Kisaran Harga Yang Wajar Jika R15 Diboyong YMKI

Standar

Tidak diragukan lagi jika banyak, bahkan banyak sekali penggemar motor sport di Tanah Air berharap-harap pasrah agar R-15 Version 2 segera diboyong YMKI untuk memuaskan rasa dahaga yang berkepanjangan. Menurut otoarea, R15 adalah motor sport full fairing yang bisa dibilang cocok bagi konsumen kelas non/semi premium namun sangat mendambakan real motor sport seperti supersport/superbike.
Sesuai dengan peluncuran yang dilakukan Yamaha India 6 September 2011 yang lalu, bahwa R15 terbaru dipatok harga INR 1,07,000 atau jika dirupiahkan sekitar Rp.19,9 juta atau dibulatkan Rp.20 juta. Kemudian jika YMKI selaku ATPM Yamaha di Indonesia bersedia dan sanggup memenuhi harapan konsumennya untuk menghadirkan YZF-R15 Version 2, berapakah harga yang seharusnya dipatok agar bisa dalam kategori wajar atau sesuai?
Mari kita sedikit berhitung dan memberi saran bagi YMKI. Kita asumsikan R15 akan dipasarkan YMKI dengan cara seperti Byson yang masih harus memberikan keuntungan bagi Yamaha India.
R15 sudah pasti akan menjadi produk Yamaha paling premium di Tanah Air, berada di atas Byson, Vixion maupun Scorpio. Jika selama ini Scorpio adalah produk paling premium dari YMKI dengan harga 23,7 juta maka sudah sewajarnya dan seharusnya R15 berharga lebih tinggi lagi. Berapakah harga yang sesuai dan wajar untuk R15, 25 juta, 26 juta, 27 juta, 30 juta, atau lebih dari 30 juta? Banyak hal yang harus diperhatikan dalam menentukan harga agar produk yang dipasarkan dapat memberikan kontribusi maksimal bagi keuntungan produsennya.
1. Harga harus lebih tinggi dari biaya produksi, iya to…
2. Tentukan segmen yang ingin dijadikan target pasar
3. Harga harus terjangkau oleh konsumen dari segmen yang telah ditentukan, betul gak?
4. Harga harus rasional, jangan terlalu murah utau terlalu tinggi alias over price. Sesuaikan dengan kelebihan/kekurangan produk seperti fitur, gaya/jiwa, kemudahan aftersales, Teknologi maupun hal lainnya yang diinginkan konsumen. Semakin banyak memenuhi keinginan konsumen maka harga selayaknya dihargai lebih tinggi. win-win solution lah…
5. Harga jangan terlalu jauh dari kompetitor.
6. Harga jangan terlalu dekat dengan produk 1 merk, dalam hal value for money.
Setelah memperhatikan 6 hal di atas maka menurut otoarea harga yang pas untuk R15 version 2 ada di kisaran Rp.27 – 28 juta, jangan kurang dari itu apa lagi lebih dari itu. Harga segitu cukup rasional seperti halnya di India sana R15 version 2 sekitar 40% lebih tinggi dari FZ-16 (Byson). Rp.28 juta sangat kompetitif untuk melawan kompetitor tanpa harus mengganggu pasar motor sport produk YMKI lainnya. Dari sisi value for money sangat ideal mengingat masih harus memberikan keuntungan bagi Yamaha India. Segmen yang bisa dijadikan target adalah kelas semi premium dimana biasanya mereka adalah pemimpi motor high class namun apa daya karena kemampuan sangat terbatas, jadi inginnya motor premium namun harga terjangkau.
Apakah anda adalah satu diantara mereka?

5 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s