna kasihan sama mesin jadi kendurin nyali. hehehe………..

      rahasianya cuma di gas dan perpindahan gigi sih & diusahain pindah gigi jangan ampe slip koplingnya.

    • mungkin waktu masih barunya jarang dipake topspeed kali ya.. ane punya motor masih baru langsung tak tes speed nya mentok2 120..hehehe..itupun pas..rada takut juga seh..jebol pa kaga neh motor,tapi emang enteng banget tarikan vega zr.. katanya seh klo motor masih baru tes kecepatanya untuk liat kondisi motor, bunyi pa kaga..

  2. kok kalo punya Q
    gigi 1 = 0 – 20 kpj
    gigi 2 = 20 -40 kpj
    gigi 3 = 40 – 60 kpj
    gigi 4 = 60 -90 kpj (itu aja udah poll gasnya)
    apa yang aneh yah ???
    mohon masukanyaa…
    tengkiyu..

  3. masbro…kalo pake vega zr itu gear 1 bisa nyampe 40kph, gpp kah ? soalnya kl saya pake seh kecepatan 40kph saya set gear 3…

    • kecepatan segitu hanya jika anda ingin melakukan akselerasi maksimum, misal dari berhenti dan anda ingin mencapai top speed secepatnya maka gigi 1 bisa digunakan hingga kecepatan 40 km/jam, namun jika hanya ingin jalan stabil di kecepatan 40 km/jam tentunya itu tidak baik untuk mesin, gigi 3 itu sudah pas. gitu bro…

      • jadi, untuk tiap gear, gear berapa untuk kecepatan berapa ya sebaiknya ?
        untuk jalanan datar, saya kebanyakan main di gear 3 dan 4, kl dari stop masuk langsung gear 2, gear 3 kalo jalan pelan, gear 4 waktu jalan diatas 50kph, apakah tidak berpengaruh pada mesin atau konsumsi bensin ? maklum, habis pake matic, kaget pas pake motor manual.

  4. Klo ane vega zr thn 2010 Des,
    masalah yang agak mengganggu menurut ane sih pas belokan tajam, tes malang kediri lewat gunung pujon agak limbung pas belok
    walhasil ganti per shock depan milik supra potong 5 cm, belokan tajam jalan gunung stabil.

    top speed tercatat 115 – 117 kpj, (jalan raya probolinggo) sendirian
    top speed bonceng 110 (isi pertamax)

    sing menggangu banget masih masalah jadul, rantai cepet kendur..
    pengen ganti gear belakang 38 juga apa ada solusi punya motor apa yang bisa dipake???

Tinggalkan Balasan

