Mio Soul Injeksi Segera Meluncur?

Standar

Belum juga hilang dari perbincangan para pengamat otomotif, kini sudah bertambah satu topik lagi berkaitan dengan skutik anyar dari pabrikan berlambang garpu tala, Yamaha. Bulan februari lalu Yamaha baru saja meluncurkan 2 skutik baru, Mio J sebagai generasi penerus Mio Sporty serta Mio Fino sebagai perapat barisan skutik Yamaha untuk menghadapi kompetitor di segmen skutik retro/klasik, dan kini giliran Mio Soul yang akan mendapat pembaruan. Dari sisi dapur pacu dikabarkan akan menggunakan mesin yang sama dengan Mio J, mesin bertransmisi otomatis generasi terbaru disertai sistem pengkabutan injeksi. Yamaha Mixture Jet Fuel Injection (YMJET-FI) terbukti ampuh dan bekerja secara efektif pada Mio J dimana motor bisa lebih responsif namun penggunaan BBM sangat irit, yaitu diklaim mampu mengirit 30% BBM dibanding sistem karburator.
Seperti halnya Mio Soul yang saat ini dipasarkan, kemungkinan Mio Soul Injeksi yang disebut juga Mio Soul GT bisa dikatakan hanya berbeda baju dengan Mio J yang menggantikan kedudukan Mio Sporty. Dari spyshot terlihat bahwa Mio Soul GT bergaya lebih sporty dan macho dibanding Mio J, lampu utama juga ditempatkan pada bagian bawah seperti Mio Soul karburator hanya saja kali ini dibuat menyipit sehingga terlihat lebih modern. Belum diketahui apakah strategi multi type pada Mio J juga akan diterapkan pada Mio Soul GT ini atau tidak. Pada Mio J, Yamaha menyediakan 3 type yaitu Mio J SW, Mio J CW dan Mio J Teen sehingga konsumen lebih bebas memilih sesuai dengan selere masing-masing. Pada spyshot di atas, ketiga motor sepertinya satu type yaitu Mio Soul GT CW berwarna biru, merah dan putih. Selain itu apakah strategi harga bersaing juga diterapkan seperti halnya Mio J? Mungkinkah Mio Soul Injeksi dihargai hanya sekitar 200 ribu lebih tinggi dari versi karburator? Mengingat saat ini kompetitor juga sedang menggunakan strategi turn harga maka tidak mustahil Mio Soul injeksi ini hanya sedikit lebih mahal dari versi karburator, atau bahkan sama.


Beberapa waktu yang lalu, otoarea sempat memperoleh informasi dari petinggi YIMM bahwa Mio Soul Injeksi akan diluncurkan pada awal semester dua tahun ini, namun jika melihat bahwa tampaknya Yamaha sudah mempersiapkan unit secara utuh dan tampak siap jual tersebut sepertinya waktu peluncuran sudah tidak lama lagi, jika perkiraan otoarea akan berlangsung paling lama 1 bulan dari sekarang. Makin penasaran dengan informasi selanjutnya? Tunggu saja artikel berikutnya.

Iklan

2 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s