Kesan Setelah 400 km Bersama Soul GT

Standar

Baca buku panduan terutama bagian petunjuk perlakuan pada masa awal penggunaan motor baru, teliti kondisi motor dan persiapkan semua perlengkapan dan surat-surat kendaraan baru mulai putar gas si merah. Berdasar penglaman pribadi dan keluarga, perlakuan saat inreyen akan menentukan “sifat” yang akan dimiliki sang tunggangan, jika motor langsung dibawa kebut-kebutan maka “sifat” motor menjadi galak dan responsif tetapi kurang nyaman jika untuk jalan pelan/nyantai serta umur motor relatif lebih pendek, sedangkan jika motor mendapat perlakuan terlalu lembut maka akan membentuk “sifat” yang lembut pula namun motor jadi loyo di putaran atas.
Karena keduanya kurang sesuai dengan yang saya inginkan maka, kini saya mengikuti petunjuk dari buku manual. Saat masih di bawah 150km maka motor diperlakukan secara lembut dan jalan max 40 km/jam, setelahnya baru berani mencapai 70 km/jam. Sesuai dengan buku manual juga, maka motor tidak pernah jalan dalam kecepatan konstan dalam waktu lama, hingga km mencapai 400 km ini, kecepatan konstan tidak pernah lebih dari 30 detik, walau jalan lengang dan lurus tetap saja putaran gas saya kurangi dan kemudian berakselerasi lagi, tapi jika melintasi daerah padat sih gak perlu gitu sudah pasti banyak kombinasi kecepatan dan putaran mesin.
Perjalanan rutin dari rumah-kantor yang brjarak 15 km ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit. Total saya sudah menggunakan Soul GT rumah-kantor pp selama 8 hari jadi jika ditotal sekitar 320 240 km saya kendarai sendiri, sedang selebihnya berboncengan dengan istri saya. Handling Soul GT ini memang enak, saya sendiri merasakan lebih mudah dibanding mio sporty, hal ini sepertinya dikarenakan mesin yang lebih responsif dan bobot yang lebih berat namun tetap stabil. Bahkan feel yang saya dapat saat tes ride Soul GT dan Mio J, Soul GT lebih mudah untuk diajak kelak-kelok melewati rintangan, motor terasa mantap tapi ringan diajak belok.
Dari sisi kenyamanan Soul GT juga OK punya, jognya yang lebar dan empuk membuat pengendara tidak begitu lelah walaupun 1 jam jalan pelan (max 40 km/jam). Skutik yang sudah mengaplikasikan sistem injeksi ini juga memiliki mesin yang lebih halus dari generasi mio lama, tidak berisik dan minim getaran (apa karena masih baru ya? he.he.he…). Kelebihan lain tunggangan baru saya ini dibanding yang lama  (Jupiter z 110 cc) tentunya soal bagasi, lebih luas sehingga bisa memuat lebih banyak barang. Barang yang pasti saya bawa adalah sandal jepit dan jas hujan, jika sendiri bawa 1, jika berdua ya bawa 2 dan kini semuanya bisa masuk bagasi.

Sementara ini dulu, berikutnya akan saya bahas mengenai konsumsi BBMnya.

Iklan

14 responses »

  1. Dear Pakyo..
    apakah tuas rem kiri anda bergetar oblak dan mengeluarkan bunyi kenceng kalo soul gt mas libas jalanan gak rata dan bergelombang.? Punya saya bunyinya kenceng banget mulai dari tuh motor keluar dari dealer.

      • iya Pakyo, semenjak turun dari dealer langsung berasa.bunyinya kenceng banget.kaya kerencengan.beda sama yg kanan meski ada ruang gerak tapi tidak mengeluarkan bunyi.sementara yang kiri bunyinya kenceng banget…

  2. ada bunyi di soul GT ketika berconcengan,apa solusinya cos tak bawa ke service yamaha bukanya dibenerin tapi suruh ganti skock nya dengan punya beat,apa solusinya gan,makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s