Penjualan Motor di India 3 Bulan Pertama 2011

Standar

Perkembangan pasar sepeda motor di Negeri Sari cukup menarik untuk diperhatikan, disana ada 4 produsen besar yang menguasai pasar yaitu Hero Honda, Bajaj, TVS dan HMSI. Hingga akhir bulan Maret 2011 terlihat penguasaan Hero Honda semakin besar, dari januari-maret grafik penjualan selalu meningkat sedangkan kompetitor paling dekat, Bajaj, justru dari januari-maret selalu menurun. Hero Honda di bulan maret berhasil mengukir rekor penjualan tertinggi selama mereka terjun di bisnis ini, bulan maret tercatat 515.852 unit mengungguli rekor yang dicetak sebelumnya sebesar 505.553 unit di bulan Oktober 2010.
Raihan Hero honda ini semakin menguatkan penguasaan pasar dari 40,7% di Januari, 41% di Februari dan menjadi 43 % di bulan Maret 2011. Bertolak belakang dengan Hero Honda, Bajaj justru semakin menurun, 27,3% di Januari, 24,9% di Februari dan bulan maret menjadi 23% saja. Menurunnya prestasi penjualan Bajaj ini membuatnya semakin tertinggal dari Hero Honda dan semakin dekat dari TVS maupun HMSI yang bersaing ketat. TVS walau sedikit namun secara konstan selalu mencatatkan kenaikan, Bulan maret ini TVS berhasil menjual produknya sebanyak 186.781 unit, berselisih 90 ribuan dari Bajaj dimana bulan-bulan sebelumnya selalu berselisih lebih dari 100 ribu unit. Dari sisi presentase pasar, TVS juga mengalami pertumbuhan 1% tiap bulanya, dari 14% di januari menjadi 16% di bulan maret.
Pabrikan Honda yang di India diwakili oleh HMSI  dari segi jumlah juga selalu menunjukkan hal yang positif. Awal tahun 2011 HMSI tercatat menjual 129 ribu, meningkat di bulan Februari menjadi 145 ribu, dan bulan maret mencapai 147.301 unit.
Selain 4 produsen besar diatas masih ada 3 produsen lainnya yaitu Yamaha, Suzuki dan Mahindra. Persaingan ketat terjadi antara Yamaha dan Suzuki, dimulai dari keunggulan Suzuki di bulan Januari dengan 1 unit saja dilanjutkan dengan keunggulan Yamaha di bulan Februari dan kini di bulan Maret Yamaha kembali menunjukkan peningkatan sekitar 10% menjadi 36.768 unit. Setelah turun sedikit di bulan februari lalu, pasar Suzuki kembali menurun di bulan maret menjadi 27.361 unit. Produsen terakhir yang ikut bersaing di India ada Mahindra yang bulan maret lalu berhasil menjual 12.771 unit motornya.
Walau ada beberapa yang turun dibandingkan bulan-bulan sebelumnya namun ternyata semua produsen berhasil meningkatkan penjualan jika dibanding bulan yang sama tahun 2010. Tercatat di 3 bulan pertama 2010 pasar motor India hanya 2,8 juta unit sedangkan tahun ini mencapai 3,5 juta unit.

4 responses »

    • Hero merupakan brand tersendiri yang dalam hal ini bekerja sama dengan Honda dan Honda sebagai pemasok mesin, jadi Hero Honda tidak dibawah Honda Corporate Jepang, Hero dan Honda saat ini dalam tahap proses pemisahan dan mulai 2014merk Hero akan berdiri sendiri.
      Honda Motorcycle and Scooter India (HMSI) merupakan ATPM Resmi dibawah Honda Corporate Jepang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s