Sip Deh, Traffic Light Di Jogja Banyak Yang Ganti Sistem

Standar

rambu solar powerTidak bisa dipungkiri bahwa lalu-lintas di yogyakarta khususnya di dalam lingkar ringroad beberapa bulan terakhir sudah sangat padat bahkan terkesan semrawut. Kemacetan sudah lagi hanya didominasi kota-kota besar, Jogja yang tergolong kota kecil juga mulai diwarnai yang namanya macet, jalan lambat merayap, beberapa titik juga sudah banyak motor naik trotoar.  Antrian kendaraan bermotor di persimpangan jalan sangat panjang dan kadang harus menunggu 2 x lampu merah baru bisa melaju kembali.

Karena tidak sabar untuk bisa segera lepas dari derita antrian di lampu merah, banyak pengendara khususnya biker yang menyerobot lampu merah walau angka masih tertera 3 detik. Bukan hanya itu, mereka bahkan sering langsung tancap gas, seolah tanpa khawatir kalau ada kendaraan dari arah lain. Jika mereka yang tidak sabar berada di bagian belakang, maka saat lampu merah masih menyisakan 3 detik maka suara klakson sudah terdengar seolah sudah jadi kewajaran.

Dalam 2 bulan terakhir pak yo amati di beberapa titik persimpangan sudah dipasang traffic light dengan sistem baru. Tampaknya dinas perhubungan yogyakarta sudah mengamati budaya-budaya kurang baik di atas dan akhirnya dipasang traficc light yang tidak lagi memunculkan angka 4,3,2 dan 1 detik saat lampu merah menyala. Sistem baru ini juga akan menampilkan tulisan berjalan yang bertulis “Tunggu Sampai Nyala Lampu” dan langsung lampu hijau menyala.

Semenjak dipasangnya traffic light sistem baru ini, pak yo sudah tidak menemui orang-orang yang tancap gas sebelum lampu hijau menyala. Terima kasih dishub/DLLAJ jogja yang memperhatikan situasi terkini dan terus berkembang.

Iklan

12 responses »

  1. Patut d tiru nich..
    Ane jg sebel gan d kota ane orang sudah gak sabaran, mzh d angka 5 dr belakang udah klakson semua, masyaAllah, kalo g mau terlambat mboj budal shubuh ae.
    “lebih baik terlambat asal selamat gan”

  2. ane malah suka jika yg angka dimodifikasi aja, begitu menyentuh detik ke 10 (atau berapalah) hitungan mundur dihentikan. biar gak kaya start line di sirkuit.
    menurutku angka masih perlu untuk memperkirakan waktu, tapi ya itu, pada hitungan mundur ke 10 angkanya dipause dan langsung ke angka nol

  3. yap memang sering diklakson walau belum hijau..pekoknya kebangetan..kita yg susah, dia yg enak..apalagi kalo dia di belakang gara-gara berteduh di bawah pohon agak jauh dari lamer..dari tadi kemana aja.. -_-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s