Event Akbar Tersebut Bertajuk Sensasi Matic Yamaha

Standar

Menempati posisi sebagai pengejar pimpinan memang harus bergerak setidaknya selangkah lebih cepat agar memiliki peluang untuk merebut posisi. Saat ini Yamaha di Indonesia masih berada di posisi kedua berkaitan dengan market share sepeda motor di bawah prestasi Honda yang menguasai sekitar 55% hingga 3 bulan pertama tahun 2012 ini.
Dengan segala upaya sejak 2 tahun terakhir Honda begitu keras berusaha menjauh dari kejaran Yamaha dengan menggelontorkan bberbagai produk anyar serta menurunkan harga untuk tipe tertentu seperti halnya pada Revo series beberapa waktu yang lalu. Selain menggunakan strategi turun harga, Honda juga mengedepankan strategi value yang lebih tinggi, yaitu dengan meluncurnya produk baru tanpa kenaikan harga. Tidak mau tertinggal jauh dari pemimpin pasar, Yamaha Indonesia tahun ini berusaha fight back dengan meluncurkan produk anyar yang juga mengedapankan value. Namun tidak hanya mengandalkan value yang tinggi, Yamaha juga berinovasi dalam hal strategi, dan yang benar-benar gress adalah event akbar yang dilakukan mulai pekan ini hingga bulan Juli mendatang, event tersebut adalah Uji Coba Nasional Mio J yang bertajuk Sensasi Matic Yamaha.
Pesta tes ride akan diadakan di 10 kota besar dan ribuan titik di kelurahan atau perumahan. Kali ini Promosi Yamaha tidak hanya berfokus pada pusat – pusat kota saja namun hingga kawasan yang lebih kecil yaitu tingkat kelurahan perumahan, hal ini dilakukan karena Yamaha ingin melakukan perluasan penetrasi pasar, istilah tenarnya jemput bola. Hal yang baru diacara ini adalah, adanya peminjaman motor Mio J kepada calon konsumen selama 1 minggu dimana mereka bisa lebih bebas merasakan dan memahami kelebihan dan kekurangan Mio J. Tidak percaya pada tagline Mio J, Semakin Cepat Semakin Irit? Silahkan coba sendiri… itu mungkin yang dimaksudkan Yamaha.
Strategi baru yang unik ini memiliki potensi efek yang dahsyat, jika tes rider puas, waahh…pasti akan secara cepat bermetamorfosis menjadi Image positif yang fenomenal, namun jika tes rider mayoritas kecewa, waahh…image negatif akan lebih cepat lagi tersebar, maklum hal negatif biasanya lebih cepat berkembang, iya kan? Dengan kata lain Yamaha kali ini melakukan pertaruhan besar dimana hasil yang diperoleh bisa sangat berpengaruh pada total penjualan Yamaha.

Uji coba nasional ini juga disiapkan berbagai hadiah yang totalnya mencapai 1 milyar rupiah, seperti yang diterangkan pihak Yamaha melalui website resminya:

Peserta test ride mendapatkan pin “1 Juta Test Ride Mio J” dan kupon undian yang diundi saat Sensasi Matik Yamaha berlangsung. Total hadiah lewat test ride di ribuan titik ini senilai 1 miliar rupiah.

Test ride pra event dilaksanakan di tempat umum di daerah tempat digelarnya Sensasi Matik Yamaha selama seminggu sebelum event dengan melibatkan warga perumahan, sekolah dan pabrik secara bergantian tapi motor tidak dipinjamkan.

Test ride sesudah event mengambil lokasi di daerah digelarnya Sensasi Matik Yamaha  dimana Yamaha meminjamkan unit Mio J selama seminggu kepada peserta. Yamaha akan memberikan grand prize 50 unit Mio J baru kepada 50 perumahan yang dapat menempuh jarak kilometer terjauh dan pemakaian bensin terefisien.

Iklan

2 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s