Hadapi Persaingan Honda Tambah Warna Baru Beat dan Scoopy

Standar

Tahun 2012 ini telah diawali dengan memanasnya persaingan pasar motor skutik khususnya di kelas low-end. Kelas yang selama ini dihuni oleh Yamaha Mio, Honda Beat, Honda Spacy dan Suzuki Spin, kini bertambah dengan kehadiran Suzuki Nex dan Yamaha Mio J. Selain segmen tersebut juga adanya persaingan pada skutik retro yang selama ini hanya dihuni Honda Scoopy kini telah mendapat persaingan dari Yamaha Indonesia dengan Mio Fino. Kehadiran Suzuki Nex dengan mengunggulkan keiritan BBMnya dan berhasil memecahkan rekor MURI dengan perolehan 79 km/ltr, mengungguli Honda Beat yang mempopulerkan angka 73 km/ltr.
Sesaat mendapat persaingan dari Suzuki kemudian hadir Mio J sebagai penantang Honda Beat dan Spacy, hal ini terutama jika dilihat dari sisi harganya yang hampir sama. Untuk menhadapi persaingan yang semakin ketat Astra Honda Motor (AHM) sebagai ATPM motor Honda di Indonesia melakukan penyegaran dengan tampilan Honda Beat dimana hardir warna-warna baru perpaduan warna Hijau-putih dan Biru-putih. Hadirnya warna baru tersebut diharapkan mampu menarik lebih banyak konsumen atau setidaknya untuk mempertahankan status sebagai skutik terlaris dalam satu bulan yang telah susah payah direbut dari tangan Yamaha mio. Desain New Beat kali ini sedikit mengingatkan otoarea pada desain motor sekitar tahun 2000-2005 dimana sedang trend dual tone pada motor, warna dasar bagian depan dan belakang berlainan.
Satu lagi segmen skutik yang menjadi perhatian AHM kali ini adalah skutik retro, Scoopy yang selama 3 tahun tanpa lawan kini juga harus menghadapi yang namanya persaingan. Kehadiran Yamaha Mio Fino dengan sebutan skutik klasik berusaha merusak dominasi skutik retro. Yamaha tampaknya begitu serius menggarap segmen ini, hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya variant Mio Fino sehingga konsumen memiliki banyak pilihan. Pilihn yang ditawarkan Yamaha salah satunya Mio Fino Sporty, walau hanya berbeda pada striping dan perpaduan warna saja namun hal tersebut menjadi pembeda yang langsung terlihat oleh calon konsumen. AHM yang sudah lebih dulu terjun tentunya tidak mau tinggal diam dan membiarkan “kue manis” ini digerogoti kompetitor. Warna baru kembali menjadi pilihan AHM dalam menghadapi persaingan di segment skutik retro/classic dan akhirnya kini hadir Honda Scoopy warna Merah-Hitam yang terlihat lebih sporty dibanding Scoopy yang telah beredar. Selain pada body, warna hitam juga tampak pada velg sehingga lebih macho.
Seiring hadirnya warna baru, target penjualan scoopy juga dipasang pada angka yang sama dengan kompetitor yaitu 20.000 unit/bulan. Dengan harga yang hampir sama tentunya tinggal bagaimana produsen mengemas strategi promosi yang jitu sehingga bisa memenangkan persaingan. Kali ini tantangan lebih berat dihadapi Yamaha karena Mio Fino harus mendobrak mindset konsumen yang terlanjur nyantol dengan sebutan “skutik retro ya Scoopy”, sedangkan Honda cukup melakukan maintenance konsumen yang sudah lebih dulu kenal akan Scoopy.

Iklan

5 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s