Untuk Keselamatan Pengguna Jalan Dishub Perbaiki Rambu-rambu

Standar

Kota Jogja yang terkenal sebagai kota pelajar kian hari kian penuh sesak oleh motor seiring dengan pertumbuhan penduduk dan pendatang dari luar kota untuk menuntut ilmu. Banyaknya penuntut ilmu di kota ini tentunya ikut mempengaruhi pertumbuhan kendaraan khususnya roda dua karena motor masih menjadi alat transportasi favorit dikalangan pelajar dan mahasiswa.
Dengan bertambah padatnya jalan-jalan dibutuhkan perhatian lebih dari pemerintah daerah khususnya departemen terkait yaitu Dinas Perhubungan. Saat press conference safety riding bersama AHM sabtu 1/10/2011 yang lalu, Bapak Bagas dari Dishub DIY mengatakan bahwa rambu-rambu jalan mempunyai peran sangat penting bagi keselamatan di jalan. Oleh karena itu saat ini Dishub tengah memperbaiki dan menambah rambu-rambu lalu lintas terutama di kawasan yang rawan terhadap kecelakaan.
Rambu-rambu lalu-lintas yang terbuat dari alumunium secara bertahap diganti dengan rambu berbahan fiber. Hal ini dilakukan karena banyaknya kasus pencurian rambu yang terbuat dari alumunium. Selain itu rambu-rambu dibuat lebih tinggi agar lebih aman dari jangkauan tangan-tangan jahil.
Dinas perhubungan DIY juga melakukan pemasangan reflektor di pembatas jalan ringroad dan jalan yang menikung, sehingga pengguna jalan terutama saat dimalam hari lebih mudah untuk mengetahui jalur aman untuk dilewati. Selain beberapa hal di atas, perbaikan juga dilakukan pada perangkat traffic light di persimpangan jalan, dimana banyak traffic light tidak lagi tergantung pada arus listrik dari PLN karena sudah menggunakan sistem solar power. Lampu-lampu penerangan jalan sebagian telah diganti dengan lampu berjenis LED serta dilengkapi dengan batrei penyimpan arus sebagai sumber listrik saat listrik padam.
Langkah-langkah yang dilakukan Dishub secara terus menerus ini diharapkan mampu memberi andil bagi keselamatan pengguna jalan. Oleh karenanya kerja sama dari masyarakat sangat diperlukan yaitu tindakan tertib lalu-lintas sesuai rambu-rambu, karena rambu-rambu hanya akan menyadi hiasan jalan saja jika tidak dipatuhi oleh pengguna jalan.

3 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s