Mio J Hadir Dengan Teknologi YMJET-FI Tapi Power Justru Turun

Standar

Gaung akan kehadiran mio injeksi telah terdengar sejak pertengahan tahun 2011 lalu, sempat dikabarkan akan hadir pada kuartal 3 2011 akhirnya diundur hingga awal tahun 2012 bahkan bukan menjadi yang pertama diluncurkan Yamaha tahun ini. Mio injeksi akan melengkapi keluarga mio dengan nama Mio J dan dengan teknologi terkini di segmen skutik Yamaha, Mio J bakal menjadi yang termewah di dalam keluarga Mio. Selam ini Mio series terdiri dari Mio SW & Sporty serta Mio Soul namun tahun ini bakal bertambah 2 anggota keluarga yaitu Mio Fino yang baru saja direlease dan Mio J yang baru sampai pada tahap soft lounching dan pengenalan.
Mio J akan mengusung mesin 113 cc yang telah memperoleh perbaikan pada cylinder serta piston, dimana Mio J menggunakan Diasil Cylinder dan Forged Piston sehingga daya tahan pada komponen tersebut menjadi lebih kuat dari mio series lainnya. Selain teknologi yang biasa disebut teknologi juara Yamaha tersebut, Mio J telah mengaplikasikan sistem Injeksi terbaru dari Yamaha yaitu Yamaha Mixture Jet Fuel Injection yang disingkat YMJET-FI. Sistem injeksi ini memberikan 30% penghematan BBM dibanding versi karburator dan dari klaim Yamaha menjebutkan Mio J mampu menempuh jarak 52 Km dengan 1 liter BBM (kecepatan variatif) atau 70 Km jika kecepatan konstan 30 km/jam.
Yamaha mengatakan, selain lebih hemat BBM Mio J juga tetap memiliki performa tinggi dan lincah. Berikut spesifikasi Mio J yang tertera dalam website resmi Yamaha Motor Indonesia:

Spesifikasi mesin Mio J menggunakan tipe mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.

Membandingkan spesifikasi diatas dengan spesifikasi mio sporty sepertinya memiliki karakter yang berbeda walau mesin sama – sama berkubikasi 113 cc. Walau menggunakan sistem Injeksi namun ternyata power maksimum Mio J tidak lebih besar dari Mio Sporty dimana mio sporty mampu menghasilkan power sebesar 6,14 KW atau sama dengan 8,35 PS pada putaran mesin 8000 rpm serta torsi maksimum 7,84 Nm pada 7000 rpm. Namun walaupun power kalah, torsi mesin Mio J lebih besar dan tidak memerlukan putaran mesin yang tinggi, cukup 5000 rpm saja, dengan demikian disinyalir tarikan Mio J akan lebih galak dari mio sporty, cukup putar tuas gas sedikit saja maka motor langsung ngacir. Karena torsi yang besar pada rpm rendah ini maka pemakaian BBM akan lebih efektif serta mempermudah untuk menembus jalan perkotaan yang macet sana – sini.
Mio J yang lebih mengandalkan torsi tersebut dikabarkan akan segera meluncur di awal februari 2012 dan mulai diproduksi pada bulan maret mendatang. Mengenai harganya, Yamaha hingga saat ini belum mengeluarkan pengumuman resminya, namun melihat spesifikasinya disinyalir akan menjadi yang tertinggi di keluarga mio.

5 responses »

  1. Seperti biasa..manipulasi dengan torsi gede di putaran bawah kyk mx..supaya kelihatan kenceng..tapi begitu diajak naek lagi ternyata dah ngos2an
    Udah model makin jelek…tenaga makin kecil pula #nohope

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s