Iklan Juga Perlu Dikritisi

Standar

Dunia periklanan memang penuh persaingan dan kadang situasi tampak semakin memanas. Kesuksesan sebuah produk di pasar tidak bisa terlepas dari peran pentingnya iklan di media massa. Kreatifitas para anggota tim promosi dalam pembuatan materi iklan sangat diperlukan agar hasil karya mereka dapat menarik banyak konsumen sesuai yang ditargetkan. Karena ketatnya persaingan dan beratnya tantangan terkadang membuat tim kreatif menjadi “tidak kreatif”, apa maksudnya? kadang jalan pintas / cara nakal menjadi pilihan mereka. Menjelekkan kompetitor menjadi ilmu ampuh untuk menggiring konsumen ke arah yang mereka inginkan. Kita juga menjadi bagian dari target sebuah iklan maka kita harus pintar-pintar mencerna makna dari sebuah iklan.
Karena kita memiliki sarana untuk berpendapat maka kita tidak hanya harus pintar-pintar mencerna namun juga mengkritisi sebuah iklan agar persaingan sehat tetap terjaga. Saat menanggapi sebuah iklan motor bukan berarti lebay karena iklan tersebut memang berpotensi menggiring persaingan yang tidak sehat. Kita sebagai blogger menjadi semacam penjaga perbatasan yang akan memberi peringatan kepada pelanggar perbatasan wilayah. Sikap kritis yang membangun akan menjaga situasi dunia permotoran Tanah Air tetap sehat bro…
Jika banyak iklan diluar otomotif nasional sudah tidak sehat, singgung-menyinggung bahkan menjelekkan kompetitor sudah biasa, Namun perlu diingat bahwa sesuatu yang biasa bukan berarti hal yang benar bro… Sebagai pengamat dunia roda 2 Nasional, saya merasa tidak rela jika situasi seperti itu terjadi di dunia promosi roda 2. Menjaga situasi tetap kondusif adalah salah satu dari fungsi blogger otomotif seperti kita, jangan hanya membahas kelebihan/kekurangan motor saja tapi juga situasi di sekitarnya termasuk iklan motor itu sendiri. Mbahas prestasi produk di pasar tapi tak mau memperhatikan cara memasarkannya, apa kata dunia???
Ini kalau menurut saya, mungkin ada yang ingin menambah/mengurangi juga dipersilahkan…

Iklan

One response »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s