Tes Konsumsi BBM Soul GT Dalam dan Luar Kota Eco Riding

Standar

Dulu sudah tes konsumsi BBM untuk transport harian, kini otoarea ingin share hasil tes konsumsi BBM Soul GT saat penggunaan sistem eco riding. Kebetulan sedang ada keperluan ke luar kota maka sekalian otoarea gunakan untuk tes konsumsi BBM ala ekonomis, dalam perjalanan ini jarak yang harus ditempuh dalam 1 hari sekitar 175 km. Rute yang ditempuh adalah pagi: Wates-Jogja-Klaten, siang: Klaten-Jogja-Wates, sore: Wates-Jogja-Kalasan. Selain menempuh perjalanan tersebut, otoarea juga dengan rute keseharian namun dengan perilaku eco riding sejauh 60an km. Terakhir kali Soul GT isi full BBM sebelum uji coba ini saat odometer menunjukkan angka 1793, setelah pemakaian beberapa hari dan saat perjalanan sampai ke SPBU Wates petunjuk sisa BBM dalam tangki sudah berada di posisi garis merah, isi full tank, minta nota dan disitu tertera pengisian sebanyak 3,8 liter premium, pengisian tersebut saat odometer menunjukkan angka 1992 km.
Pagi hari tanggal 15 Juli 2012, perjalanan otoarea mulai dengan berboncengan sehingga total pengendara + barang kurang lebih 115 kg. Karena ortu sebagai boncenger maka memang perlakuan saat riding harus sehalus mungkin, tak ada tarik-tarikan, tak ada kebut-kebutan apalagi gaspol, tak ada zig-zag, tak ada gas-rem-gas-rem dengan ekstrim, sehingga perjalanan ini memang sangat cocok untuk testing. Jujur saja moment ini sangat sayang untuk dilewatkan karena dalam keseharian sangat susah jika harus eco riding sejauh ratusan kilo meter, banyak kepentingan yang menghalanginya.


Perjalanan sejauh 125 km, antar kota, dilakukan dengan berboncengan, 50 km berkendara antar kota sendirian, dan selebihnya eco riding dalam kota tanpa boncenger. Setelah perjalanan sudah mencapai 238 km, fuel meter di Soul GT sudah menunjuk bawah garis merah lagi dan segera mampir ke SPBU terdekat, waktu itu di SPBU Bandara Adisucipto, isi full ternyata hanya dengan 4,14 liter premium, tangki BBM Soul GT sudah penuh terisi bahkan sampai tumpah sedikit. Dengan demikian berarti 238 km / 4,14 L = 57,5 km/L, lumayan berbeda dengan pemakaian keseharian dengan berbagai variasi perlakuan dan kecepatan yang rata-rata menghabiskan 1 liter premium setiap 50-52 km.
Jadi memang benar bahwa perlakuan pengendara terhadap tunggangannya sangat berpengaruh pada konsumsi BBM, jadi kalau anda mau ngirit, sudah tahu jalan keluarnya kan?


Eco riding ala otoarea:
-kecepatan max 65 km/jam
-kecepatan sebisa mungkin dibuat konstan, sesuaikan dengan arus (jalan sepi tetap 60 km/jam)
-putar tuas gas dengan halus
-jaga jarak dengan pengendara lain untuk meminimalisir penggunaan rem

5 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s