Yamaha Tetap Produksi Old Vixion, Apa Efeknya Bagi Kompetitor?

Standar

image

Untung ruginya bagi Yamaha sudah dibahas, kini kita menginjak ke sudut pandang kompetitor, dalam hal ini siapa lagi kalau bukan Astra Honda Motor (AHM) dengan produk CB150R Streetfire. AHM rela investasi besar dan menambah line baru dengan target yang begitu jelas, Yamaha Vixion. Mengetahui akan mendapat serangan serius dari kompetitor, Yamaha melahirkan New Vixion Lightning namun diawal produksinya sekarang ini old Vixion masih diproduksi juga.
Strategi Yamaha tersebut memiliki efek positif maupun negatif bagi petualangan sang Streetfire di pasar Nasional. Apa sajakah itu, mari kita lihat:
Secara garis besar, yang menberikan efek negatif bagi CB150R adalah yang menguntungkan Yamaha, seperti konsumen yang tidak cocok dengan New Vixion tidak mudah beralih ke CB150R karena mereka masih bisa pilih old Vixion, ketenaran Vixion membuat

old Vixion tetap memiliki pasar yang sama. Secara value for money terlihat CB150R lebih baik dari Vixion lama dan mempunyai potensi memenangkan persaingan namun vixion tetap memiliki keunggulan dalam hal ketangguhan dan kualitas yang sudah terbukti ok sedangkan CB150R masih dalam tahap penjajakan, sebagian dari komsumen tentu masih akan bersikap hati hati terkait hal tersebut. Sebagai kompetitor, AHM harus kerja lebih ekstra dan kreatif dalam memanfaatkan peluang yang ada karena harus berhadapan dengan 2 lawan sekaligus, Vixion lama dan Vixion baru yang memiliki spesifikasi berbeda dan rentang harga yang sedikit ebih rendah dan sedikit lebih tinggi.
Efek positif juga dirasakan AHM namun dalam hal ini mereka memang harus jeli dalam melihat sebuah celah. Celah yang pak yo (otoarea) maksud adalah resiko-resiko yang bisa dialami Yamaha dengan tetap memproduksi Vixion dalam 2 versi seperti artikel sebelumnya. Intinya adalah imagr, Honda harus bisa memanfaatkan keunggulan produknya melawan old Vixion. CB150R untuk awalnya usahakan head to head melawan Vixion lama. Manfaatkan keterbatasan produksi New Vixion, jika bisa cari informasi penyebaran distribusi New Vixion. Distribusikan CB150R ke daerah yang belum terjangkau oleh New Vixion, dengan demikian persaingan di lapangan adalah CB 150 versus Vixion lama. Manfaatkan kelemahan 2 produk yang memiliki nama yang sama tersebut. Sebagian dari masyarakat akan terkecoh karena berita yang tersebar adalah: motor sport baru Honda memiliki spesifikasi lebih baik dari Vixion, padahal setelah ditelusur ternyata Vixionnya adalah versi lama. Image yang terbentuk ini akan memudahkan langkah CB150R Streetfire dalam persaingan melawan New Vixion, apalagi informasi yang tersebar ditengah masyarakat bahwa New Vixion menggunakan mesin yang sam dengan Vixion lama.
image

Satu hal lagi yang bisa Honda manfaatkan adalah kapasitas produksi Yamaha yang masih terbagi dua, dari awal AHM harus genjot produksi sang Streetfire secara maksimal, image motor laku dan pilihan terbaik bisa terbentuk jika distribusi CB150R bisa lebih besar dari New Vixion. Jika hal tersebut bisa dilakukan, langsung blow up ke public. Bayangin aja ada berita yang mengatakan bahwa penjualan CB 150 R mengalahkan New Vixion, waah… pasti bikin heboh tuh, apalagi di dunia perbloggeran.
Gimana bro n sis ada tambahan….

13 responses »

  1. kalo menurut saya…
    Dengan masih diproduksinya old vixion, itu merupakan langkah terbaik oleh yamaha karena konsumen belum tentu langsung menerima new vixion. Sedangkan yg nama’y produk baru (new vixion) pasti dalam produksinya masih belum maksimal, makanya old vixion sebagai pilihan kedua buat konsumen. Apalagi permintaan untuk old vixion menurut YIMM masih terbilang tinggi, jika langsung distop produksinya pasti akan mengecewakan konsumen setia old vixion ( yg sudah terjual +- 1 juta unit ). Nanti disaat permintaan old vixion menurun dan permintaan new vixion naik, baru produksinya distop ( +- 6 bln sejak didistribusikannya new vixion).
    Jadi cukup jitu strategi yamaha.

  2. imho
    nasib NVL akan seperti Vario lama dan 125. konsumen bingung mana yang bagus dan harus dipilih.
    chibi akan lebih leluasa mengkloning dirinya.
    pliss jangan direply hehehe 😉 bukan fanboy.

  3. kalo yamaha tetep produksi model yang lama gimana nasibnya yang baru yaa..
    kan harusnya kalo udh model barunya keluar yang lama discontinue donk!!!

  4. jiaaahhh,, cb mah motor gak berkualitas, terbukti karat menyerang dimana-mana padahal tau sendiri tuh barang baru keluar dari diler, sampe blognya si ipan disuspend gara2 bahas teralis yg murahan bin karatan,
    masih mau bicara kualitas???

    • gayamu org susah aja njelek2in brand honda.
      gamampu beli jg bgtulah,
      honda itu ga bnyk kmentar,semua mtor honda tetap yg berkualitas dan no 1.
      mang skg mtor yamaha vixium yg pegang saat ini,tp keluar cb150r bakal anjlok pasaran vixium.kalo lain itu dr matic smp yg standar di pegang honda.ga lama lg honda yg akan menguasi sgala motor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s