Tes Ride Vario 125 PGMFI Skutik Sporty “Berjiwa” Lembut

Standar

Ada kesempatan untuk mencicipi motor baru adalah moment yang tidak ingin otoarea lewatkan dan kali ini otoarea berkesempatan mencicipi rasa skutik terbaru Honda, Vario 125 PGM-FI. Mengapa otoarea menggunakan kata mencicipi, karena kali ini memang hanya mengendarai Vario 125 di area tes ride yang hanya sepanjang sekitar 60 meter saja. Bertempat di area parkir stadion Mandala Krida Yogyakarta tanggal 10 Maret lalu otoarea mencicipi Vario Techno 125 PGM-FI dan ini yang otoarea rasakan:
Dimulai dari segi tampilan, terlihat bahwa sekarang Honda ingin memberikan pilihan baru bagi konsumen yang menyukai aura sporty. Dipandang dari depan, dari samping dan dari belakang tetap terlihat sporty karena bentuk body yang meruncing serta striping yang semakin menambah aura sporty. Skutik yang baru saja diluncurkan Astra Honda Motor (AHM) ini hadir dengan hal serba baru, desain, sasis, hingga mesin baru, namun ada bagian yang masih lama yaitu harganya yang sama dengan harga Vario Techno 110. Garis desain Vario 125 PGM-FI sepertinya masih sama dengan versi lama namun sudah disempurnakan lagi, desain lampu depan, concole meter, body lebih kekar, hingga lampu belakang yang lebih sporty.
Dari sisi tampilan, Vario 125 PGM-FI tampak hampir sempurna, mangapa hampir? karena otoarea melihat ada satu bagian yang agak dipaksakan, yaitu pada body belakang. Body bagian belakang terlihat lebih gendut, bahkan dalam hati otoarea berkomentar, wah.. Varionya lagi bunting.. he.he.he… Disinyalir hal ini karena efek dari penempatan tangki BBM yang berkapasitas besar alias jumbo, dimana sanggup memuat 5,5 liter. Dari segi function memang bernilai positif namun dari segi fashion menjadi nilai negatif.
Beralih ke segi “inner beauty”, seperti mesin, performa, dan fitur skutik ini tampak semakin baik dan menunjukkan bahwa AHM memberikan value yang sangat tinggi bagi konsumennya.
Saat otoarea mencoba menyalakan mesin dengan memencet tombol starter dan…. tahu – tahu suara knalpot motor yang cukup lembut tanpa mendengar suara keras khas starter motor pada umumnya. Hal ini bisa terjadi karena Honda menyematkan teknologi ACG starter seperti yang ada pada skutik premium Honda, PCX 125. Setelah mencoba beberapa kali untuk mendengarkan suara starter kemudian otoarea mulai putar tuas gas dan mengitari area tes ride dengan pelan sambil mengenali “sifat” Vario 125 ini. Setelah lebih mengenal kendaraan, otoarea mencoba putar gas lebih banyak, mengitari area dengan lebih cepat. Dari situ otoarea kembali mendapat kesan lembut pada skutik ini, mesin minim getaran, suspensi lembut dan nyaman menerjang besi hambatan yang ada di rute tes ride serta stabil melibas tikungan, rem yang menggunakan sistem CBS terasa pakem namun motor tetap stabil. Otoarea mencoba rem pada kecepatan sekitar 40 km/jam, motor dapat berhenti dengan cepat tanpa terasa motor oleng.


Kesan lembut juga otoarea rasakan saat mencoba putar tuas gas hingga mentok dari posisi berhenti sampai kecepatan sekitar 50 km/jam, dimana tidak terasa hentakan pada saat motor mulai melaju namun tenaga motor terasa merata dan mungkin hal inilah yang mendukung pernyataan Honda dimana Vario 125 mampu menempuh jarak 200 m dalam waktu 12,8 detik. Sayang rute yang pendek menghalangi otoarea mengenal performa motor lebih dalam, namun otoarea perkirakan mesin baru ini lebih garang diputaran menengah-atas karena dengan bobot hanya 55 kg, otoarea tidak merasakan hentakan saat motor mulai bergerak dari posisi berhenti.
Skutik 125 cc pertama yang diproduksi AHM ini akan lebih cocok bagi pengendara yang bertubuh tinggi karena dengan tinggi badan 162 cm otoarea masih jinjit dan hal tersebut sedikit menyusahkan jika dipergunakan dalam perkotaan yang rawan macet, namun jika sedang melaju terasa sangat nyaman dan hal tersebut sangat membantu untuk riding jarak jauh. Seperti kalimat pada judul artikel ini,  menurut otoarea Vario 125 PGMFI  Skutik Sporty Berjiwa Lembut.

Iklan

One response »

  1. Alon-alon waton kelakon…. sing penting bensin irit… bisa dibandingkan karakter CS-1 ama Jupie MX, yang pertama tenaga merata di semua putaran, yang kedua galak di bawah tapi loyo di atas…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s