Biosolar, Dari Minyak Jelantah Jadi Campuran Solar

Standar

Bukti kreatifitas anak bangsa semakin berkembang dan tidak kalah dengan anak luar negeri  dengan adanya Biosolar ini. Biosolar dibuat dari bahan dasar minyak jelantah (bekas), direaksikan dengan metanol dan NaOH di suhu 60 oC menjadi Metanol Hidroksida. Penelitian ini dilakukan oleh salah satu guru kimia SMKN 2 Depok Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan nama STM Pembangunan Yogyakarta dibantu oleh beberapa muridnya. Menurut 3 siswi SMKN2 Depok yang saya temui mengatakan bahwa penelitian biosolar ini juga merupakan upaya sang guru untuk menyelesaikan pendidikan S3 di Universitas Gajah Mada Yogyakarta dengan melibatkan anak didiknya.
Berdasar keterangan Siti, Diah dan Maryuani, sebagai siswi SMKN2 jurusan kimia, mereka praktek untuk melakukan berbagai penelitian untuk menemukan hal baru dan salah satunya adalah Biosolar ini. Untuk pemakaian Biosolar sendiri adalah dengan mencampurkannya dengan BBM (Solar) dengan perbandingan 9:1, 9 Solar dan 1 Biosolar. Untuk semantara ini mereka baru mengembangkan untuk campuran solar, namun untuk kedepannya bukan tidak mungkin akan dikembangkan lebih lanjut untuk jenis BBM lainnya.
Di SMKN2 Depok ini juga terkadang melakukan penelitian dengan bekerja sama dengan siswa jurusan lain, salah satunya adalah Box Cleaner of Emission yang beberapa waktu yang lalu pernah saya tulis.

2 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s