BBM Naik, Harga No 1, Irit No 2, Power No 3

Standar

Faktor yang mempengaruhi suksesnya sebuah produk di pasar ada banyak namun ada beberapa diantaranya yang sangat penting karena salah satu faktor saja terpenuhi kadang cukup untuk membuat konsumen langsung membelinya. Apa saja faktor-faktor penting tersebut? Berikut versi otoarea:
1. Desain, tidak sedikit konsumen yang mementingkan hal ini, jika desain sesuai selera, dana tersedia, langsung deh boyong ke garasi. Sebaliknya, ada yang sama sekali tidak tertarik membeli motor tertentu hanya karena dia menilai desain motor jelek.
2. Power, biasanya menjadi faktor utama bagi pecinta kecepatan. Pada motor sport atau yang “berjiwa” sport, power yang dihasilkan mesin sangatlah penting dan mampu menarik perhatian banyak konsumen. Selain pecinta kecepatan, power juga menjadi perhatian penting bagi konsumen di wilayah dataran tinggi atau pegunungan karena medan yang sering mereka tempuh memang lebih berat daripada biker di wilayah lain.
3. Harga, biasanya menjadi faktor utama bagi penjualan produk segmen low-end. Konsumen yang mayoritas berasal dari masyarakat ekonomi menengah-bawah pasti tanya soal harga dan bisa mengesampingkan hal lainnya. Kenaikan BBM yang akan berdampak kepada sektor ekonomi pada umumnya maka harga motor yang murah akan sangat berpengaruh pada volume penjualan motor tersebut. Kesulitan ekonomi yang akan lebih banyak mendera masyarakt menengah bawah padahal mereka membutuhkan mobilitas tinggi maka mereka akan memilih motor yang terjangkau oleh mereka.
4. Konsumsi BBM, irit, kini menjadi isu utama berkaitan dengan pembahasan kenaikan BBM. Selain harga motor yang terjangkau, keiritan sebuah motor menjadi hal yang bakal ditanyakan oleh sebagian besar konsumen, karena biaya pembelian BBM adalah biaya yang harus keluar serta biaya tertinggi yang dibutuhkan untuk mengoperasionalkan kendaraan bermotor. Semakin irit motor, semakin menguntungkan.
5. Kualitas, karena motor adalah sebuah alat yang bakal digunakan dalam jangka panjang maka hal yang satu ini perlu diperhatikan. Hal yang baru akan terlihat setelah beberapa waktu berjalan maka efek positif/negatif akan terlihat juga dalam jangka yang lebih panjang. Kualitas motor akan mempengaruhi kelangsungan bisnis karena akan banyak konsumen yang setia pada satu merk jika faktor ini ternyata memperoleh kategori positif, namun sebaliknya jika dinilai negatif maka tidak sedikit konsumen yang antipati pada sebuah merk.
6. Layanan after sales, faktor penting yang menjadi wajib untuk diperhatikan karena walau produk tersebut sangat bagus bahkan mampu memenuhi kelima faktor di atas, tetap akan menjadi sia-sia jika produsen tidak bisa memberikan layanan yang memuaskan. Lebih parah lagi jika motor yang dipasarkan tersebut ternyata hanya memenuhi 1 atau 2 faktor saja. Sebaik-baiknya sebuah produk pasti ada umurnya dan suatu saat akan mengalami kerusakan untuk itu perlu dilakukan perawatan. Menjual motor tidak bisa jual lepas, yang penting laku setelah itu EGP, karena kalau demikian sudah pasti bakal ditinggalkan banyak konsumennya.
Dari pemaparan berbagai faktor di atas jika dikaitkan dengan isu kenaikan BBM yang sedang ramai dibicarakan maka faktor yang paling utama adalah Harga dan Konsumsi BBM sedangkan motor yang mengedepankan power tetapi mengesampingkan sisi harga dan keiritannya maka akan lebih sulit bersaing memperebutkan pasar.
Ada masukkan atau pendapat lain? silahkan isi di kolom komentar…

Iklan

One response »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s