Bonus Quota Smart Tipu-Tipu?

Standar
Saya pelanggan layanan data smart dengan modem tipe 2726, pada tanggal 30 Mei 2011 saya melakukan pengisian pulsa sebesar 50.000. Dengan sisa pulsa sebelumnya sebesar 8000 maka pulsa saya menjadi 58000. Setelah pengisian pulsa maka saya mendapat bonus 500 MB data, dan karena itu saya tidak langsung berlangganan paket tertentu. Setelah 2 pemakaian quota masih tersisa 300an MB, pada hari ke 3 (tgl 2 Juni 2011) saya menggunakan kembali sampai ditengah pemakaian (sekitar pukul 21:30 WIB) saya cek melalui *995 quota masih tersisa 140an MB, karena itu saya kemudian hanya menggunakannya untuk sekedar browsing saja, tanpa download ataupun akses video dan pemakaian saya hentikan pukul 23:00 WIB. Siang harinya (tgl 3 Juni 2011) modem tidak bisa digunakan karena signal hilang (seperti biasanya jika masa liburan pasti signal susah ketemu). Malam hari sekitar pukul 18:00 s/d 18:20 saya coba lagi ternyata masih tidak bisa connect meskipun signal sudah ada. Setelah berkegiatan tanpa komputer sampai pukul 19:00 kemudian saya coba lagi connect ternyata bisa dan saya gunakan untuk BROWSING sampai akhirnya pukul 19:40 ada peringatan dari smart. Saya pikir waktu itu berarti bonus sudah habis dan saya bermaksud melakukan pendaftaran paket tertentu TAPI… alangkah terkejutnya saya ternyata pulsa saya HABIS…
5 menit kemudian saya hubungi 08811223344 melalui nomor smart saya yang lain. Komplain saya diterima oleh ibu Santi dengan nomor komplain 2011060311204558. Dalam percakapan, ibu santi selalu menyalahkan saya hanya karena saya melakukan cek sisa quota saat sedang online. Padahal saya biasa melakukan pengecekan di saat online dan saya bisa melihat ada penurunan sisa quota setiap saya cek, itu berarti selalu ada update data dari Smart. Walaupun ada jeda update data di system smart berarti tidak akan terlalu lama.
Saya dijanjikan paling lambat dalam 3 hari akan dikonfirmasi balik dari pihak smart, dan ternyata hingga artikel inii saya publish tidak ada realisasinya. Saya juga sampaikan bahwa saya sangat kecewa dengan layanan smart ini, SYSTEM YANG PUNYA KELEMAHAN TAPI PELANGGAN YANG DIPERSALAHKAN. Tidak adanya peringatan bahwa BONUS sudah habis maka saya beranggapan bonus ini hanya UMPAN untuk MENJEBAK banyak pelanggan. karena saya yakin banyak orang lain yang senasib dengan saya.
***Tanggal 5 Juni saya coba isi ulang kembali dengan pulsa 50 ribu, dan dapat bonus lagi 500MB.
Untuk pembuktian saya coba pakai untuk browsing, sesaat kemudian coba cek sisa quota dengan disconnect tersebih dahulu (biar tidak dipersalahkan smart lagi) ternyata sudah berkurang beberapa KB saja. Jam 10 -s/d12:30 Saya coba browsing+ akses 2 video youtube (download memerlukan 10 menit), saya disconnect kemudian cek quota masih tersisa 480xxxKB.
Malam harinya (19:00) saya gunakan modem lagi, saya langsung browsing, baru 5 menit saya ingat kalau belum cek quota makanya saya disconnect dan coba cek sisa quota. Alangkah terkejutnya saya karena tinggal tersisa 170an MB. Kapan terpakainya? System Smart update status penggunaan setelah berapa lama dari pemakaian? karena saya sudah melakukan cek quota dengan disconnect terlebih dahulu seperti saran Smart.
Layanan Smart berbasis Quota belum dibarengi dengan System yang memadai?
Hingga kini SAYA TIDAK BERANI BERLANGGANAN SMART BERBASIS QUOTA, bisa bisa 2 GB yang berlaku untuk 30 hari bisa habis dalam sekejap. SAKIT HATI BRO….****
**** Teman saya dengan nomor fren juga ada yang mengalaminya, kalau dia kehilangan 20 ribu pulsanya. Bonus Quota 600MB tapi dipakai download file baru 350MB tiba-tiba berhenti, tenyata Quota dan Pulsa sudah lenyap***

