49 % Lebih Percaya Klaim Konsumsi BBM UJi Internal Yamaha Pada Mio J

Standar

Sejak polling yang bertema klaim hasil uji konsumsi BBM antara dua skutik ijeksi yang baru hadir bulan februari dan Maret lalu, telah masuk sebanyak 120 suara (polling tgl 16 Maret – 05 April). Memang tidak terlalu banyak tapi jumlah tersebut sudah bisa melewati target pakyo yang mengharap minimal 100 suara. Maklum blogger yang belum tenar, jadi dapet 120 suara saja sudah senang, apalagi mnggunakan sistem filter IP Address.

Polling pertama dengan pertanyaan: “Klaim Konsumsi BBM Pengujian Internal ” telah memperoleh hasil dimana 59 (49%) dari 120  voter lebih mepercayai klaim  YIMM terhadap Mio J,  diikuti 27 (23%) voter lebih percaya pada klai AHM terhadap Vario 125,  16 (13%) voter tidak percaya pada keduanya,  7 (6%) voter percaya pada keduaya dan sisanya (9%) memilih tidak tahu atau EGP.

Menarik melihat perolehan  suara di atas, ternyata hampir separuh voter lebih percaya kepada klaim YIMM  akan hasil tes internal Mio J (52 km/l, kecepatan bervariasi)(70 km/l, kecepatan konstan 30 km/jam) padahal angka ini terbilang sangat fenomenal untuk ukuran motor skutik yang identik dengan motor boros BBM. Megapa banyak orang percaya pada angka ini? Perolehan 52 km/l dengan kecepatan bervariasi sebenarnya hanya sama denga hasil pengujian Tes internal Vario 125 oleh AHM  (52,1 km/l, dengan metode ECE-R40). Mengapa hanya 23% yang percaya pada klaim AHM? mungkinkah karena efek kurang dimengertinya istilah ECE-R40? Apa itu ECE-R40? Bisa jadi, karena kebanyakan orang selalu membanding dengan pemakaian shari-hari, istilah kecepatan bervariasi lebih bisa dicerna daripada istilah standart pengujian pabrikan.

Namun demikian, ternyata yang tidak percaya pada semua klaim pabrikan tidak terlalu banyak, yaitu 13% suara, walau masih lebih banyak dibanding yang percaya pada semua klaim (7 % 6%). Hal ini menunjukkan adanya kecenderungan orang masih bisa percaya kepada klaim pabrikan berkaitan konsumsi BBM, namun terlebih dulu melihat klaim tersebut secara lebih jauh. Berarti mayoritas konsumen  sudah lebih pintar dan cermat dalam menanggapi sesuatu berkaitan dengan produk.

Makna dari polling ini adalah perlunya produsen menjalin komunikasi secara intensif dan secara efektif merebut kepercayaan mereka.

OK, sekian dulu, monggo silahkan disempurnakan…

18 responses »

  1. uniknya cuma suzuki & honda yg brani tulis dlm iklan resmi di web dgn angka xx km/liter, beda dgn yamaha pada mio j yg ditulis *dirancang 30% lbih irit*.

  2. fakta yg disembunyikan pada saat tes Mio-J yaitu pihak pabrikan menggunakan mobil petugas untuk membuka jalan sehingga motor2 yg ada di belakangnya dapat melenggang dengan tanpa gangguan.

  3. Ping-balik: Hasil Polling: 47% Lebih Percaya Klaim BBM Mio J Saat Touring Jogja Bandung « PakYo Blog

  4. Share menurut ane nih gan ..
    menurut ane test yang sesungguh nya sebenernya bukan pake ece r40 atau lain nya .. test yang sebenernya ya test di jalan raya biasa seperti kita pake pada saat jam kerja senin-jumat di jam kita berangkat dan pulang kerja .. itu lebih baik hasil nya dan lebih real .. kalu mau di klaim jadi motor teririt juga pasti konsumen acungkan jempol , karena test nya benar2 real seperti yang konsumen alamin setiap hari .. jadi jangan asal klaim irit dengan test ece r40 atau test jalanan tapi dikawal polisi .. justru yg irit lebih nyata adalah irit yang di test pas hari biasa kita kerja, ngelewatin macet dan lain2 .. itu lebih nyata irit nya .. karena benar2 kita gunakan untuk keseharian

    thx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s