Tetap Produksi Old Vixion, Apa Untungnya Bagi Yamaha?

Standar

image

Setelah pertengahan Desember lalu Yamaha resmi meluncurkan New Vixion, produksi Vixion lama tidak langsung dihentikan. Hal tersebut dilakukan karena minat konsumen pada old Vixion masih cukup banyak. Sebuah langkah pasti memiliki keuntunga dan kerugian tersendiri, dan seperti apakah keuntungan atau kerugian dari langkah Yamaha kali ini? Mari coba kita kupas satu persatu.
Keuntungan Yamaha:
Dengan masih memproduksi Vixion versi lawas maka konsumen yang terlanjur inden bisa segera mendapatan unitnya. Soal selera, namanya selera kan bisa beda beda, konsumen yang tidak cocok dengan desain New Vixion Lightning bisa boyong old Vixion ke garasi, yang penting bagi Yamaha bahwa

konsumen tidak pindah ke toko sebelah. Secara value for money New Vixion Lightning lebih tinggi dari versi lama jadi secara kasat mata keuntungan yang diperoleh dari setiap unitnya tidak sebesar old vixion, rugi kan kalau produksi langsung dihentikan? Duit bro, duit…. Kemudian keuntungan lain bagi Yamaha terkait investasi, untuk memproduksi produk baru tentunya juga perlu merubah atau menambah alat produksinya dan perakitannya, itu perlu biaya yang tidak sedikit. Mengingat dana terbatas maka pengalokasian dana akan sangat krusial. Investasi semampunya dulu dibarengi dengan keuntungan dari old vixion yang kemudian bisa digunakan lagi untuk invest produksi New Vixion, prouksi vixion lama akan dikurangi seiring permintaan sampai akhirnya dihentikan dan investasi New Vixion Lightning sudah sesuai target.
Selain hal-hal di atas ada satu lagi yang akan menguntungkan Yamaha yaitu terkait market share. Dengan dijualnya old dan new Vixion secara berbarengan maka variant yang disediakan Yamaha lebih lengkap sehingga dapat menjaring lebih banyak konsumen. Tidak semua orang perhatian pada perkembangan motor baru, kadang mereka membeli motor sesuai kebutuhan namun dengan pilihan yang dia tahu saja. Tidak jarang mereka tahu produk hanya dari motor yang sudah ada di jalan sedangkan kita tahu old Vixion saat ini sedang tenar tenarnya dan menjadi motor sejuta umat. Calon konsumen kesengsem sama motor yang dilihatnya dan

SAYA PINGIN MOTOR SEPERTI ITU, beliin pak….

. Bagi konsumen golongan seperti itu maka Vixion lama adalah pilihan yahud….
Bicara strategi dan bisnis, selain untung tentunya ada rugi atau resikonya, apa saja itu akan dibahas di artikel otoarea selanjutnya.

Iklan

6 responses »

  1. Ping-balik: Tetap Produksi Old Vixion, Apa Resikonya Bagi Yamaha « PakYo Blog

  2. Ping-balik: Yamaha Tetap Produksi Old Vixion, Apa Efeknya Bagi Kompetitor? « PakYo Blog

  3. kalo produk yang lama masi diproduksi untungnya buat yamaha modelnya jadi banyak ..
    gitu mungkin maksudnya…!!!
    tapi harusnya discontinue tuh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s