Di Yogyakarta Xeon Lebih Murah 55 Ribu, Vario 125 Lebih Mahal 805 Ribu, Kok Bisa Ya?

Standar

image

Tiap – tiap daerah memiliki ketentuan tersendiri terkait tarif Biaya Balik Nama motor baru, oleh karenanya walau kadang daerahnya tidak berjarak jauh ternyata harga sebuah motor bisa berbeda cukup jauh. Kali ini mari kita lihat selisih harga dua daerah yang sangat padat versus daerah yang mulai padat, he.he…
Harga motor yang kita sorot saat ini adalah Yamaha Xeon dan Honda Vario 125. Hal ini tentunya terkait mendekatinya waktu peluncuran generasi dan variant terbaru kedua skutik tersebut. Yang terdekat adalah peluncuran Yamaha Xeon YMJET-FI. Dikabarkan Yamaha bakal memasarkannya dengan harga yang lebih murah dari Xeon bersistem karburator. Saat ini skutik 125 cc Yamaha tersebut dibanderol Rp 16.050.000 OTR jakarta, sedangkan Honda mematok harga Rp 15.100.000 (non CBS) dan Rp 15.900.000 (CBS).
Yang menarik soal harga kedua skutik tersebut adalah

harga yang ditetapkan masing-masing pabrikan untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Di Jogja Xeon dijual dengan 55 ribu lebih rendah dari Jakarta yaitu Rp 15.995.000, padahal dari sisi biaya distribusi tentunya lebih tinggi dibanding wilayah Jakarta yang sangat dekat dengan pabriknya. Selain biaya transport, biaya balik nama juga menjadi faktor penentu harga sebuah motor, apakah tarif BBN di Jogja lebih rendah? Tunggu dulu, ada yang lebih menarik.
image

Honda Vario 125 yang di Jakarta dibanderol 15,1 juta dan 15,9 juta ternyata di Yogyakarta dijual dengan harga 805 ribu lebih mahal, yaitu Rp 15.905.000 untuk versi non CBS dan Rp 16.705.000 untuk Vario 125 CBS. Gimana, menarik bukan?
Kira kira kenapa ya, ada yang bisa menjelaskan? Jika keterangan pihak Astra Honda sewaktu press conference CB150R, bahwa BBN Jakarta lebih tinggi namun yang membuat harga tinggi karena jarak yang lebih jauh dari pabriknya. Lantas mengapa pihak lain bisa lebih murah, diperkirakan karena di Jakarta biasanya bonus dan potongan diberikan lebih banyak.
Masih penasaran dengan penjelasan lain? Sama bro, h.h.h…

Iklan

5 responses »

  1. mungkin krn peminatnya banyak ‘lek !! jd dealer se DIY sepakat naikin harga, lawong brapapun harganya konsumen tetep pd beli :p pitmotor ki yo HONDA !!!!!

    hondamu opo le ? RX KING pakDE 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s