41 responses »

  1. podium ya????

    saya juga mengalami kejadiannya hampir sama persis dengan yg brow tulis. mending gratisnya pake harian biar bisa kita ngenet dengan tenang.

  2. bner tuh mas bro.
    aku malah khilangan 50ribuan (walo hnya skejap saja) ..,bonus tsb kyakx cuman akal2an . trik mnjebak konsumen.,
    smpat mlapor lngsung k gerai trdekat , d terima oleh csx . tpi jwabanx g mmuaskn.
    lain kali mas bro,,langsung d daftarin aja,
    aku sndiri make paket reguler, 45 ribu.lumayan buat skedar browsing.

  3. Bukan cuma smart yg kaya gitu, semua operator sistemnya sama, kalau kuota habis, yg dimakan adalah sisa pulsa kita dengan tarif reguler yg mahal. Memang semua operator telekomunikasi di indonesia kejam dan rakus, nggak ada yang baik !!!

  4. untung sinyal evdo smart di tempat saya minim, jadi saya gak bisa pake smart.. saat ini pake aha paket data, dan bisa melihat sisa quota hanya dengan login ke situs aha tanpa perlu repot..

    • signal EVDO smart di t4 saya juga gak bagus bagus amat, apalagi kalau masa liburan, sering blank…
      lagi bagus-bagusnya aja buat download juga cuma 50 Kbps.
      dulu pilih smart karena pakai time base, tapi sekarang smart malah pakai volume base juga. kacau deh jadinya…

  5. Ping-balik: Pulsaku Dirampok, Tanggapan Smart Hanya Begini Saja | PakYo Blog

  6. alangkah indahnya bila setelah melakukan reg langgnan pulsa anda sisakan Rp.0,- maka alhasil normal2 aja tuh sesuai dengan base quota yg disediakan

  7. Lha, lebih kejam saya Mas,

    Langganan kuota 2 GB, dalam 2 hari habis (wajar, ternyata dipakai adik donlod gila2an).
    Langsung register ke paket 6GB.
    2 hari kemudian cek Quota masih 3136587 Kb (jam 1:44)
    Pakai donlod, baru dapat 12.235 MB, kok tiba2 berhenti.
    Cek kuota lagi ternyata sudah 0!! Padahal selisih 13 menit doank dari pengecekan kuota pertama (jam 1:57). Karena masih pagi buta, males deh complaint.

    • komplain kan sebagai syarat kita tuk publish bro…
      kalau kita publish tanpa komplain dengan yang bersangkutan dulu kan gak fair.
      berhubung tanggapan mengecewakan ya publish aja…

  8. Aku sudah 3x kena dengan paket bonus dari SMART seperti ini. Saya sendiri prefer bonus ditiadakan. Bonus ini JELAS untuk menjebak customer.

  9. Saya bos, saya barusan mengalami hal serupa. Maksud hati ingin memakai Quota gratis 500mb, lumyan untuk browsing. eh hari ini tiba2 ga bisa browsing, dan cek pulsa tinggal 100an. Ludes sudah pulsa 50rb. Pengennya make gratisan, malah buntung.
    Saya YAKIN klo Quota 500mb blm habis, secaranya cm buat browsing, ga ada download.

