Honda CS1 Harus Berubah Tampang atau Image??

Standar

Produk Honda yang satu ini memang menjadi perhatian banyak orang karena kepribadiannya yang unik (unik apa gak jelas ya? h.h.h…). Honda CS-1 diluncurkan AHM dengan mengusung kelas baru, bukan bebek dan bukan motor sport melainkan City Sport. Bermodal mesin tegak generasi dari Honda Sonic 125cc, CS-1 mampu memberikan performa yang cukup tinggi, bahkan ada beberapa yang mengaku sanggup bersaing dengan motor sport 150-160cc. Meski memiliki nama dengan embel-embel sport namun dari sisi ergonomi tetap nyaman dengan posisi stang tinggi ciri khas motor honda. Seperti kita ketahui saat ini Honda selalu mengedepankan kenyamanan berkendara khususnya untuk segmen menengah bawah, dari revo sampai yang terakhir CBR250R yang menyandang gelar motor sport sekalipun, posisi pengendara tetap nyantai.
Dari sisi performa, handling dan jaminan aftersales tidak ada masalah dengan CS-1 ini namun sayang hal itu tidak cukup untuk menarik banyak konsumen. Penjualan CS-1 hanya bermain di angka 1-2 ribuan, ratusan atau puluhan unit dalam 1 bulan bahkan pada 2010 pernah tidak ada penjualan sama sekali dalam 1 bulan. Kegagalan penjualan ini diperkirakan oleh banyak pengamat karena desainnya yang kurang bisa diterima masyarakat pada umumnya. Bentuk bagian depan motor yang tampak over size menjadikannya kurang proporsional dengan bagian belakangnya. Dari sekian banyak komentar yang saya baca maupun pendapat orang disekitar saya selalu menyoroti desain CS-1 bagian depan, sampai-sampai ada yang menjuluki sebagai motor hydrocephalus.
Selain dari sisi desain, banyak juga yang menyoroti dari sisi harga yang relatif mahal. Tidak bisa dipungkiri bahwa 2 hal ini menjadi bahan pertimbangan yang sangat penting bagi calon konsumen dalam menentukan motor pilihannya. Kapasitas mesin yang hanya 125cc dan mesin generasi sonic yang tidak bisa dikatakan baru membuat orang berpandangan seharusnya harga bisa ditekan. Kedua faktor penjegal CS-1 dipasaran tersebut begitu kuat melekat di benak kalangan umum sehingga CS-1 terkenal dengan motor aneh dan mahal.
Satu hal yang jadi pertanyaan di benak saya, sebenarnya itu memang benar adaya atau hanya Image saja? Bentuk aneh itu karena jelek atau karena belum biasa? karena rupa yang tidak biasa dilihat memang kadang dianggap aneh. Seperti Alien yang datang ke bumi akan disebut aneh, sebaliknya jika manusia ke dunia mereka mungkin bisa juga disebut aneh.
Jika itu memang hanya Image, maka yang harus dilakukan AHM adalah mengubah image tersebut. Jika bentuk CS-1 itu beneran aneh maka yang harus dilakukan AHM adalah mengubah desainnya. Untuk mengubah image AHM bisa dengan memberikan “teman” atau “saudara” bagi CS-1 dan paling cocok tentunya Honda Crossrunner, moge 800cc ini bentuknya secara sepintas sangat mirip dengan CS-1 dan cocok dijadikan “kakak”. Konsumen moge relatif lebih memperhatikan spesifikasi, performa dan keunggulan lain diluar tampilan, sehingga jika Crossrunner ini mulai terlihat di lingkungan sekitar akan membuat CS-1 tidak begitu aneh lagi.
Begitu pula dari sisi harga CS-1 (Rp.17.190.000) yang terkesan mahal dapat diatasi dengan menggencarkan promosi yang mengenalkan kelebihan CS-1 dari sisi mesin. Tunjukkan keunggulan teknologi CS-1 dibanding kompetitor kepada masyarakat umum, tonjolkan semua keunggulan sampai konsumen mengesampingkan desain yang belum biasa tersebut.
So,.. bagaimana menurut anda semua, CS-1 perlu berubah bentuk atau berubah image?

Iklan

13 responses »

  1. seharusnya di iklan cs1 dijelaskan :
    mesin bertenaga 12,8dk melebihi rival dan mampu berkitir 10000rpm
    tachometer
    irit bisa dan bertenaga iya

    sekarang sih AHM seakan setengah2 mengiklankan,,malah tidak ada lagi,,tapi lebih mengiklankan blade/revo hehe

  2. klo menurut saya sih (yg ngidam ni motor/mikir 2x) kemahalan buat motor 125 cc, klo harga dikisaran 14jt mah wah bakalan laku bak kacang goreng

  3. setuju sama yang di atas, iklannya kurang menunjukkan kelebihan motornya..misalnya tenaganya bejaban sama yang 150 cc, atau motor ternyaman untuk riding dalam kota (sesuai namanya), atau yang lainnya misalnya.. cuma bilang motor sepesies baru saja ga cukup.. atau di analogikan (atau apa namanya yah) dengan motor yang diturunkannya misalnya dari honda varadero, atau crossrunner atau yg lainnya..

    yang dibenak orang2 umum ya motor jenis baru yang ga masuk design nya + harga mahal + cc kecil pulak..

  4. iklannya agak kurang nih… mesin sih oke model jga oke (cma buat orang tertentu). Nah kan 2010 lalu gak ada penjualan sma skali diakibatkan karena stop produksi smentara ya ?? (la wong tmen ane inden ampe 3bln 2010 lalu kta dielernya sih stop smentara)

  5. klo menurut w cs1 beda dari yg laen,sebab dari bentuk hingga perfoma mesin dapat menyamai 150cc,,cc boleh 125 tp lariNy beda dari bebek kebanyakan,,,dari segi tampilan sangat beda dari bebek pada umumNya,,bayangkan dari motor sport ke bebek kesimpulan w sie lebih mirip motor dakar,,,saran w sie isi bensin jangan buka jok,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s