Pilih Motor Listrik Atau Bensin Atau Pilih Keduanya?

Standar

Sepeda Motor dengan sumber tenaga listrik dan hasil pembakaran BBM memiliki kelebihan serta kekurangan sendiri-sendiri. Bagi yang ingin hemat dan ramah lingkungan tentunya lebih tepat menggunakan motor listrik, namun jika ingin lebih cepat atau jalan jarak jauh tentunya lebih pas menggunakan motor dengan BBM. Sebagai sarana pengembangan ilmu pengetahuannya, mereka mencoba menggabungkan motor listrik dengan motor BBM, dan mereka adalah para guru dan siswa SMKN 1 SEYEGAN Sleman Yogyakarta. Di SMK ini membuka jurusan baru yaitu OtoTronik yang merupakan gabungan Otomotif dan Elektronik. Sesuai dengan jurusannya, siswa dan guru di jurusan ini mewujudkan ilmunya dengan melakukan pencakokan mesin motor BBM pada sepeda listrik yang telah beredar di masyarakat umum.Karya yang membanggakan ini mereka sebut sebagai motor Hybrid, mau menggunakan tenaga listrik atau tenaga mesin BBM, pengendara bebas memilihnya sesuai kebutuhannya. Jika ingin berkendara jarak dekat atau cuma ngin keliling komplkek perumahan silahkan gunakan motor tenaga listrik, jika batrei sudah kehabisan daya maka tinggal putar kunci kontak kedua dan tekan tombol starter untuk menghidupkan motor. Motor Hybrid ini memiliki 2 kunci kontak, 1 untuk motor listrik, 1 lagi untuk motor BBM. Satu persatu, salah satu siswa yang bernama Ratma menujukkan bahwa roda belakang bisa berputar dengan tenaga listrik maupun bensin. Mesin yang dicangkokkan ini diletakkan di bagian tengah sepeda listrik tanpa penutup, jadi mungkin masih sedikit merepotkan untuk digunakan sehari-hari, namun untuk tahap awal tentunya sudah sangat bagus.
Tidak hanya mencangkokkan mesin saja, mereka juga memberi alarm keamanan pada motor ini, saat kunci kontak diputar ke posisi on pada saat pengaman diaktifkan maka alarm akan bunyi dengan keras sampai dimatikan dengan remotenya.
Bapak Joko dan bapak Agus menerangkan bahwa penelitian ini masih tahap awal dan masih akan dikembangkan lebih lanjut. Mereka selalu mendampingi anak didiknya untuk menuntut ilmu praktis hingga menjadi alumni SMK yang kreatif dan siap kerja. Selain motor hybrid ini mereka juga membuat beberapa unit lainnya seperti sepeda+mesin pemotong rumput, sepeda pengisi accu, dan lain-lain.

7 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s