Tetap Produksi Old Vixion, Apa Resikonya Bagi Yamaha?

Standar

image

Menyambung artikel pak yo (otoarea) sebelumnya, kali ini kita bahas mengenai resiko atau kerugian yang bisa dialami Yamaha karena masih produksi old Vixion walau generasi barunya sudah diluncurkan. Jika keuntungan kemaren soal ekonomi bin duit, kerugian Yamaha adalah terkait image, nama dan sisi marketing terhadap New Vixion Lightning.
Menjual dua produk dengan nama yang sama, gimana coba. Dari sisi sales, cara menyebutnya saja susah,

misalkan gini: mari pak silahkan dilihat, ini Vixion Baru, itu Vixion lama.
Loh, motor lama kok masih dijual, emang yang baru gak bagus? Apa ini stok lama? Vixion katanya laku, kok yang lama saja masih ada? Nah, mungkin pertanyaan-pertanyaan itu bisa muncul di benak konsumen saat berhadapan dengan sales.
Kemudian dari sisi konsumen yang lebih tertarik pada Vixion Lightning namun ternyata harus inden lama karena unit masih terbatas, mau pilih old Vixion kok udah pasaran, powernya kok kalah, iritnya juga kalah, valuenya juga kalah, yah apapun alasannya itu bisa menyebabkan konsumen lari ke lain hati. Jadi kira-kira banyak yang pilih old Vixion atau new Vixion?
image di tengah masyarakat yang minim informasi, bisa saja tidak tahu kalau Vixion ada yang baru, naasnya sang sales tidak memberi tahu kalau ada versi barunya, entah sengaja atau tidak, mungkin lupa karena unitnya memang tidak ada, tapi bisa saja konsumen kemudian hari merasa tertipu dan akhirnya bisa kehilangan konsumen loyalnya.
Yang terakhir, adanya 2 versi dalam waktu yang sama dan dengan nama sama maka proses pengenalan model baru akan sedikit terhambat karena penyebaran unit di jalan masih terbatas. Tidak bisa dipungkiri bahwa “promo by unit on the street” sangat berpengaruh, banyak orang yang akan berfikir bahwa motor laku itu berarti motor baik. Dengan terhambatnya promo tersebut maka konsekuensinya Yamaha harus menggelontorkan lebih banyak dana untuk biaya “promo yang sebenarnya”.
Ok, itu resiko yang harus ditanggung Yamaha, kira-kira apa efeknya bagi kompetitor? Kita bahas di artikel selanjutnya ya….

Iklan

8 responses »

  1. Di mana v-ixion old msih ada stocknya sya minat ya old ketibang new v-ixion.krim ke daeler bengkulu muko2 jln tmrin.krim 100 unit di jmin.1 blan hbis.bnyak yg cri old ketimbang new.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s