MAK, Merk Motor Baru dari Kalasan

Standar

Berawal dari bisnis peralatan rumah sakit di tahun 1988 kemudian pimpinan perusahaan berpikiran untuk mengembangkan bisnis di dunia otomotif dengan modal pengalaman pengolahan barang berbahan plastik. Dimulai tahun 2004, Bpk Hilman Pratama memulai penelitian dan riset lebih jauh soal motor, baik soal mesin maupun body dan rangkanya. Karena daerah untuk penelitian hingga produksinya dilakukan di Kalasan Sleman Yogyakarta maka perusahaan ini memilih nama Mega Andalan Kalasan (MAK).
Langkah besar dilakukan di tahun 2009 dimana sebanyak 400 unit motor dibagikan kepada karyawannya supaya dilakukan uji jalan sehari-hari. Setiap karyawan wajib menggunakan dan memberi masukkan kepada perusahaan mengenai motor yang secara tampilan sangat mirip dengan Honda SupraX 125 ini. Selain itu juga dilakukan tes jalan jarak jauh dengan rute bali-jakarta non stop dan motor tidak mengalami masalah, demikian penuturan dari Bpk Adrian yang menjadi marketing MAK. Beliau juga mengatakan bahwa motor ini sudah 70% bahan dari lokal, selebihnya khususnya bagian mesin dari RRC.
Setelah melakukan uji jalan oleh semua karyawan dan dilakukan pengembangan sesuai hasil uji coba, akhirnya di bulan juli 2010 muncullah merk motor baru di Yogyakarta bagian timur ini dengan nama MAK ViprosX 100 dan ViprosX 125. Kedua motor ini diproduksi di pabrik yang berlokasi di piyungan Prambanan yang menempati lahan seluas 9 hektar dengan kemampuan produksi maksimum 10 unit/hari.  Sedangkan untuk melayani konsumen ada di Jl Solo Km 13 Tirtomartani Kalasan Sleman Yogyakarta. Yang sangat fanastis, ternyata hingga April 2011 telah terjual 700 unit, berarti rata-rata terjual 70 unit perbulan. Setelah melakukan penjualan ke masyarakat umum, beberapa konsumen mengatakan bahwa ViprosX memiliki keunggulan pada tenaga mesin di tanjakan, pada posisi gigi yang sama mampu mengungguli motor produksi jepang saat di jalan menanjak.

17 responses »

    • memang dari RRC tapi penelitian dan pengembangan dilakukan di Indonesia, serta disesuaikan dengan lingkungan lokal. jadi tidak bawa teknologi dari RRC secara mentah-mentah kok..

    • kalo contoh tuk tes ride tidak ada, di standnya cuma bisa coba nyalain mesin aja. mungkin kalau di showroomnya ada kali ya, soalnya disana ada area safety riding course nya.

  1. Step by step.. Alih teknologi.,tp sayang alih teknologinya dr RRc.. Yg penting untuk bisa bertahan & bersaing kuncinya Utamakan kwalitas,marketing langkah selanjutnya..

  2. kemarin tetangga yg dari pathuk gn.kidul cerita bahwasanya kangmase yg kerja di sebuah pabrik alat perusahaan di jogja katanya mau diangkat jadi karyawan tetap,,tapi syaratnya ya itu..harus beli motor china.berarti motornya yg ini to?

  3. garansi brp taun dan harganya brp gan? ane lg nyari2 mtr yg pas dg kantong ane.. bs kredit jg gak? pengin nyobain produk lokal tp yg tangguh.:-)

  4. ooo…kirain eMAKnya siapa??

    btw sekarang banyak ya produksi motor2 kayak ginian di Jateng dan Jogja…
    dulu di Jogja kan ada DaiHeiyo…katanya produksi lokal juga…

  5. Ping-balik: MAK Juga Beri Garansi 3 Tahun | PakYo Blog

  6. Ping-balik: MAK Juga Beri Garansi 3 Tahun | Otoarea.com

  7. kenapa juga desainnya mesti nembak desain supra kok g bikin desain sendiri klo gituapa bedanya dgn mtr cina yg dulu2 agak kreatif dikitlah biar yg make g malu sejelek apapun klo desain sendiri lbh membanggakan trms

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s