  10. kasus terakhir teman saya:
    dapet bonus quota 2GB habis dlm beberapa hari, terus diisi 50 ribu, terus daftar langganan unlimited 30 hari yang 45 rb.
    dipakai dalam sehari tiba-tiba habis.
    ternyata untuk pindah jenis langganan dari quota ke unlimited harus ada yang namanya data off sebagai tanda berhenti jenis langganan. padahal di web, di buku petunjuk, dimanapun kan tidak ada petunjuk tersebut, jadi jebakan SMART macem-macem bro….

  11. Sama mas bro……… saya juga gitu….
    niatnya mau pake BONUS, eh.. malah PULSA yang berkurang…..
    SMART emang PINTER buat NIPU customer dengan iming-iming BONUS!!!

  12. Smart sejak di boyong sama fren emang jadi kampret gan, rakus, iklannya doang yg di bagusin, kualitas mah kagak, bohong2an,, gw lebih senang smart yg dulu,,,

    **** mungkin pemilik perusahannya yg skrng gan,,,
    haha

  13. Pengalaman saya dengan Smart, Esia, Simpati, Mnentari dan mungkin semua provider yang berbasis Quota sebenarnya melakukan praktek yang sama.

    Pengertian Quta sangat tidak jelas perhitungannya, walaupun kita coba hitung secara teliti semua data yang kita pakai (download+upload), tetap saja Quota akan sangat cepat habis, dan berujung dengan penyedotan habis2 an sisa pulsa kita.

  14. Wah ternyata ga cum w seorang ternyata banyak orang yang kena tipu dengan BONUS BERPETAKA. masih mending agan cuma 1 kali w sampe 3 kali gan.
    dalam kurun waktu kurang dari 1 minggu telah menghabiskan 150rb. hal ini terjadi ketika mulai di terapkan sistem ini.
    kasus yg pertama ga ada pemberitahuan kebablasan dweh. kirain masih unimited 15 hari.
    kasus kedua ga biasa pake quota, kelupaan buat download movie. hbis tuh bonus buat sehari beserta pulsa.
    ketiga ga pake tu bonus langsung daftarin j kesalah satu paket. serem lo mpe kelupaan lg…

  15. Betul Bro …Smart emang tukang tepu tepu …. saya pakai kuota 6gb 100 rb bulan Juli 2011, eh setelah 15 hari kuota habis … saya komplain ke galery smart … trus dikasih print out tentang pemakaian saya … ehh betapa TERKEJUTNYA saya …. disaat saya TIDAK ONLINE selama seminggu lebih … di print-out keluar KUOTA BESAR sekali saat saya TIDAK ONLINE … saya komplain…tapi jawaban mereka tetap aja seperti mesin penjawab, ‘itu sudah sesuai prosedur” …. bahkan di email yg saya kirim ke CS mereka … saya tulis besar-besar ‘ SMART MALIiiiiNG …. so hati hati … skali lagi HATI HATI …. smart kuota adalah PENIPU BESAR ….

  16. wah ternyata bukan saya aja yang mengalami hal serupa..smart memang kurang ajar..penipuan konsumen..system mereka yang jelek, konsumer yang disalahkan..
    saya hilang 100rb..pemakaian data kurang dari 500mb tetapi pulsa saya disedot semua sama smart..
    sampe berbusa2 komplain tapi tidak ada tindak lanjut..ke gerai pun tidak ada tindak lanjut..PARAH…

    Ga hanya itu juga..nsp juga otomatis terpasang(pulsa disedot)..padahal saya tidak pernah konfirmasi untuk mengaktifkan nsp tersebut..

  17. Tolonglah untuk internet Smart kembalikan sepetri dulu sajalah agar laris .pulsa 50 rb bonus internet 15 hari gitu lo ,jangan seperti sekarang dipakai beru 5-10 tahu-tahu puls ahabis gemana ni mau laris gak ,mau laris ok saya setuju pulsa 50 rb bonus 15 hari ulimetet internet ,gak usah kuota-kuotaan GB/Mb dstlah

  18. Bonus yang diberikan itu 500 Mb,bukan 500 MB

    1 MB = 8 Mb

    Rasanya di modem anda juga tertulisnya Max 3,1 Mb,bukan MB kan?

