CBR 250R Bukti Keseriusan Honda Pada Pasar Indonesia

Standar


Dari tahun ke tahun pertumbuhan pasar sepeda motor di tanah air begitu besar namun demikian hingga saat ini pasar motor terbesar dunia masih dipegang Cina, India dan Indonesia menjadi yang ketiga.
Diantara ketiga negara penyerap pasar motor terbesar tersebut ada negara yang begitu unik yaitu India. Pasar India begitu uniknya karena dari motor yang terjual sebesar 12,7 juta unit hampir semuanya merupakan motor batangan alias motor sport. Tidak seperti produsen di Indonesia, setiap produsen di India memiliki banyak variant motor sport, dari 100cc hingga motor besar 1000cc bisa didapatkan di India. Hampir tiap produk baru motor sport selalu dipasarkan di India dan belakangan beberapa merk Eropa juga mulai berinvansi pasar ke india.
Karena pasarnya yang unik tersebut maka belakangan ini produk India menjadi acuan beberapa produk terbaru motor sport terutama untuk kelas 200cc ke bawah. Motor sport 100 – 200cc, mau yang bentuknya jadul bin wagu sampai yang macho dan sporty, semua ada di India. Produk terakhir yang menghebohkan pasar adalah Honda CBR250R, produk ini kini sudah masuk di India dan juga di Indonesia. Masukknya CBR250R di 2 negara ini menarik perhatian saya, karena adanya beberapa hal yang mengandung tanya.
Sesaat setelah CBR dikenalkan dan diluncurkan di Thailand sebagai pusat produksi Asia maka segera ada berita akan dimasukkan CBR250R di India sebagai pemuas banyaknya pecinta motor sport di sana. Hebohnya berita di berbagai media India berkaitan CBR dan tanggapan positif mayoritas bikers India membuat pesaing Honda di India bereaksi, seperti Yamaha dengan spyshot New R15 dan Bajaj dengan Pulsar 250.
Pada awalnya CBR250R akan diluncurkan di India bulan April 2011 namun karena gencarnya reaksi kompetitor terutama Yamaha, Honda mengubah strategi pemasaran. Saat ada rumor New R15 akan meluncur akhir Januari 2011 tiba-tiba HMSI membuka inden CBR250R walau unit tetap akan didistribusikan bulan April. Pada Akhirnya ternyata Yamaha India batal meluncurkan New R15 karena ada ketidaksiapan sparepart tertentu dan akan ditunda hingga bulan Maret 2011. Entah kebetulan atau tidak tapi beberapa hari yang lalu Honda India secara resmi meluncurkan CBR250R, namun lagi-lagi unit motor masih tunggu akhir bulan April.
Sesuatu yang menjadi pertanyaan bagi saya: mengapa harus menunggu akhir april ya? padahal hampir pasti pasar di India akan lebih baik dari Indonesia. Hal yang agak mengejutkan ternyata di Indonesia…. Gluduk… CBR250R diluncurkan bahkan unitnya langsung didistribusikan di berbagai daerah termasuk saat ini menurut salah satu dealer di jogja sudah mengantarkan beberapa unit ke konsumen. Bisa dibayangkan kekesalan pelanggan di India sono, sudah inden sejak januari tapi unit masih dalam bentuk JANJI, h.h.h.h…
Melihat hal ini saya menilai AHM sangat serius menggarap pasar motor sport dan merebut mahkota juara dari tangan YMKI. Disini saya rasa Honda pusat punya andil, mereka tahu jika AHM menjadi cabang yang lebih membutuhkan perhatian daripada HMSI. Pasar Indonesia menjadi krusial bagi Honda global bukan karena menjadi pasar terbesar tetapi karena menjadi pasar terbesar sang kompetitor utama. Mengalahkan kompetitor di pusat kekuatan akan merobohkan di bagian lainnya, maka dari itu mengalahkan YMKI menjadi hal utama bagi Honda Global dan mendahulukan CBR250R untuk Indonesia daripada untuk India menjadi salah satu buktinya.

6 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s