Walau Turun, Honda Masih Menguasai Pasar Motor Nasional Februari 2012

Standar

Bulan februari yang baru saja berlalu menyisakan catatan manis bagi pabrikan motor Honda di Tanah Air, selama bulan kedua 2012 lalu Astra Honda motor (AHM) sebagai ATPM motor honda di Indonesia berhasil mendistribusikan produknya sebanyak 355.580 unit. Dengan raihan angka tersebut AHM berhasil mempertahankan pimpinan pasar motor dan menambah selisih dengan para kompetitor dimana pada bulan sebelumnya Honda juga menguasai 59 % pasar roda dua di Tanah Air.
Yamaha Indonesia yang menjadi pesaing utama Honda dalam memperebutkan omset triliunan tersebut hanya mampu memperoleh pasar sebesar 38 %, sedikit meningkat dibanding bulan Januari lalu yang hanya memperoleh 31% saja. Pada bulan kedua ini Yamaha berhasil mendistribusikan 257.881 unit sedangkan bulan sebelumnya 205.304 unit. Masih seperti beberapa tahun terakhir, Suzuki menempati posisi ketiga dengan penjualan sekitar 41.396 unit, sedikit menurun jika dibandingkan bulan januari yang mampu mencapai 49.315 unit.
Selain Suzuki, penurunan juga dialami oleh TVS motor, pabrikan asal negeri sari ini hanya mampu mendistribusikan motor-motornya sebanyak 1.440 unit, padahal pada bulan januari lalu mereka mampu mendistribusikan sebanyak 2000 unit. Sedangkan produsen motor dari Jepang yang identik dengan warna hijau, Kawasaki, pada bulan januari mencatatkan angka 7.623 unit dan meningkat pada Februari menjadi 10.224 unit.
Kemunculan berbagai produk baru dari masing-masing pabrikan diperkirakan bakal membuat persaingan semakin ketat dan panas. Strategi pemasaran yang menghabiskan banyak dana tentunya menargetkan pemasukkan yang lebih besar pula, seperti apakah peta persaingan pada tahun ini? akan sangat menarik untuk terus diikuti.

4 responses »

  1. Ping-balik: Walau Turun, Honda Masih Menguasai Pasar Motor Nasional Februari 2012 « simimochisy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s