    Sebelum menuduh yang bukan-bukan,alangkah baiknya kalau belajar membaca yang benar terlebih dulu.

  19. Wah senasib, saya juga sama dah 2kali ketipu, niat mau gunain bonus ternyata baru sebentar saja dipakai pulsa sudah 0, dan hari ini lebih aneh lagi, pas sebelum cek connect saya cek pulsa ada RP. 22000, karna mau di unlimitted kan diisilah pulsa 50.000, kondisi belum conect Ɣª, pulsa masuk lalu saya cek pulsa lagi, alangkah terkejutnya saya ternyata pulsaku 50.159 yang 22rbnya kemana, seharusnya 72.159 (terlalu)
    Padahal saya dapet bonus pulsa telp/sms 20% RP. 10rb sudah 3kali dan belum saya pakai.
    Hiks bener2 maling deh smart

  20. ahahaha…. saya sudah berulang kali ngalamin ini.. isi 50rb dalam 2 hari sudah lenyap dengan kuota.. padahal cuma dipakai browsing dan download yang ukurannya cuma belasan mega.. di track data yang masuk dan kluar juga ga sampai 500 MB. tapi alhasil tiba2.. JENG..JENG….. kuota habis dan pulsa hilang.. di konfirmasipun ga bakal ada yang mau tanggapin. setiap operator provider juga ga akan ada yang mau ngaku dan ganti pulsa kita. kita cuma tambang emas mereka masbro…
    buat bayarin biaya iklannya mereka yang mahal..

  21. wah sama jg, sistem kuota gak jelas. aq selalu catat pemakaian data tiap disconect. trnyt di cek di bintang 995 perbedaannya bnyk. bnyk pengurangan. up date 995 g jls. akch msh dlm pertimbangan meneruskan langganan smartfren. ctatan kuota menggunakan MB atau kB. bukan Mb atau kb, yg bilng menggunakan kb atau Mb itu ngawur.. cek lporan 995 ttp aj pkai satuan kuota kB atau MB.

  22. duh pak, saya juga lagi sakiiiiit hati nih. kedua kalinya!!
    baru isi ulang 50rb pagi dengan saldo 62rb, malem dah abis pulsa. apa ada hubungannya cuaca buruk sehingga system salah kaprah yah? smart tidak pernah berubah ternyata.

  23. asli gan ana juga ketemu ni malm isi 50rbuan.. gk konfirmasi bonus2 juga… aku cek dengan dial up ..eh malah pulsa berkurang…ana cek ke 955 jawabnya anda tidak punya bonus internet …gilaaaaaaaa…. ke paksa ana paketin

  24. Sama, ane jg kejdian bro.

    sekarang kalo bli paket pasti ngecek pulsa dlu udah kurang karena daftar paket pa blum. takut kesedot.

  25. sama brow nasib ane kayak temennya agan admin… waktu itu beli pulsa yg 20 k trus ga langsung di paketin cos katanya kan abisin bonusnya dulu ampe 0 baru dipaketin dah yg jangka waktunya seminggu tuh… eh tau” malah ada notification dari smartfren pulsa anda tidak mencukupi alias 0…
    udah 2 kali kejadian kek gt ..
    ~parah

  26. kebiasaan orang indo menyalahkan orng lain tnpa melihat dirinya sendiri. FYI habis kuota tidak bisa di tentukan dari lama tidaknya browsing. apa anda mengamati setiap byte yg terkuras itu cuma gara2 browsing?cek dunk program2 anda, mungkin ada yg auto update ato apalah. bisa juga malware yg secara aktif terus menggunakan koneksi anda. data yg di terima tercatat kug di modem tinggal bandingkan sesuai ndak sma berkurangnya kuota?

    jangan karena anda gaptek trus nyalahin provider. BE SMART CONSUMER!!!

Tinggalkan Balasan

