Hasil Polling: 47% Lebih Percaya Klaim BBM Mio J Saat Touring Jogja Bandung

Standar


Setelah sempat diperpanjang karena jumlah voter belum mancapai target, kini per 26 April 2012 jam 21:30 polling yang dibuka sejak 16 Maret 2012 lalu telah ditutup. Hasilnya ternyata tidak berbeda jauh dengan hasil polling pertama (Klaim Konsumsi BBM Pengujian Internal), saat itu 49% voter lebih percaya klaim pabrikan Yamaha terhadap konsumsi BBM Mio J dan kali ini 47% voter lebih mempercayai klaim konsumsi BBM Mio J saat touring Jogja-Bandung yang lalu. Dalam polling ini, tercatat sebanyak 116 pemilih yang ikut berperan serta, terima kasih kepada semua yang bersedia ikut serta walau pakyo tidak menyediakan hadiah. Dari 116 suara, sebanyak 55 suara memilih pilihan pertama (YIMM saat long tes ride Jogja-Bandung), kemudian 29 suara atau 25% voter memilih pilihan kedua (AHM Saat Ultimate Jurney Jawa-Bali Vario Techno 125), 12 suara untuk pilihan (Percaya pada keduanya), 10 suara untuk pilihan (Tidak Percaya Keduanya) dan 10 suara pilih (Tidak Tahu/EGP).
Analisa pakyo, hasil ini bisa terjadi karena perbedaan cara penyampaian klaim. Yamaha waktu melakukan touring berani mengajak 2 blogger senior yang sangat dipercaya oleh ribuan pembaca setianya, disamping itu Yamaha juga berani menyebutkan konsumsi BBM yang TERBOROS. Dengan kata lain Yamaha ingin menunjukkan bahwa konsumsi BBM setiap motor bisa berbeda-beda, ini hasilnya dan silahkan simpulkan sendiri, itulah kurang-lebih maksud Yamaha. Bagaimana dengan Honda saat Ultimate Jurney? Honda hanya ingin mengatakan bahwa Vario 125 irit, hal itu terlihat pada pilihan Honda yang hanya menyebutkan konsumsi teririt dan rata-ratanya saja tanpa memberi tahu perolehan TERBOROSnya. Mungkin akan berbeda hasilnya jika Honda juga berani mengajak blogger dan menyebutkan konsumsi BBM yang diperoleh para blogger tersebut, sehingga para blogger tersebut bisa menjabarkan sendiri bagaimana mereka bisa memperoleh angka tersebut, apakah eco riding, apakah bergaya alay, apakah berlaku lembut, apakah berlaku kasar.
Ditengah persaingan ketat sekarang ini, kepercayaan konsumen menjadi sangat krusial karena selama anda bisa dipercaya maka sudah pasti konsumen setia akan datang dengan sendirinya. Jika produsen ingin mempunyai banyak konsumen setia maka jangan lupa akan yang satu ini, jangan sia-siakan kepercayaan mereka. Saat ini kepercayaan konsumen menjadi krusial, contoh saja kasus Nissan March, karena nila setitik rusaklah susu sebelanga. Jadi kali ini pakyo ingin mengingatkan pihak produsen untuk hati-hati dalam mengeluarkan pernyataan atau klaim berkaitan dengan produk yang mereka pasarkan.

Iklan

6 responses »

  1. Bener juga
    Ngapain juga mikirin siapa yg teririt (dgn perbandingan ga sampai setengah cangkir) namun motor ga enak buat jalan mana lemot tarikannya n gampang panas…..
    Apalagi setelan ga bisa diutak-atik…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s