Strategi Multilevel and Multisegment Akan Mempersulit Kompetitor

Standar

image

Di masa 10 tahun yang lalu, meluncurnya sebuah produk baru atau sekedar facelift ada lah sesuatu yang bisa dibilang sangat langka dan merupakan prestasi apik untuk sebuah pabrik otomotif di Indonesia. Kini jika sebuah pabrikan bisa meluncurkan 1 atau 2 produk baru dalam 1 tahun maka bisa disebut minim inovasi.
Peluncuran produk baru atau facelift produk memang terbukti efektif untuk merebut hati konsumen , oleh karenanya jika kompetitor mengenalkan motor baru ke pasar maka akan jadi semacam kewajiban bagi pabrikan lain untuk memberi sentuhan pada ‘peluru-pelurunya’ agar juga tetap dilirik konsumen potensial.
Strategi new product ini kini sudah diimplementasikan Astra Honda Motor (AHM) dengan baik, bahkan pak yo amati AHM sudah selangkah lebih kreatif yaitu Multilevel and Multisegment. AHM telah meluncurkan beberapa produk baru dalam waktu yang hampir bersamaan,

terakhir yaitu peluncuran new Beat injeksi kemudian diikuti pengenalan CB150R, belum juga CB150R diluncurkan sudah melempar new Blade S, 3 motor beda segmen dalam ‘1 waktu’.
Disamping itu, promosi AHM juga tidak kalah pintar, disaat top level bertarung dengan strategi komunikasi tentang persaingan motor sport buttom level sedang gencar mengenalkan new Beat FI ke masyarakat di lapangan. Saat kompetitor dari top level hingga tingkat dealer fokus pada 1 produk baru, AHM melakukan serangan langsung ke beberapa segmen. Top level serang motor sport, tingkat dealer serang matic, bahkan tingkat sales jug sudah bisa jual bebek baru juga.
Strategi semacam ini akan membuat bingung kompetitor dan tidak maksimal dalam melancarkan serangan maupun untuk bertahan dari serangan.
Ini analisa pak yo, mana analisamu?

2 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s