MotoGP: Menang GP Qatar, Lorenzo Patahkan Dominasi Stoner

Standar

Sejak 2007 lalu, Casey Stoner selalu menunjukkan dominasi di sirkuit Qatar dan berhasil mencatatkan diri sebagai  pemenang sebanyak 4 kali yaitu 2007-2009 dan 2011 lalu, sedangkan pada 2006 dan 2010 dimenangkan oleh Valentino Rossi. Dengan kemenangan Jorge Lorenzo pada seri pembuka musim 2012 ini maka Lorenzo menjadi pembalap ketiga yang mampu menaklukan sirkuit Qatar.

Lorenzo yang selalu menunjukkan hasil positif sejak uji coba pramusim telah diteruskan hingga musim 2012 dimulai, dan tidak jauh dengan tahun lalu, persaingan terjadi antara Lorenzo dengan para pembalab Repsol Honda, Stoner dan Pedrosa.

Saat start dimulai, Lorenzo berhasil mempertahankan posisinya sebagai peraih pole position, sedangkan Stoner yang start dari posisi 2 telah diovertake rekan satu timnya, Dani Pedrosa yang memulai balapan dari posisi 7. Kemampuan start Pedrosa sepertinya masih terlalu hebat bagi para kompetitor, sehingga 5 pembalap di depannya tidak berkutik dibuatnya.

Memimpin jalannya race selama 2 lap ternyata sudah cukup berat bagi Lornzo dan harus merelakan posisi pimpinan diambil alih Stoner dan juga dikuntit Pedrosa yang tampak begitu kuat saat race yang berjalan di bawah sinar rembulan tersebut. Hingga 10 lap menjelang finish, Stoner tampak nyaman di depan namun dalam beberapa lap kemudian, dengan cepat Lorenzo dan Pedrosa mengejar Stoner, selisih waktu 2 detik dipangkasnya dalam 2 lap dan ketiga pembalap terlibat duel yang seru, dan berebut posisi. Pedrosa yang tampak begitu kuat mampu merebut posisi 2 dari Lorenzo dan tampak segera merebut posisi terdepan dari tangan Stoner juga, namun dalam lap berikutnya Lorenzo menunjukkan keagresifan dan dengan cepat merebut kembali posisi 2 dan bahkan dalam lap yang sama juga berhasil merebut posisi pimpinan menjelang tikungan terakhir. Walau seperti halnya tahun lalu, kecepatan YZR-M1 di trek lurus masih kalah dari motor Honda namun Lorenzo terus menujukkan keunggulan di area berliku dan kedua pembalap Repsol Honda tersebut akhirnya harus puas finish di podium 2 dan 3.

Sumber:

Foto & data : motogp.com

Jalannya Race: Live di Trans 7

Iklan

One response »

  1. Ping-balik: Lorenzo Menang di Kandang | motogpnews.biz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s