Nyalakan Lampu dikemacetan dan Saat Membelakangi Matahari

Standar

Menyalakan lampu utama sepeda motor disiang hari, pada awalnya saya termasuk orang yang menganggap itu aturan konyol dan merugikan pengendara motor, namun dengan berjalannya waktu saya mulai merasakan dan mengerti kegunaan aturan tersebut.
Secara umum saya setuju dengan peraturan ini namun juga tidak sepenuhnya, dalam artian secara implementasi di lapangan saya sesuaikan dengan keadaan. kapan saja saya nyalakan lampu motor disiang hari, berikut yang telah saya lakukan:
1. Saat mendung gelap (sudah sejak belum ada UU)
2. Saat Hujan (sudah sejak belum ada UU)
3. Saat jalanan macet (setelah ada UU)
4. saat membelakangi matahari (setelah ada UU)
5. jika di depan terlihat ada operasi oleh kepolisian, he.he.he…
Poin no 3 dan 4 saya lakukan karena saya merasakan manfaatya secara langsung, saat di kemacetan maka akan lebih PD untuk selap-selip diantara kendaraan lain. Saya juga merasakan lebih mudah melihat kendaraan dengan lampu menyala di belakang saya melalui spion, sehingga saya juga beranggapan orang di depan saya juga merasakan hal yang sama terhadap saya.
Karena saya berangkat kerja sekitar pukul 8 – 9 pagi dan kebetulan secara umum mengarah ke arah barat maka saya berada di posisi membelakangi matahari. Hal yang sama saya rasakan seperti disaat berkendara dalam kemacetan, saya lebih mudah melihat kendaraan di belakang jika mereka menyalakan lampu, sehingga saya kembali beranggapan orang lain juga mengalami hal sama dengan saya.
Selain lebih mudah terlihat pengendara lain lewat kaca spion ternyata menyalakan lampu saat membelakangi matahari juga sangat berguna bagi pengendara dari arah berlawanan. Mereka yang berkendara ke arah matahari akan merasa silau sehingga keadaan di depan jadi tidak jauh berbeda dengan keadaan gelap. Karena cahaya matahari yang begitu terang dan mengarah ke mata maka kita akan kesulitan melihat pengguna jalan lainnya yang berada di depan terutama kendaraan dari arah berlawanan.
Berkendara menuju arah matahari menurut saya tidak perlu menyalakan lampu motor, karena anda dengan mudah terlihat dari kaca spion dan dari arah berlawanan. disamping itu kalau menyalakan lampu saat mengarah matahari dipastikan lampu motor akan lebih panas dan hal itu bisa memperpendek umur bohlam motor anda. Saya sendiri dulu saat coba nyalakan lampu terus menerus selalu ganti bohlam sekitar 3-4 bulan sekali. rasanya menyebalkan bro… h.h.h.h..
So, bagaimana dengan kalian semua, silahkan share pengalamannya disini, monggo….

3 responses »

  1. saya menyalakan lampu kalau terlihat ada razia polisi seperti di point 5 hahaah,tidak ada gunanya waktu nyala di siang hari dan membuat bohlam cepet rusak…salam 🙂

Tinggalkan Balasan

